Aplikasi Google di Android Alami masalah, Ini solusinya

Discussion in 'General Internet' started by bimo dimas, Jun 24, 2021.

Tags:
  1. bimo dimas

    bimo dimas Member

    Joined:
    Oct 26, 2020
    Messages:
    300
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Merahputih.com - Jika Google App di ponsel Android mu mengalami gangguan berhenti bekerja secara tiba-tiba, kamu tidak sendirian. Tampaknya, pembaruan terbaru dari Google telah membawa sebuah bug yang membuat aplikasi tidak dapat digunakan.

    Dilansir dari XDA-Developers, Selasa (22/6), masalah ini tampaknya menjadi sesuatu yang serius, bahkan beberapa pengguna Android melaporkan bahwa mereka tidak dapat menggunakan aplikasi Google setelah menginstal pembaruan aplikasi itu.

    Aplikasi terus menampilkan pop-up bertuliskan "Google keeps stopping (Google terus berhenti)" setiap beberapa detik. Tidak hanya itu semua aplikasi seperti Asisten Google, Pencarian, Google Lens, dan sebagainya tidak dapat digunakan.

    Jika ponselmu terpengaruh oleh pembaruan bermasalah ini, melakukan uninstall dari pembaruan terbaru itu akan memperbaiki masalah. Untuk melakukannya, buka menu Aplikasi dari Pengaturan perangkat, pilih aplikasi Google dan hapus instalan pembaruan terbaru tersebut dengan mengklik menu tiga titik yang terletak di sudut kanan atas. (Catatan: Penempatan opsi ini mungkin berbeda, tergantung pada perangkatnya.) Jika masalah terus berlanjut, coba juga bersihkan data aplikasi dan cache.

    Sementara itu, jika ponselmu belum terpengaruh, sebaiknya matikan fitur pembaruan aplikasi otomatis dari Google Play Store, untuk aplikasi Google.

    Masalah tidak mau bekerjanya Google ini nampaknya tidak memandang pada merek atau jenis perangkat tertentu. Masalah ini tidak hanya terjadi pada aplikasi Google versi stabil tetapi juga terjadi pada aplikasi Google versi beta.

    Melalui akun Twitter resmi Android, Google telah memberikan pernyataan dalam sebuah cuitan yang menyatakan bahwa Google mengetahui Google App tidak mau bekerja dan saat ini perusahaannya tengah mengerjakan perbaikan.

    Dalam cuitan itu juga terdapat sebuah link ke sebuah unggahan forum komunitas Google. Didalamnya unggahan tersebut menguraikan beberapa langkah sementara yang dapat dilakukan pengguna untuk mengatasi masalah, hingga nantinya perusahaan siap meluncurkan perbaikan untuk Google App itu. Berikut adalah langkahnya:

    1. Buka aplikasi Setting perangkat Android

    2. Buka Aplikasi & notifikasi

    3. Ketuk “Lihat semua aplikasi ”

    4. Temukan dan ketuk Google dari daftar aplikasi (atau Anda dapat menggunakan tombol pencarian di sudut kanan atas untuk mencari "google")

    5. Ketuk Penyimpanan & cache

    6. Ketuk "Hapus penyimpanan" atau "Kelola ruang"

    7. Ketuk HAPUS SEMUA DATA

    Sumber
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    290
    Likes Received:
    76
    Trophy Points:
    28
    Beberapa hari lalu hp saya juga mengalami masalah seperti ini. Setelah googling cara memperbaikinya akhirnya kotak peringatan yang sangat mengganggu itu tidak lagi muncul di layar handphone. Dan cara mengatasinya persis seperti yang di atas
     
Loading...

Share This Page