Apakah Anda Pecinta Bunga Kamboja? Berikut Cara Menanamnya !!

Discussion in 'General Discussion' started by arnold20, Nov 17, 2019.

  1. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    97
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Halo sobat bersosial gmana kabarnya? Semoga selalu sehat ya. Kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang cara menanam bunga kamboja yang baik dan benar untuk pemula. Langsung saja simak ulasan dibawah ini.

    [​IMG]
    Pemilihan Bibit atau Biji Kamboja

    Terdapat dua cara untuk memperoleh biji kamboja, pertama anda bisa membeli biji tersebut kepetani dan cara kedua adalah dengan melakukan penyerbukan sendiri. Bagi anda yang tidak memiliki bunga kamboja di rumah saya sarankan untuk memilih cara pertama, namun bagi anda yang memiliki bunga kamboja di rumah dapat menggunakan cara kedua.

    Bagaimana cara penyerbukan bunga kamboja? Sebenarnya proses penyerbukan bunga kamboja dapat dilakukan secara alami oleh bantuan angin dan serangga. Namun dari analisis yang sudah saya lakukan, penyerbukan secara alami tidak efektif karena angin tidak selalu ada dan seranggapun belum tentu ada juga.

    Jadi bagaimana solusi terbaiknya? Saya sarankan pada anda untuk melakukan penyerbukan sendiri. Untuk langkah-langkah penyerbukan buatan akan saya jelaskan dibawah ini.

    1. Pertama anda harus meyiapkan kuas kecil dan wadah yang akan digunakan untuk meletakan serbuk sari atau kelamin jantan bunga kamboja.

    2. Siapkan indukan bunga kamboja yang memiliki fisik baik, masa pertumbuhan cepat, termaksud bunga unggulan, tidak terkena hama serta penyakit.

    3. Setelah indukan anda peroleh tahap selanjutnya adalah menyapu halus serbuk sari menggunakan kuas yang sudah anda siapkan sebelumnya, lalu letakkan kewadah.

    4. Kemudian serbuk sari tersebut tempelkan kebagian kepala putik.

    5. Tunggu bunga sampai berubah menjadi buah, kemudian didalam buah tersebut terdapat biji yang bisa anda gunakan sebagai bibit bunga kamboja.

    Dengan melakukan penyerbukan buatan ini anda dapat menghasilkan bunga kamboja variasi baru dibandung penyerbukan alami, karena anda bisa mengawin silangkan antara bunga kamboja a dan kamboja b maka bibit yang dihasil lebih bervariasi.

    Untuk memastikan apakah buah kamboja sudah siap dipanen atau belum, anda bisa melakukan pengecekan langsung. Biasanya buah kamboja yang sudah siap dipanen memiliki ciri fisik seperti kulit mengering dan buah sudah terbuka tepat dibagian atas polongnya. Ketika buah sudah begitu, maka anda bisa melakukan panen.

    Proses Penyemaian Biji

    Tahap selanjutnya dari cara menanam kamboja dari biji adalah proses penyemaian, ditahap ini anda harus sudah memiliki biji kamboja ya. Penyemaian dilakukan dengan tujuan memilih biji berkualitas baik dan tidak, dengan menggunakan biji berkualitas baik masa pertumbuhan bunga kamboja diharapkan lebih cepat dan subur.

    Selain itu penyerbukan juga mempermudah anda dalam merawat bibit baik dari serangan hama ataupun penyakit yang berisiko merusak dan menghambat pertumbuhan bibit kamboja nantinya. Baiklah langsung saja kita simak step by step penyemaian biji kamboja dibawah ini.

    1. Tahap pertama anda harus menyiapkan sebuah wadah bersih, seperti pot, polybag ataupun bascom.

    2. Setelah itu ambil biji yang sudah anda siapkan kedalam air bersih selama 10 menit

    3. Tujuannya untuk melihat manakah biji yang baik dan tidak, biji yang baik akan tenggelam sedangkan biji yang buruk akan mengapung.

    4. Sebaiknya buang biji yang mengapung tersebut.

    5. Lalu siapkan media semai, berupa campuran cocopeat dan sekam bakar dengan perbandingkan 1:1

    6. Masukan media semai tersebut kedalam wadah yang sudah anda siapkan sebelumnya

    7. Kemudian ambil biji yang sudah anda rendam selama 10. Tanam biji tersebut kedalam media semai secara tipis dan siram menggunakan air secukupnya.

