Asal Muasal Nama Negara Indonesia

Discussion in 'Education' started by Fauzan Efriyan, Feb 14, 2021.

  1. Fauzan Efriyan

    Fauzan Efriyan Member

    Joined:
    Apr 22, 2020
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Nama Indonesia pertama-tama muncul pada sebuah tulisan ilmiah dari seorang Inggris bernama George Samuel Windsor Earl. Earl adalah seorang ahli ethnologi yang meneliti bangsa yang berada di Kepulauan Nusantara. Ia menyebut bahasa yang tinggal di kepulauan tersebut dengan nama Indu-nesian dan Melayunesians pada tulisannya yang ia buat tahun 1835 hingga 1850. Tetapi ia tidak menyebut nama Kepulauan itu dengan dua kata tersebut. Sepertinya Earl masih bingung dengan penyebutan kepulauan itu walau ia telah menemukan dua kata tadi.

    (Baca juga : Mengungkap Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia)

    Kemudian seorang Inggris lainnya yang bernama James Richardson Logan pada tahun 1850 menulis suatu karangan ilmiah yang berjudul The Ethnology of The India Archipelago dalam suatu jurnal dengan nama Journal of The Indian Archipelago and Eastern. Dalam karangannya tersebut ia menyebut Kepulauan Nusantara dengan nama Indonesia. Logan menggunakan kata Indonesia juga untuk menyebut penduduk kepulauan itu yang berkulit lebih terang dibandingkan yang berada di wilayah timurnya.

    Nama Indonesia tersebut berasal dari bahasa Yunani. Dari kata Indo dan Nesos. Indo berarti India atau Hindia, sedangkan Nesos berarti kepulauan. Dengan demikian arti nama Indonesia adalah kepulauan Hindia atau India. Menurut Earl, alasan utamanya menggunakan kata Nesos adalah karena ia menduga kata Nusa yang sangat mirip dengan dengan kata Nesos yang berarti juga pulau atau kepulauan dalam bahasa Melayu Austronesia, memiliki umur yang mungkin sama tuanya. Kata Nesos mirip dengan kata Nusa dan memiliki umur yang sama.

    Sumber : belumadajudulnih.wordpress.com/2013/06/15/5-fakta-sejarah-indonesia-yang-wajib-kita-ketahui/
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,759
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Ternyata baru tahu kalau nama Indonesia yang mula kasih malah orang inggris
    berterimakasih nama indonesia menjadi internasional, yang artinya kepualauan hindia
     
Loading...

Share This Page