Apa saja jenis asuransi mobil itu? Ini jawabannya

Discussion in 'General Discussion' started by Muhammad Rizam, Oct 5, 2016.

  1. Muhammad Rizam

    Muhammad Rizam New Member

    Joined:
    Nov 10, 2015
    Messages:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Apakah Anda sudah mengetahui apa-apa saja jenis asuransi mobil? Jika Anda ingin menggunakan asuransi mobil, pastilah sebelumnya Anda sudah harus tahu lebih dahulu mengenai segala hal yang berhubungan dengan asuransi mobil seperti jenis-jenisnya agar Anda tidak bingung atau salah dalam memilih asuransi.

    Pada dasarnya, ada dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi mobil TLO dan All Risk.

    TLO adalah singkatan dari Total Loss Only yang hanya akan melayani atau memberikan jaminan jika mobil Anda benar-benar hilang atau rusak total, sesuai dengan namanya. Asuransi mobil TLO tidak akan memberikan biaya pertanggungan jika yang terjadi pada mobil Anda hanya resiko-resiko kecil seperti baret pada badan mobil atau patah pada kaca spion. Bahkan jika mobil Anda mengalami kerusakan yang tidak termasuk ke dalam rusak total tapi memang cukup parah (mungkin sekitar 50 %), Anda juga tetap tidak akan bisa mendapatkan biaya pertanggungan. Dengan pelayanan seperti itu, tidak heran jika harga preminya lebih murah dibanding asuransi All Risk.

    Asuransi All Risk lebih mahal dibanding asuransi TLO karena cakupan jaminannya yang memang lebih luas dibanding TLO. Walaupun tergolong mahal, jaminan yang diberikan asuransi All Risk ini benar-benar akan bisa membuat Anda bernapas lega dan tidak perlu khawatir akan semua resiko atau kejadian buruk yang bisa saja menimpa mobil Anda. Jaminan-jaminan All Risk meliputi: biaya pertanggungan untuk segala jenis kerusakan mobil, terutama menyediakan bengkel bagi Anda untuk secara gratis mendapatkan pelayanan perbaikan mobil yang maksimal dengan suku cadang asli, pertanggungan hukum pihak ketiga (dalam kecelakaan mobil Anda), layanan mobil derek dan ambulan, hingga biaya pengobatan untuk pengemudi dan penumpangnya jika terluka akibat kecelakaan mobil itu.

    Selain kedua jenis asuransi yang saya sebutkan di atas, ada juga yang namanya asuransi campuran atau yang biasa disebut dengan asuransi kombinasi dimana Anda bisa menggunakan kedua jenis asuransi tersebut. Jenis asuransi mobil ini memiliki kelebihan yaitu semua jenis resiko dapat ditanggung oleh pihak perushaan asuransi, dari resiko kecil hingga yang besar. Sistem dari asuransi mobil ini adalah ada pemberian pilihan untuk setiap tahun penggunaan asuransi. Misal: satu tahun pertama Anda ingin menggunakan asuransi All Risk, dan tahun kedua Anda ingin menggunakan asuransi TLO, hal ini adalah mungkin. Sistem asuransi seperti ini seharusnya bisa menambah keuntungan dan kenyamanan Anda dalam menggunakan asuransi dan harganya pun lebih bervariasi.

    Demikianlah jenis-jenis asuransi mobil yang bisa saya sampaikan. Setiap jenis asuransi pastilah memiliki keunggulannya masing-masing. Di sini lah Anda harus bisa dengan baik mempertimbangkan dan memutuskan apa jenis asuransi yang paling cocok dengan Anda. Pastikan saja bahwa asuransi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.
     
Loading...

Share This Page