Apa Perbedaan Antara Testing Dan Debugging ?

Discussion in 'HTML & Website Design' started by seotog, Sep 10, 2019.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    380
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Testing dan debugging adalah aktivitas yang berbeda tetapi saling berkaitan satu sama lain, karena proses debugging harus diakomodasikan pada setiap strategi testing.
    Perbedaan antara testing dan debugging adalah istilah yang paling penting bagi setiap orang yang baru di bidang pengujian perangkat lunak. Berikut penjelasan mengenai perbedaan antara testing dan debugging.

    Apa itu Testing?

    Testing merupakan proses yang dibuat sedemikian rupa untuk mengidentifikasikan ketidaksesuaian hasil sebuah sistem informasi dengan hasil yang diharapkan.
    Testing dilakukan bertujuan agar dapat memastikan kualitas (quality assurance) untuk menguji apakah sistem informasi yang dihasilkan sesuai dan memastikan kualitas (quality assurance).

    Apa itu Debugging?

    Bug sendiri adalah suatu error yang terjadi akibat tidak sempurnanya sebuah instruksi atau proses yang dijalankan. Penyebab bug sendiri banyak sekali faktornya, mungkin dari proses pembuatannya tidak sempurna, atau ketika menjalankan suatu proses yang membutuhkan sesuatu misalnya resource dan kebutuhan itu tidak dapat dipenuhi maka akan timbul bug.

    Pengertian istilah debug programming

    Debugging adalah sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk menganalisis alur kerja program, mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan. Debugging lebih rumit ketika beberapa subsistem lainnya terikat dengan dengannya, mengingat sebuah perubahan di satu sisi, dapat menyebabkan munculnya bug lain di dalam subsistem lainnya.

    Perbedaan antara Testing dan Debugging

    Testing dimulai dengan kondisi yang diketahui dengan hasil yang diharapkan. Dan Itu dilakukan berdasarkan pada jenis pengujian yang kita butuhkan untuk melakukan pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian sistem, pengujian penerimaan pengguna, stres, beban dan pengujian kinerja.
    Sedangkan Debugging Ini adalah langkah demi langkah manual proses tidak terstruktur dan tidak dapat diandalkan untuk menemukan dan menghapus bug tertentu dari sistem. Dan itu dilakukan berdasarkan pada jenis bug.

    Testing merupakan proses yang dapat direncanakan, dirancang dan dijalankan. Testing juga proses untuk mengidentifikasi kegagalan kode yang diterapkan. Sedangkan debugging adalah proses yang tidak bisa dipaksakan dan merupakan proses untuk memberikan absolusi pada kegagalan kode.

    Dalam testing, pengetahuan desain tidak diperlukan untuk menguji sistem yang sedang diuji. Setiap orang dengan atau tanpa test case dapat melakukan pengujian dan pengujian dapat diserahkan kepada tim luar juga. Sedangkan, dalam debugging pengetahuan desain terperinci jelas diperlukan untuk melakukan debugging. Namun yang membuat berbeda dengan testing adalah debugging tidak dapat di-outsourcing-kan ke luar tim. Itu harus dilakukan oleh tim pengembangan di dalam.

    Jika pada testing sebagian besar kasus pengujian dalam pengujian dapat diotomatisasi. Pada debugging otomatisasi dalam proses debug tidak mungkin dilakukan.

    Perbedaan utama antara testing dan debugging adalah bahwa proses debugging dilakukan oleh pengembang dan mereka memperbaiki masalah yang diajukan oleh testing dalam fase debugging. Hasil debugging adalah masalah terselesaikan dan tersedia untuk pengujian ulang. Penguji tidak memperbaiki cacat; alih-alih mereka memverifikasi cacat yang diperbaiki oleh pengemba
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    371
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    makasih info nya gan , makin memperdalam wawasan ane
     
Loading...
Similar Threads - Perbedaan Antara Testing
  1. seotog
    Replies:
    0
    Views:
    39

Share This Page