Apakah Anda Seorang Introvert? Mari Kita Cari Tahu!

Discussion in 'General Discussion' started by Keepsoh, May 3, 2017.

  1. Keepsoh

    Keepsoh New Member

    Joined:
    May 3, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Apa yang terpikirkan oleh anda saat mendengar kata introvert? Apakah itu seseorang yang pemalu, suka menyendiri dan tidak banyak bicara? Jika anda berpikiran seperti itu maka mungkin itu benar, tapi tidak sepenuhnya juga benar. Karena apa yang digambarkan di atas hanyalah bagian kecil dari penjelasan introvert yang sebenarnya, yang sayang kebanyakan orang menggunakan sebutan introvert untuk melabeli seseorang. Lalu apakah introvert itu?

    Apa Itu Introvert?
    [​IMG]

    Introvert merupakan orang yang melakukan orientasi pada diri mereka sendiri atau biasa dikenal dengan istilah inward thingking. Orang introvert biasanya hanya tertarik pada ide, pemikiran dan konsep, sehingga orang yang introvert sangat menyukai keadaan yang tenang untuk berpikir, beraktivitas maupun menyendiri.

    Pada dasarnya introvert merupakan jenis kepribadian seseorang yang berlawanan dengan ekstrovert. Kedua jenis kepribadian ini bertumpu pada prioritas yang dipilih seseorang. Sementara prioritas-prioritas yang dipilih bersumber pada sesuatu yang lebih nyaman untuk dilakukan. Jadi intinya, kepribadian seseorang akan menentukan apa itu kenyamanan. sesuatu yang nyaman bagi orang introvert belum tentu nyaman bagi orang ekstrovert.

    Sumber energi pikiran mereka tumbuh dari proses menyendiri, sehingga untuk orang yang tidak mengerti, terkadang orang yang introvert disalah artikan oleh sebagian orang sebagai pribadi yang tertutup dan anti sosial. Saat orang introvert melakukan sosialisasi dengan oran banyak, maka stock energi pikiran mereka secara perlahan-lahan menjadi berkurang dan saat hal itu terjadi mereka akan melakukan pengisian ulang dengan cara menyendiri.

    Nama-nama yang sangat kita kenal seperti Abraham Lincoln, Steven Spielberg, Albert Einstein hingga businessmen yang sangat terkenal seperti Bill Gates merupakan contoh orang-orang yang berkarakter introvert yang sukses dalam pekerjaan mereka.

    Apa itu Ekstrovert?
    [​IMG]

    Ekstrovert merupakan orang yang memiliki kepribadian yang bertolak belakang dengan orang introvert karena mereka lebih suka berorientasi ke luar diri mereka (Outward thingking). Ciri dari orang ekstrovert adalah mereka pandai bersosialisasi, out going dan suka mengobrol.

    Jika orang yang introvert mengisi energinya dengan menyendiri, maka orang ekstrovert kebalikannya, ia akan melakukan energi mentalnya dengan melakukan sosialisasi dan bertemu dengan banyak orang. Mereka tidak akan merasan tenang jika mereka mengalami kesendirian, karena itu dapat menghabiskan energi mental mereka.

    Orang introvert pada dasarnya juga suka bersosialisasi, tetapi mereka akan merasa nyaman saat memiliki 1 atau 2 orang teman dekat, karena yang terpenting bagi mereka bukanlah kuantitas teman yang mereka miliki tetapi kualitas atau "keseriusan" yang mereka bangun.

    Berbeda dengan orang ekstrovert, biasanya orang ekstrovert lebih senang bertemu dengan orang-orang yang baru untuk membuat teman sebanyak mungkin, karena hal tersebut dapat membuat mereka merasa lebih nyaman.

    Dalam pekerjaan, orang introvert lebih dominan bekerja secara sendiri atau pada kelompok kecil yang memiliki suasana yang tenang, karena bagi mereka itu merupakan cara yang kondusif. Tempatkan mereka pada lingkungan yang sepi dan pasti mereka akan merasa pekerjaan yang dikerjakan sangat menyenangkan.

    Sedangkan orang yang ekstrovert lebih senang bekerja di posisi yang bisa membuat mereka melakukan interaksi dengan orang banyak. Jika ditempatkan ditempat yang sepi, mereka akan merasa pekerjaan yang mereka lakukan begitu tidak menyenangkan.

