[ASK] Bagaimana Cara Mengatasi Bimbang Saat Dituntut Nikah?

Discussion in 'General Discussion' started by Muhammad Khoir, Aug 12, 2016.

  1. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,855
    Likes Received:
    360
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Salam sejahtera untuk semua member bersosial, semoga selalu diberi limpahan Rahmat, Kesehatan, Serta Rejeki oleh Yang Maha Kuasa..! Amiiiiiiinnn!

    Pada Thread kali ini ane mau bertanya mengenai masalah Nikah? Pastinya bagi yang sudah menikah hal ini menjadi suatu yang menggelikan. Sebab nikah hukumnya wajib bagi yang sudah mampu dan cukup umur. Namun yang menjadi kendala disini adalah keberanian dalam menghadapi pikiran yang selalu takut untuk melangkah kearah tersebut. rasa takut yang mengganjal diantara : Takut gak punya kerja (takut tidak bisa menafkahi secara lahir), takut salah orang (sangat sulit menemukan calon pendamping yang tepat), dan lain sebagainya. Mungkin bagi kalangan wanita rasa takutnya akan sedikit berbeda (disini ane curhat sebagai laki-laki).

    Sedangkan pada pihak keluarga, tetangga, dan lingkungan selalu menuntut dan mempertanyakan : "Kapan Nikah?" Haduh pertanyaan ini sebenarnya bikin jengkel. Kadang juga pertanyaan tersebut dibarengi dengan : " Apa punya kamu gak hidup?" (Pertanyaan apa nih?), disangka ane tidak normal...!

    Nah yang ane akan tanyakan disini adalah :
    1. Bagaimana cara agar lebih berani dalam mengambil keputusan (keberanian untuk menikah)?
    2. Seperti kiranya calon istri yang baik? (mungkin untuk yang ini mempunyai kriteria masing2, namun ane juga sudah sedikit paham).
    3. Hal apakah yang pertama harus dilakukan? (usaha sudah, berdo'a juga sudah).
    Semoga teman-teman disini bisa jawab. Tapi jangan di bully ya...! Semua cowok pasti mengalami hal ini.
    Terima kasih...! Semoga bisa benar2 membantu...! Amin...!
     
    lasealwin likes this.
  2. Stevandy A

    Stevandy A Member

    Joined:
    Oct 31, 2015
    Messages:
    175
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Nyoba jawab y
    1. Tanya hati secara lebih mendalam, apakah keputusan menikah ini sudah tepat? Baik dari sisi agama maupun finansial. Jika sudah dapat jawaban "iya" maka set hati untuk teguh pada prinsip itu, jika goyah maka masih ada lubang yang perlu diselesaikan

    2. Kalo ane seh sederhana saja, istri mau trima keadaan kita apa adanya, baik susah maupun senang, jika dia tidak mengeluh soal susah hidup dan mau mengerti serta bahu membahu berusaha, sudah pasti calon yang tepat

    3. Surat2 untuk nikah dong jangan sampai gak lengkap, baru kemudian tempat tinggal

    Kira2 begitu bantuan ane buat aden yg sedang menuju ke pernikahan. Mungkin suhu @KangAndre lebih paham
     
    Muhammad Khoir and wphoet like this.
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,169
    Likes Received:
    2,704
    Trophy Points:
    413
    Intinya bagaimana kita menyikapi bila jodoh tak kunjung datang adalah jangan pernah sedikit pun kita berprasangka buruk kepada Allah swt. Jangan pernah putus meminta dan berdoa hanya kepadaNYA. Yakinlah itu adalah yang terbaik menurutNYA. Allah SWT berfirman : “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)” . (QS. An Nur : 26)

    http://lenterakecil.com/bila-jodoh-tak-kunjung-tiba/
     
    Muhammad Khoir, katon and Stevandy A like this.
  4. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Jawaban semuanya kalau sudah mantab dengan pilihanmu langsung maju ke ortunya minta anaknya :D gak perlu takut rejekinya abis nikah gmn atau istriku setia apa gak, pemikiran2 itu bakal berubah seiring perjalanan kalian berdua, jadi bisa dibilang ntar pikirannya situ lebih tambah dewasa setelah nikah ntar :D
     
    Stevandy A likes this.
  5. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,169
    Likes Received:
    2,704
    Trophy Points:
    413
    Saya cuma punya 1 istri, jadi belum pengalaman... :D :D
     
  6. Stevandy A

    Stevandy A Member

    Joined:
    Oct 31, 2015
    Messages:
    175
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Wuih hebat lgs summon kang andre nya.... Nah tuh udh ada penjelasan yg lebih detail
     
    Muhammad Khoir likes this.
  7. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,169
    Likes Received:
    2,704
    Trophy Points:
    413
    Mau nikah, saya justru keluar dari pekerjaan alias nganggur..... :D
     
  8. Stevandy A

    Stevandy A Member

    Joined:
    Oct 31, 2015
    Messages:
    175
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Sama kang baru satu dan nikah malah g punya uang sama sekali. Tapi rejeki datang dan berlimpah.
     
