Apa Saja Startup Penyedia Jasa Logistik di Indonesia?

Discussion in 'General Business' started by segara dian, Aug 19, 2019.

  1. segara dian

    segara dian New Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Industri e-commerce semakin tumbuh berkembang di Indonesia. E-commerce ini tidak hanya mengubah gaya hidup, namun juga mengubah cara berbisnis. E-commerce juga telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Berdasarkan data yang didapatkan, pada tahun 2018 Indonesia memiliki transaksi e-commerce dengan nilai 144,1 triliun rupiah, dan di tahun 2019 ini diprediksi akan bertambah. Maraknya transaksi e-commerce tersebut mendorong tumbuhnya peluang bisnis di bidang logistik. Bahkan logistik ini dipercaya menjadi kunci pertumbuhan e-commerce yang ada di Indonesia sehingga perannya sangat penting.

    Melihat peluang tersebut, saat ini perusahaan transportasi berbasis online seperti Go-Jek menawarkan layanan di bidang logistik dengan adanya Go-Send dan juga Go-Box. Selain itu beberapa e-commerce yang ada di Indonesia membangun logistiknya sendiri seperti Shopee dengan Shopee Xpress, Blibli dengan Blibli Express, dan Matahari Mall dengan adanya Red Carpet logistics. Tidak hanya itu saja, namun ada beberapa startup yang menyediakan jasa logistik di Indonesia seperti berikut ini:


    Kargo
    Kargo adalah startup di bidang logistik asal Indonesia yang didirikan di tahun 2015. CEO dan juga Founder Kargo adalah Yodi Aditya. Kargo ini menyediakan truk antar kota dan antar pulau di Indonesia. Berbagai jenis truk pun disediakan seperti jenis Engkel, Colt Diesel, Fuso, Wingbox, Tronton, Cargo, sampai dengan kontainer. Kargo fokus dalam melayani pengiriman barang dengan ukuran besar dengan berat minimal 30 kilogram sampai dengan 30 ton, selain itu Kargo juga melayani pengiriman sepeda motor atau mobil.

    Paxel
    Paxel adalah jasa startup logistik berbasis aplikasi yang mengusung layanan bernama same day delivery dengan biaya pengiriman yang terjangkau. Paxel ini didirikan oleh Bryant Christanto sebagai CEO, Zaldy Ilham Masita sebagai Co-Founder, dan juga ada Johari Zein sebagai Co-Founder di awal tahun 2018. Memang saat ini Paxel baru mengakomodasi layanan di area Jabodetabek dan Bandung. Untuk pemesanan cukup menggunakan aplikasi dan saat ini sudah memiliki armada lebih dari 200 sepeda motor dan 5 armada mobil. Ke depannya Paxel akan memperluas jaringannya di 5 kota lain di Indonesia.

    Expedito
    Expedito adalah startup di bidang logistik asal Indonesia yang didirikan pada tahun 2016 silam. Pendirinya adalah Edi Topan dan juga Albertus Putra yang mana menjadi Founder dan Co-Founder. Layanan yang disediakan oleh startup ini adalah melayani pengiriman ke luar negeri dengan harga yang murah. Sebagai startup jasa logistik yang terkemuka, Expedito bekerja sama dengan International express Air-Freight courier terbaik yang ada di dunia seperti DHL, TNT Fedex, Aramex, UPS, Skynet, dan masih banyak lagi lainnya. Expedito ini juga menjadi startup yang dibina oleh Google Developer Launchpad oleh Digitaraya tahun 2018.

    Iruna eLogistics
    Jasa logistik ini resmi beroperasi di Indonesia sejak tahun 2017. Founder dari jasa ekspedisi ini adalah Yan Henry Yauwena dan menjadi startup yang menawarkan berbagai macam layanan seperti pergudangan dan pengiriman barang ke konsumen. Selain itu jasa ini juga melakukan integrasi dari marketplace dengan toko online. Perusahaan startup bisa menangani produk yang dititipkan mulai dari penyimpanan, pengemasan, sampai dengan pengiriman barang. Bahkan startup ini juga menangani pemotretan produk khusus marketplace dan juga toko online.

    Dengan perkembangan e-commerce yang terus menggeliat di prediksi berbagai macam startup di bidang jasa logistik akan terus bermunculan sehingga hal tersebut akan menguntungkan bagi pebisnis karena bisa memilih jasa yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya dengan tarif yang lebih terjangkau.

    Selain penyedia jasa logistik yang disebutkan diatas, ada juga beberapa perusahaan jasa logistik yang sudah berdiri bertahun-tahun, misalnya SERA, di bawah brand SELOG, hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda dan telah berpengalaman sebagai perusahaan jasa logistik di Indonesia.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,150
    Likes Received:
    83
    Trophy Points:
    48
    Naman-nama itu nampaknya masih baru dan anget
    yang populer mungkin adalah JNE, J&T.
     
Loading...

Share This Page