Apa Penyebab Paru Paru Basah

Discussion in 'Health & Medical' started by Riswanalfarid, Feb 10, 2018.

  1. Riswanalfarid

    Riswanalfarid New Member

    Joined:
    Sep 7, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Paru-paru basah dalam bidang kedokteran sering disebut dengan pneumonia. Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi pada paru-paru, lebih tepatnya pada alveolus.

    Alveolus merupakan salah satu bagian paru-paru yang berbentuk kantung yang berfungsi untuk menyampaikan oksigen yang kita hirup untuk diberikan ke dalam darah. Pneumonia atau paru-paru basah akan menyebabkan radang pada alveolus yang berakibat pada gangguan sistem pernapasan dan menurunnya asupan aksigen ke dalam tubuh.

    Secara umum penyakit paru-paru basah dapat disebabkan oleh adanya infeksi akibat bakteri, virus, atau jamur dalam paru-paru. Paru-paru akan mengandung banyak cairan yang menyebabkan sirkulasi udara menjadi tidak lancar sehingga timbul sesak napas. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi penyebab paru-paru basah diantaranya :

    Virus RSV

    Virus RSV merupakan jenis mikroorganisme yang menyebabkan paru-paru basah pada anak-anak dan bayi. Virus tersebut biasanya menjadi penyeybab lebih dari separuh kasus paru-paru basah. Biasanya kondisi yang disebabkan oleh virus tersebut tidak mengancam kehidupan.

    Namun , pada kondisi tertentu, terutama jika tidak segera mendapatkan penanganan medis, tentu akan menyebabkan kondisi serius.

    Lingkungan yang Kotor

    Lingkungan kotor akan menyebabkan mikroorganisme berkembang lebih pesat dan bisa saja menyebabkan infeksi pada seseorang yang tinggal di lingkungan kotor tersebut. Menjaga lingkungan tetap bersih dapat dilakukan untuk menghindari paparan berbagai mikroorganisme.

    Daya Tahan Tubuh yang Buruk

    Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh tidak baik akan mudah terkena paru-paru basah. Paru-paru basah akan menginfeksi seseorang ketika mikroorganisme seperti jamur, bakteri, dan virus masuk ke dalam paru-paru.

    Mikroorganisme tersebut tentunya masuk ke organ manusia karena tidak ada sistem imun yang baik untuk menangkal berbagai mikroorganisme tersebut.

    Salah satu jenis mikroorganisme yang menyebabkan paru-paru basah ialah Streptococcus pneumoniae. Mikroorganisme tersebut biasanya bersarang permanen pada tenggorokan.

    Terkena Zat Kimia

    Zat kimia yang bisa menimbulkan paru-paru basah adalah ketidaksengajaan saat menghirup makanan atau zat yang berasal dari muntahan. Semisal yang bisa terjadi adalah menghirup atau menelan kembali muntahan yang berasal dari lambung.

    Makanan muntahan telah mengalami proses pencernaan di lambung sehingga menyebabkannya menjadi asam. Cairan muntahan yang masuk ke paru-paru akan menyebabkan paru-paru terisi cairan dan membuatnya terkena infeksi.

    Memiliki Penyakit Tertentu

    Penyakit yang dimaksud ialah penyakit HIV. Seseorang yang mengidap HIV juga rentan terkena penyakit paru-paru basah. Alasannya, HIV adalah salah satu penyakit yang mengakibatkan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

    Makin menurun sistem kekebalan tubuh, maka makin rentan tubuh terkena berbagai penyakit, termasuk paru-paru basah. Penyakit paru-paru basah pada penderita HIV disebabkan oleh mikroorganisme jamur yang bernama Pneumocystis carinii.

    Jenis jamur tersebut tidak berbahaya bagi seseorang yang tidak terkena HIV. Namun pada penderita HIV, jenis jamur tersebut dapat menyebabkan perkembangan paru-paru basah menjadi lebih agresif dan berkembang cepat.

    Nah untuk Anda yang saat ini sedang mengidap paru paru basah kami rekomendasikan segera di obati karena jika tida maka akan menjadi komplikasi yang sangat berbahaya. Baca Juga : Obat Herbal Paru Paru Basah
     
  2. rafaelazzam

    rafaelazzam New Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali
     
Loading...

Share This Page