  9. ostnandar

    ostnandar Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    110
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    "Nikah itu membawa rezeki" anikahun ala rizkun.
    Jadi hakikinya. Nikahlah karena agamanya .gausah bimbang atau apalah. Kita yakin aja pertolongan allah akan datang.. yang penting kita siap untuk melangkah kedepan ;)
     
  10. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Kalau menurut guru saya di katakan siap menikah itu pada intinya ada tiga kategori yang di perhatikan, yang pertama agamanya, yang kedua penampilannya, yang ketiga hartanya. Dan itu kalau di jabarkan sangat panjang dan lebar guys,,,
     
    Muhammad Khoir likes this.
  11. samuel

    samuel Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    478
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    untuk banyak keberanian coba berdoa meminta Tuhan untuk memberikan hikmat agar tiap keputusan yang diambil juga tepat dan benar :)
     
    Muhammad Khoir likes this.
  12. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    766
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    jujur waktu lamar istri dulu ane lagi NGANGGUR! :D
    ya dulu mungkin ane juga berpikir kayak ente, tapi ane PASRAH aja sama Allah, ah masak semut yang skecil itu dikasih rejeki kita yang segede dan sesombong gini kagak :D
    lagian rejeki itu kan yang ngatur Allah (bukan kantor tempat kerja) kita cuma bisa berusaha menjalankan perintahNya, perintahNya nikah ya nikah, dilarang pacaran ya gak usah pacaran ;)
     
    Muhammad Khoir likes this.
  13. batikhush

    batikhush Member

    Joined:
    May 26, 2016
    Messages:
    75
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    yang penting calonnya ada dulu kang...
    kalo dah nyaman ama calonnya ya ajak nikah aja...
    ga ada suami istri yang cocok 100 persen
    ribut2 dikit pasti ada lah
    Kalo rejeki yang ngatur Allah SWT
    yang penting semangaat nyari duitnya
    heheheee
     
  14. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,773
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    nyimak deh den, belum nyampe ke sana hidupku :D
     
  15. yaredi

    yaredi Guest

    Aku bang sampai sekarang belum nikah2 juga bang, jadi blm pengalaman:D Om @KangAndre sudah pengalaman:D
     
    Muhammad Khoir likes this.
  16. Om Gembung

    Om Gembung Member

    Joined:
    Feb 28, 2016
    Messages:
    102
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    kata @KangAndre aja belum pengalaman soalnya masih punya istri satu, la kita kita yang belum nikah pastinya cuma ndengerin aja nih nggak berani ngomong hehe*ketawa3*
     
    Muhammad Khoir likes this.
  17. AmriMF

    AmriMF Member

    Joined:
    Jan 31, 2015
    Messages:
    428
    Likes Received:
    49
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    1. Beranikan saja, nanti juga dimudahkan rejekinya, Insya Allah
    2. Itu relatif, kalo menurut saya, yang mau dipimpin dan bisa dipimpin
    3. Ambil keputusan kalau sudah yakin
     
    Muhammad Khoir likes this.
  18. kidipal

    kidipal Member

    Joined:
    Apr 6, 2016
    Messages:
    77
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Belum pengalaman,,:D gak berani kasih petuah... Kalo @KangAndre udah pengalaman.. :D
     
    Muhammad Khoir likes this.
  19. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,855
    Likes Received:
    360
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Makasih suhu.... Mungkin masih kurang memantabkan keberanian, surat2 untuk nikah, dan tempat tinggal (rumah)
     
  20. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    417
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Pengalaman ane dulu dari sekian orang calon, ane pilih dimana ketika bertemu (walaupun hampir tiap hari bertemu) di hati terasa lain dan jantung pun terasa lain, mungkin itu tandanya ada ikatan bathin. Selanjutnya deketin keluarganya sampai mereka menerima kita sebagai keluarga mereka juga, jadi pas Melamar gx deg2an lagi hehehe. Masalah rezeki gx usah dipikirin, semua sudah ada yang ngatur :)
     
Loading...

Share This Page