    8. Tunggu sampai biji tumbuh tunas, bibit akan siap dipindahkan setelah memiliki 4 sampai 6 helai daun.

    Proses Penanaman

    Selanjutnya adalah proses penanaman, ditahap ini pastikan kembali bahwa bibit sudah siapkan dipindahkan atau paling tidak memiliki 4 sampai 6 helain daun. Sebelum melakukan penanaman terdapat beberapa hal yang perlu anda siapkan seperti media tanam dan wadah. Media tanam yang harus disiapkan tidak jauh berbeda dari media semai,jadi anda harus menyiapkan cocopeat dan sekam bakar. Jika cocopeat sulit didapat anda bisa menggunakan serat kayu dengan perbanding sama yaitu 1:1.

    Setelah itu persiapan wadah, disini saya sarankan setiap wadah terisi satu bibit saja jadi calon tanaman kamboja lebih memperoleh ruang untuk tumbuh. Untuk wadahnya sendiri saya sarankan menggunakan pot berbahan tanah liat, karena lebih mudah meresap air dengan diameter 20.

    Setelah semua persiapan diatas siap, anda bisa melakukan penanaman. Pertama ambil bibit kamboja dari tempat semai, lalu tanam bibit tersebut di pot. Siram media tanam tersebut menggunakan air bersih, tujuannya agar calon tanaman kamboja lebih mudah beradaptasi dan tumbuh. Dalam melakukan penanaman saya sarakan dilakukan pada pagi atau sore hari, agar bibit lebih mudah beradaptasi dan tidak layu.

    Pemberian Pupuk

    Selanjutnya adalah permberian pupuk, tujuannya agar tanaman kamboja memperoleh asupan nutrisi cukup untuk masa pertumbuhannya. Disini saya sarankan pada anda untuk menggunakan pupuk kandang kering, bukan pupuk baru atau masih basah. Dosis pemupukan yang tepat adalah ¼ setiap pot atau tanaman.

    Perawatan dan Pemeliharaan Bunga Kamboja

    Melakukan perawatan dan pemeliharaan bunga kamboja sangat mudah, hal ini dikarenakan bunga kamboja termaksud tanaman yang tahap pada perubahan suhu, cuaca dan tahap terhadap serangan hama serta penyakit.

    Anda juga perlu melakukan pemberian area pot dari tanaman liar seperti rumput, karena jika dibiarkan rumput liar tersebut dapat mencuri nutrisi yang seharusnya diperoleh bunga kamboja. Maka proses pembersihan harus rutin anda lakukan.

    Selain itu pastikan juga tempat peletakan pot terkena sinar matahari yang cukup, agar daun-daun bunga kamboja tidak mudah rontoh.

    Kelebihan Menaman Dari Biji

    Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa terdapat banyak teknik menanam bunga kamboja, salah satunya adalah teknik menanam dari biji. Teknik ini mampu menghasilkan bunga kamboja degan bonggol lebih besar dibandingkan teknik lain seperti stek dan okulasi. Kita ketahui daya tarik dari tanaman kamboja tidak hanya terletak pada bentuk dan warna bunga saja, melainkan bonggolnya juga. Jadi saya rasa menanam dari biji memiliki kelebihan dibandingkan teknik stek ataupu okulasi.

    Demikian ulasan singkat dari saya tentang cara menanam bunga kamboja yang baik dan benar untuk pemula, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

    Info selengkapnya mengenai tulisan ini dapat kamu cek dilink berikut ini Cara Menanam Bunga Kamboja Dari Biji, Stek dan Okulasi
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,239
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Mungkin ini bisa dijadikan ladang bisnis pembibitan bunga kamboja
    apalagi ada banyak bunga kamboja dijadikan bonsai, ini menarik ditempatkan di rumah halamam depan
     
  3. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    97
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Benar sekali, banyak orang menganggap bunga Kamboja bukan tanaman yang menghasilkan. Padahal dengan menanam Kamboja bonsai bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan
     
Loading...

Share This Page