Apa Perbedaan TOEFL dan IELTS?

Discussion in 'Education' started by iwen, Nov 7, 2018.

Tags:
  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    145
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Bagi Anda yang ingin mendapa beasiswa mungkin sudah tidak asing lagi mendengar istilah TOEFL. Apakah TOEFL itu?

    TOEFL dan IELTS adalah dua jenis tes bahasa inggris yang sering digunakan sebagai syarat masuk perguruan tinggi negeri maupun luar negeri serta syarat masuk perusahaan multinasional. Banyak orang yang masih bingung tes mana yang harus diambil, khususnya jika ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Sebenarnya, apa sih yang harus dipertimbangkan sebelum memilih tes kemampuan bahasa inggris? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

    Sekilas TOEFL & IELTS
    TOEFL merupakan kepanjangan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing) yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat. Tes ini digunakan sebagai syarat masuk kuliah di hampir semua universitas di AS dan Kanada serta sebagian universitas di UK dan Australia, baik untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3).

    Sementara IELTS (English Language Testing System) merupakan tes internasional dalam kemampuan bahasa inggris yang diselenggarakan oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Educational Australia. Tes ini juga digunakan sebagai syarat masuk perguruan tinggi internasional, khususnya di negara-negara yang beraksen inggris-british.

    Secara umum, kedua tes ini mengikutsertakan 4 modul yang sama, yaitu Speaking, Writing, Listening dan Reading. Hanya saja, TOEFL memiliki sub tes yang lebih banyak dibanding IELTS. Selain itu, TOEFL hanya melakukan tes akademik sedangkan IELTS mengikutsertakan tes komunikasi interaktif dan tatap muka.

    British English vs American English

    TOEFL umumnya menggunakan Inggris-Amerika, termasuk di dalamnya sejarah Amerika, budaya, politik, geografi dan bahasa slang yang digunakan. Sementara IELTS lebih condong ke Inggris-UK dengan cakupan termasuk Britania dan Australia. Hal ini juga terlihat dalam sesi listening-nya.

    Negara Tujuan

    Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat atau Canada, TOEFL merupakan pilihan yang tepat. Sementara untuk kamu yang ingin melanjutkan ke negara-negara Eropa, Australia dan New Zealand, IELTS akan leih baik untuk kamu ikuti.

    Menurut Educating Testing Service, lebih dari 3000 universitas dan institusi mengakui tes IELTS di AS dan 135 institusi edukasi terkemuka di UK mengakui tes TOEFL.
     
Loading...

Share This Page