(ASK) Aturan Dalam Agama Islam Tentang Hak Istri Terhadap Nafkah Suami

Discussion in 'General Discussion' started by Yundar, Jul 18, 2017.

  1. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    386
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Selamat Siang Para Warga Bersosial,

    Beberapa bulan kedepan saya berencana ingin menikah, sedangkan pemahaman tentang hak istri kepada suami tentang nafkah masih bingung. Banyak uneg2 yang ingin saya sampaikan kepada warga Bersosial yang mungkin ada yang sudah berkeluarga bisa berbagi pengalamannya di sini. Ada beberapa pertanyaan saya buat point2 saja biar enak di pahami yaa.. :D

    1. Apakah gaji atau pengasilan suami sepenuhnya menjadi hak istri? Bisa di sebutkan sumbernya dalam Al-Quran dan Hadist beserta penjelasannya.. :)

    2. Berapa nominal atau banyaknya nafkah suami yang diberikan ke istri? Bisa di sebutkan sumbernya dalam Al-Quran dan Hadist beserta penjelasannya.. :)

    3. Bagaimana cara mengelola uang yang diberikan suami kepada istri? Bisa di sebutkan sumbernya dalam Al-Quran dan Hadist beserta penjelasannya kalo ada.. :)

    4. Kalo saya berpikir saya ingin menyisihkan sebagian uang untuk biaya bulanan saya seperti bensin juga uang makan saat bekerja dan sebagian lagi diberikan kepada istri dengan jumlah yang lebih banyak yg pantas untuk kebutuhan istri dan anak boleh atau tidak dalam ajaran islam?

    5. Bagaimana cara mengelola uang ketika suami dan istri sama punya penghasilan sendiri?

    Semoga selalu diberi kelancaran rejeki dan kesehatan jika para sahabat bersosial berkenan menjawab pertanyaan saya. Terima Kasih.. :)
     
  2. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    766
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    monggo den untuk hak-hak istri : https:// almanhaj.or.id/1190-hak-hak-isteri-atas-suami.html
    untuk masalah ekonomi sepertinya tidak begitu detail, yang penting keduanya bisa saling ridho..insya Alloh kalau calon istri ente tau agama, gak kan nuntut macem-macem den..berapapun yang dikasih suami pasti diterima.
    kalau itu setau ane uang suami itu uang istri, tapi uang istri ya uang istri :) (salah satu cara Islam memuliakan wanita)
     
    Yundar likes this.
  3. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    386
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    yg jadi masalah kalo bilangnya uang suami itu uang istri, yang tepatnya uang suami tetap uang suami tapi suami wajib menafkahi istri sepenuhnya.. :D
     
  4. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    766
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    gitu juga boleh, tapi kalau setau ane makhluk yang namanya cowok itu SULIT mengatur keuangan.. :D
    kalau ane sih semua gaji serahin ke istri, nanti baru itung-itungan buat biaya transport, uang makan, buat anak, dll
     
  5. Sugeng Ginanjar

    Sugeng Ginanjar Member

    Joined:
    Nov 18, 2016
    Messages:
    213
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    coba cari di you tube
    kiat kita membangun rumah tangga bersama ustd khalid basallamah mh
     
  6. boba solem

    boba solem Member

    Joined:
    Mar 14, 2015
    Messages:
    122
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    heheheh...iya ustd khadlid baslamah sering mengupas hal suami istri
     
  7. Rafa Asoka

    Rafa Asoka Member

    Joined:
    Sep 5, 2015
    Messages:
    633
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    28
    kalo ngomongin uang pasti sensitif deh, walaupun udah suami istri.
    lebih baik ya (menurut ane) kaya gini

    uang semua digabung => itung semua pengeluaran perbulan ( suami, istri, anak, listrik, air, dll ) sisanya ditabung, buat masa depan anak. tabungan juga harus transparan, jangan sampe ada yang ditutup2i

    menurut ane ini jauh lebih adil sih.
     
  8. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,773
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    nyimak aja, pacaran aja belum :D
     
  9. yasir tidung

    yasir tidung New Member

    Joined:
    Mar 4, 2013
    Messages:
    69
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    hak suami punya istri lagi klo mampu mah
     
  10. anggigi190

    anggigi190 Member

    Joined:
    Sep 1, 2017
    Messages:
    43
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
  11. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    276
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    untuk isti kepada suami: "uangmu uangku hutangku hutangmu"kurang lebih begitu,,berat banget tanggung jawab suami ,,buat ibu2 muliakanlah suaminya,,:)
     
  12. sukmadinata

    sukmadinata Member

    Joined:
    Apr 4, 2016
    Messages:
    62
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    uang suami adalah uang istri memang benar gan, tapi suami juga berhak mengatur keuangan untuk bulanan bahkan berhak juga menyisihkan uang untuk orang tua tanpa harus melalaikan kewajiban untuk menafkahi istri dan anak yah. untuk selengkapnya tanyakan kepada ahli agama sih biar lebih jelas
     
  13. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalau Nanya, BERAPA tergantung kebutuhan, gak bisa digeneralisir, yg sekiranya kewajibaan suami itu wajib dipenuhi, makanya suami dituntut agar cari uang yg banyak agar bisa menafkahi kedua orang tua juga, jangan sampai untuk istri kurang, orang tua apa lagi ga dinafkahi sama sekali, karena suami masih milik orang tua dan harus masih taat dan patuh pd orang tua
     
Loading...

Share This Page