Apa pentingnya puasa untuk kesehatan?

Discussion in 'General Lifestyle' started by Abu Ubaidillah, Sep 15, 2019.

  1. Abu Ubaidillah

    Abu Ubaidillah New Member

    Joined:
    Apr 14, 2019
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Selama berabad-abad, puasa merupakan keliru satu ritual yang dijalani oleh lebih dari satu penduduk untuk memenuhi tuntutan agama atau tradisi. Bagi umat Islam, puasa merupakan sebuah ibadah yang wajib dijalani tiap hari sepanjang bulan Ramadhan. Agar berpuasa mampu berjalan lancar, ada lebih dari satu fakta kesehatan yang wajib diperhatikan.

    Jika tidak dijalankan bersama dengan sehat, puasa mampu melemahkan tubuh dan membahayakan kesehatan. Sebaliknya, puasa yang sehat mampu berfaedah secara psikis dan fisik. Apa saja manfaatnya?

    Ketika berpuasa, tubuh mengalami perubahan cocok bersama dengan lama berpuasa. Faktanya, tubuh butuh pas delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Artinya, tubuh mampu berpuasa seandainya diberi asupan terlebih dahulu. Sehingga, perlu untuk makan sahur yang bergizi sebelum saat menjalani puasa dari terbit sampai tenggelamnya matahari.

    Pada suasana normal, sumber kekuatan utama didalam tubuh adalah gula yang disimpan di hati dan otot. Selama berpuasa, simpanan gula ini digunakan untuk menghasilkan kekuatan yang diperlukan tubuh. Setelah gula digunakan, lemak menjadi sumber kekuatan selanjutnya dan ini mampu mengurangi berat badan.

    Jika sumber-sumber kekuatan selanjutnya masih belum cukup, tubuh akan membakar protein otot untuk menghasilkan energi. Fase paling akhir ini disebut bersama dengan fase kelaparan. Namun, ini hanya berjalan jika seseorang berpuasa sepanjang berhari-hari tanpa berbuka.

    Secara psikis, puasa mampu mengatasi stres dan depresi untuk lebih dari satu orang sebab mereka belajar untuk mengendalikan diri. Selain itu, sesudah lebih dari satu hari berpuasa tubuh akan mengalami peningkatan endorfin didalam darah yang beri tambahan perasaan sehat secara mental.

    Berpuasa, diiringi bersama dengan pola makan yang sehat sebelum saat dan sesudahnya, mampu membantu memperbaiki suasana radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit layaknya eksim dan psoriasis.

    Sebuah penelitian menyatakan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali miliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa. Selain itu, ada terhitung lebih dari satu penelitian yang menyatakan bahwa berpuasa mampu mengurangi resistensi insulin yang membuat diabetes. Namun demikian, masih wajib dijalankan penelitian lebih menyeluruh. Ingatlah bahwa untuk menjaga kesehatan jantung, faktor-faktor lain layaknya pola makan dan olahraga tertib berperan besar.

    Selama berpuasa, laju pembelahan sel didalam tubuh akan menyusut sejalan faktor perkembangan yang menurun akibat terbatasnya asupan. Meski masih wajib diteliti lebih lanjut menyatakan bahwa hal ini mampu mengurangi risiko kanker, puasa weton pengasihan. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah suasana selanjutnya berlaku terhadap manusia.

    Pembakaran lemak menjadi kekuatan membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Penurunan berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah. Di segi lain, berat badan memang akan turun jika Anda tidak makan dan tidak mendapat asupan kalori sepanjang berpuasa. Namun, mampu ulang naik begitu Anda berbuka puasa. Hal ini sebab ketika berpuasa Anda kehilangan cairan, bukan berat badan substansial. Terlebih, ketika berbuka puasa Anda justru melampiaskan nafsu makan.

    Oleh sebab itu, perlu untuk selalu mengendalikan makan terhadap pas Anda tidak berpuasa. Anda wajib mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan cukup kekuatan layaknya serat, protein, karbohidrat dan lemak didalam kuantitas yang seimbang. Pola makan yang sehat dan seimbang, serta asupan cairan yang cukup akan membantu menjaga berat badan Anda.

    Namun tak hanya bermanfaat, puasa mampu menjadi berbahaya ketika Anda melakukannya tanpa makan sahur atau pas suasana tubuh tidak sehat. Berikut lebih dari satu suasana yang berisiko untuk berpuasa.

    Selain mampu mendapatkan kegunaan puasa di bulan Ramadan, Anda terhitung mampu mobilisasi puasa Senin Kamis untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Untuk Anda yang menginginkan menurunkan berat badan, mampu untuk mobilisasi puasa Senin Kamis. Sebab, puasa ini miliki pola yang sama bersama dengan diet puasa (intermittent fasting).

    Persamaan pola diet puasa bersama dengan puasa Senin Kamis terdapat terhadap konsep diet yang diterapkan yaitu konsep diet 5:2, 5 hari tidak berpuasa dan 2 hari berpuasa. faedah diet puasa yang mampu diperoleh tak hanya penurunan berat badan saja, namun terhitung mampu mengurangi lemak di perut dan menjaga massa otot, jika dijalankan bersama dengan benar. Dalam diet puasa, terhadap pas berbuka, Anda wajib membatasi asupan kalori yaitu hanya kira-kira 500-600 kalori.

    Bagi Anda yang akan mobilisasi puasa di bulan Ramadan, puasa Senin Kamis atau diet puasa, sebaiknya konsultasi ke dokter agar kegunaan puasa mampu diperoleh secara maksimal tanpa mengakibatkan masalah kesehatan.
     
Loading...

Share This Page