Apakah Kreatif itu? Apakah Inovatif itu?

Discussion in 'General Internet' started by infoana, Oct 21, 2017.

  1. infoana

    infoana New Member

    Joined:
    Mar 31, 2017
    Messages:
    28
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Kata kata kreatif dan inovatif sangatlah familiar ditelinga kita, namun banyak salah satu kita yang tidak sadar akan arti kreatif dan inovatif.

    Sekarang aku akan mengimbuhkan penjelasan mengenai arti kreatif dan arti inovatif.
    Semoga artikel di bawah ini bermanfaat....

    KREATIF

    “Kreativitas adalah suatu kebolehan untuk merampungkan masalah yang member peluang individu untuk menciptakan ide2 asli/adaptif manfaat kegunaannya secara penuh untuk berkembang” (Widyatun,1999)

    “Kreatifitas adalah kebolehan untuk menentukan jalinan baru, menyaksikan subjek berasal dari perspektif baru, dan menentukan kombinasi-kombinasi baru berasal dari dua atau lebih rancangan yang udah tercetak didalam pikiran” (James R. Evans, 1994)

    “Kreatifitas adalah suatu kebolehan berpikir ataupun lakukan tindakan yang mempunyai tujuan untuk mencari pemecahan sebuah kondisi ataupun permasalahan secara cerdas, berbeda (out of the box), tidak umum, orisinil, serta mempunyai hasil yang pas dan bermanfaat” (inginhilangingatan, 2009)

    INOVATIF

    "Inovatif yakni Usaha seseorang—dengan mendayagunakan pemikiran, kebolehan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya—dalam menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri ataupun lingkungannya."

    "Inovatif yakni Kemampuan seseorang didalam mendayagunakan kebolehan dan keahlian untuk menghasilkan karya baru."

    "Berpikir inovatif yakni Proses berpikir yang menghasilkan solusi dan ide di luar bingkai konservatif."

    Syarat-syarat berpikir inovatif
    • – Elastisitas yang tinggi
    • – Produktivitas yang tinggi
    • – Orisinalitas yang tinggi
    • – Sensitivitas yang tinggi
    Syarat-syarat inovasi
    • – Menghasilkan produk yang berfaedah bagi penduduk dan lingkungannya.
    • – Menghasilkan produk yang relatif baru.
    • – Menghasilkan produk yang mencukupi keperluan individu ataupun kelompok.
    “Inovatif adalah suatu kebolehan manusia didalam mendayagunakan asumsi dan sumber energi yang tersedia disekelilingnya untuk menghasilkan suatu karya yang sangat baru yang orisinil, serta berfaedah bagi banyak orang” (inginhilangingatan, 2009)

    Dari artikel diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa, kreatif dan inovatif itu sangatlah dibutuhkan didalam kehidupan sehari hari. Karena kreatif dan inovatif itu sangat menentukan kualitas hidup kita, hal ini menjadikan sebuah kata kata renungan buat kita tentunya.

    Apalagi didalam bidang kewirausahaan, kita dituntut untuk memiliki jiwa yang kreatif inovati gara-gara keduanya akan menentukan hasil bisnis kita.
     
    Last edited by a moderator: Oct 22, 2017
  2. Om Toni

    Om Toni Active Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    176
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Kalau kraetif dan inovatif digabungkan, maka hasilnya adalah karya atau produk yang luar biasa. Dengan catatan: inovasi dan kreatifitas tersebut dipraktekkan, bukan sekedar renungan atau wacana saja
     
  3. Fathoni

    Fathoni Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    74
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    betul sekali @Om Toni kreatif dan inofatif di tambah ketekunan pasti mantap kan om hasilnya
     
  4. rahmad prayogi

    rahmad prayogi New Member

    Joined:
    Sep 25, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    inovatif itu menurut saya membuat sesuatu yang baru
     
  5. Superboy XIX

    Superboy XIX Member

    Joined:
    Mar 8, 2017
    Messages:
    81
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Simplenya
    kreatif adalah menciptakan suatu ide/gagasan/penemuan yang baru di dalam kehidupan masyarakat.
    contohnya seperti sampah diolah menjadi tas,dompet,hiasan dll.

    inovatif itu adalah mengembangkan sesuatu yang sudah ada menjadi lebih baik.
    contohnya seperti pesawat dulunya sayap kertas seperti pesawat glider dikembangkan menjadi pesawat2 yang lebih canggih.
     
  6. HanyaSatu

    HanyaSatu Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    410
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Setuju banget, pasti akan menghasilkan suatu hal yg sangat besar manfaatnya
     
  7. imanjagoa

    imanjagoa Active Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    412
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    katanya sih usaha tidak pernah menghianati hasil..
    tapi kalo hasil menghianati usaha ada gak ya? :D
     
  8. Sugeng Ginanjar

    Sugeng Ginanjar Member

    Joined:
    Nov 18, 2016
    Messages:
    111
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
  9. Andre

    Andre Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    448
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
  10. Kecephotobooth

    Kecephotobooth Member

    Joined:
    Aug 3, 2017
    Messages:
    50
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    yang bikin sama antara Kreatif dan inovativ adalah dua-duanya sangat dekat dengan kata "Baru" *berkeringat*
     
  11. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    66
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Memang sekilas artinya hampir mirip, tapi jelas-jelas berbeda pengertiannya. Dan bila keduanya digabungkan, akan menjadi kombinasi yang unik dan menarik serta luar biasa dan bermanfaat bagi orang lain :)
     
Loading...

Share This Page