    Lalu apa saja ciri-ciri orang introvert itu ?
    • Suka menghabiskan waktu untuk menyendiri
    Orang introvert akan merasa senang dengan kondisi dan suasana yang sepi, hal itu dapat membuat hatinya merasa tenang.
    • Biasanya tidak suka nada dering
    Karena pada dasarnya orang introvert menyukai suasana yang hening, jadi otomatis orang introvert tidak menyukai suara nada dering yang ribut. hal tersebut bisa mengganggu kegiatana yang sedang mereka kerjakan.
    • Orang introvert suka pembicaraan yang serius
    Orang introvert adalah orang tidak main-main dalam berbicara, mereka hanya akan melakukan komunikasi kepada orang-orang tertentu yang memiliki tujuan yang sama.
    • Keramaian membuatnya tidak nyaman
    Keramaian identik dengan keributan, dimana banyak orang yang berjualan, meneriaki orang lain dan banyak kegiatan yang menghasilkan keributan, hali ini tentu tidak disukai oleh orang introvert.
    • Jika membalas pesan membutuhkan waktu yang lama
    Selain tidak suka berkomunikasi melalui telepon, orang introvert juga kurang menyukai komunikasi lewat sms. Biasanya orang introvert menghiraukan sms yang masuk, dan hanya terkadang mereka akan membalas pesan, tapi itu membutuhkan waktu yang lama karena ia membutuhkan konsentrasi penuh.
    • Selektif dalam bersosialisasi
    Orang introvert tidak asal-asalan berkomunikasi dengan orang lain, mereka selalu memilih lawan bicaranya. Mereka hanya mau bersosialisasi dengan orang yang memiliki pembicaraan yang penting.
    • Lebih nyaman hang out dengan sedikit orang
    Yang sudah kita ketahui sebelumnya, orang introvert tidak menyukai keramaian dan hanya menyukai suasana yang tenang.
    • Suka mengamati keadaan sekitarnya
    • Suka menulis
    Biasanya orang introvert sering menghabiskan waktu sendirinya dengan kegiatan yang sangat bermanfaat, contonhya menulis, menggambar dan hal yang bermanfaat lainnya. Tapi kebanyakan orang introvert lebih suka menulis, jadi mereka biasanya lebih senang berkomunikasi lewat tulisan daripada lisan.
    • Berpikir sebelum berbicara
    Orang introvert tidak akan mengeluarkan perkataan yang sifatnya sia-sia dan tidak bermanfaat, untuk itu mereka selalu berhati-hati dalam berbicara agar pembicaraan yang dilakukan lebih bermanfaat.

    • Hebat dalam menebak karakter orang lain

    Dan masih banyak lagi ciri-ciri dari orang introvert yang bisa ketahui.

    Kepribadian mana yang lebih bagus ?
    [​IMG]

    Namun kepribadian manakah yang lebih baik, menjadi orang ekstrovert atau introvert? Pertanyaan ini sebenarnya tidak patut untuk ditanyakan, karena pada dasarnya akan sama apabila kita mempertanyakan lebih baik pria atau wanita.

    Kedua hal tersebut berbeda tapi saling melengkapi. Namun sayang di dunia dimana publisitas dan narsisme selalu diagung-agungkan membuat orang ekstrovert sering mendapatkan apresiasi yang lebih dibanding orang introvert karena orang ekstrovert lebih unggul dalam bersosialisasi dan kelihatan menonjol di mata orang lain.

    Pada dasarnya tidak ada orang yang sepenuhnya introvert dan sepenuhnya ekstrovert. Semua orang memiliki kedua kepribadian ini, tetapi hanya ada satu unsur yang lebih dominan dalam kepribadian seseorang. Pada sisi lain, ada juga orang yang berkepribadian Ambivert, yaitu orang yang mempunyai kepribadian yang seimbang antara introvert dan ekstrovert, tetapi hanya sedikit orang yang memiliki kepribadian ini.

    Pada akhirnya kita tidak perlu mempermasalahkan apakah kita berkepribadian ekstrovert atau introvert, namun yang lebih penting lagi bagaimana kita mengembangkan potensi yang ada pada diri kita berdasarkan pengetahuan jenis kepribadian kita.

    Sebagai contoh, orang introvert harus belajar membiasakan diri terhadap kegiatan sosial dan pergaulan baru, sekurang-kurangnya bertegur sapa sambil senyum kepada orang yang ditemui. Sebagai makhluk sosial kita harus saling menghargai dan menerima pendapat orang lain agar tidak terjadi pertikaian.


    Jadi, Apa kepribadian kamu ?
     
  2. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    460
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    gua nggak suka dengan keramaian,, apa gua introvert nih ? :D
     
  3. Keepsoh

    Keepsoh New Member

    Joined:
    May 3, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bisa jadi bro...klo ciri yang lain gmana bro ? :)
     
  4. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    460
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    lebih suka dengerin orang bicara :D
     
  5. Rima

    Rima Guest

    Aku kayaknya Ekstrovert seneng bangt bergaul dg orang2 dan bisa menyesuaikan diri dg lingkungan, tapi kadg2 jadi Introvert juga dalam waktu-waktu tertentu. Misalnya pas diputusin cowok. Lah. Apa aku punya kepribadian ganda?*nangis2*
     
  6. Keepsoh

    Keepsoh New Member

    Joined:
    May 3, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bisa jadi mbak...
    hehe, klo itu ada penyebabnya mbak...manusia punya punya dua kepribadian mbak, tapi yang dominan cuma satu....klo mbak dominannya ekstrovert....so.move on mbak...semangat, lbih baik sih jngan pacaran mbak...bkin kita badmood..akhirnya nggak pasti..
     
  7. Rinto85

    Rinto85 New Member

    Joined:
    Mar 20, 2017
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    kayanya ane introvert gan, tapi introvert itu kan buak penyakit itu soal pilihan aja sih menurut ane
     
  8. Semantas

    Semantas Member

    Joined:
    Jan 24, 2018
    Messages:
    50
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Berdasarkan tes ini, saya setengah extrovert dan setengah lagi introvert. Ditengah-tengah gitu.
     
Loading...

Share This Page