Apa Saja Cakupan Dokter Bedah Toraks Kardiovaskular? Yuk Cari Tahu di Sini!

Discussion in 'Health & Medical' started by segara dian, Sep 28, 2021.

  1. segara dian

    segara dian New Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Sebagian orang mungkin sudah akrab dengan istilah bedah toraks kardiovaskular, namun juga masih banyak yang awam tentang hal ini. Bedah toraks dan kardiovaskular merupakan tindakan medis berupa pembedahan organ dalam rongga dada, yang utama adalah paru-paru dan jantung. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasan berikut ini sampai selesai!

    Mengulas Lebih Dalam Seputar Dokter Bedah Toraks dan Kardiovaskular

    Dokter bedah toraks dan kardiovaskular atau juga dikenal dengan dokter BTKV adalah dokter spesialis yang bertugas untuk melakukan diagnosis, memberi obat, hingga melakukan tindakan operasi kepada pasien yang memiliki penyakit organ di bagian dada, seperti paru-paru atau jantung.

    Untuk menjadi dokter BTKV, seorang dokter harus memiliki latar belakang pendidikan dokter umum dan menempuh pendidikan di spesialis toraks, kardiak, dan vaskular selama 10 semester atau 5 tahun. Setelah itu, dokter akan mendapatkan gelar Sp. BTKV atau spesialis bedah toraks kardiovaskular.

    Tidak mudah memang menjadi dokter BTKV karena harus menempuh studi yang lama untuk mempelajari berbagai ilmu yang berhubungan dan toraks dan kardiovaskular. Hal ini tentu akan dibutuhkan ketika menghadapi pasien dengan penyakit organ bagian dada yang bermacam-macam dan bisa memberikan penanganan yang tepat.

    Apa Saja Cakupan dari Dokter BTKV?

    Cakupan kerja dari dokter bedah toraks dan kardiovaskular cukup luas, sehingga dibagi menjadi beberapa divisi khusus, yaitu bedah jantung umum, bedah dada, dan bedah jantung akibat penyakit bawaan. Selain itu, dokter BTKV juga ada yang mendalami transplantasi organ yang ada di rongga dada atau khusus mangatasi cedera pada rongga dada.

    Divisi bedah jantung umum bertugas untuk menangani segala jenis pembedahan yang berhubungan dengan jantung orang dewasa. Beberapa gangguan yang sering ditangani oleh dokter bedah toraks kardiovaskular divisi bedah jantung umum adalah penyakit katup jantung, gagal jantung, dan penyakit jantung koroner.

    Kemudian, bedah dada bertugas untuk menangani operasi yang berhubungan dengan gangguan pada area dada, seperti diafragma, paru-paru, esofagus, dan dinding dada. Sementara itu, divisi bedah penyakit jantung bawaan bertugas untuk melakukan operasi pada penyakit jantung yang sudah dibawa sejak lahir dan anak-anak.

    Dalam menjalankan tugasnya, seorang dokter BTKV juga sering berkolaborasi dengan dokter dari spesialis lainnya, seperti dokter penyakit dalam, dokter paru-paru, dan dokter jantung dan pembuluh darah. Hal ini karena penyakit yang ada di organ rongga dada termasuk penyakit yang beresiko komplikasi tinggi, mulai dari infeksi, stroke, hingga kematian.

    Secara umum, dokter BTKV bertugas untuk menangani pasien yang mengalami penyakit organ di bagian rongga dada. Namun, dalam tugasnya dokter BTKV sering bekerja sama dengan dokter spesialis lainnya untuk memberikan perawatan yang benar-benar tepat bagi pasien. Cakupan kerjanya meliputi bedah jantung umum, bedah dada, dan bedah penyakit jantung bawaan.

    Heartology memiliki salah satu tim dokter spesialis BKTV yaitu dokter Dicky Aligheri, cek profil dr Dicky disini : https://heartology.id/dr-dicky-aligheri
     
Loading...

Share This Page