Asuransi Mobil TLO & All Risk Apa Perbedaannya Secara Umum?

Discussion in 'Otomotif' started by Samuel Samuel93, Nov 7, 2017.

  1. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Asuransi TLO atau All Risk (sumber: shutterstock.com)​

    Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini, kebutuhan perorangan akan mobil pribadi kian meningkat tajam. Bukan berarti kondisi finansial seseorang sudah kaya raya berkelimpahan, kepemilikan mobil pribadi kini menjadi keharusan dan kebutuhan tersendiri karena sejumlah faktor vital seperti kebutuhan bisnis. Banyak dari kita yang membutuhkan sarana transportasi demi memudahkan aktivitas sehari-hari. Dengan demikian, mobil kesayangan pun harus terawat baik agar selalu tampak baru, nyaman untuk digunakan serta awet dan tahan lama.

    Selain servis satu hingga tiga bulan sekali serta mengganti sejumlah aksesoris secara berkala, asuransi mobil merupakan cara tepat untuk merawat mobil kesayangan Anda. Mengapa? Karena pada dasarnya, asuransi menjadi cara ampuh untuk terbebas dari kerugian finansial akibat kecelakaan yang tak bisa kita prediksikan. Kepemilikan asuransi dapat dengan jitunya mengurangi ketidakpastian dari kemungkinan merugi akibat hal-hal dan risiko tak terduga tersebut. Bagi orang-orang yang sering berkelana di jalanan, biasanya sudah tidak asing lagi menggunakan asuransi mobil sekaligus asuransi perjalanan untuk melindungi kendaraan dan keluarga ketika bepergian ke tempat-tempat yang jauh.

    Definisi dan Manfaat Asuransi

    Secara umum, asuransi didefinisikan sebagai suatu perjanjian dimana pihak penanggung membuat ikatan dengan pihak tertanggung dengan menerima premi sebagai penggantian atas suatu kerugian, kerusakan, atau kehilangan yang mungkin akan dialaminya akibat insiden yang tak terduga.

    Asuransi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia terdiri dari asuransi jiwa, asuransi kerugian dan asuransi kesehatan. Asuransi kerugian merupakan asuransi yang melindungi harta benda seperti rumah kita beserta isinya, apartemen, mobil dan masih banyak lagi.

    Sementara itu, asuransi mobil memang ditujukan sebagai perlindungan dari berbagai ancaman bahaya yang tak terduga seperti tabrakan, pencurian beberapa bagian mobil, atau bahkan mobil itu sendiri yang hilang dan dicuri. Sehingga dapat dipastikan, perlindungan mobil dengan asuransi membuat kita bisa mengendarai mobil dengan lebih tenang, lega dan aman ke manapun bepergian.

    Jenis Asuransi Mobil

    Pada dasarnya terdapat dua jenis produk berbeda dengan tujuan yang sama, yakni untuk melindungi mobil kesayangan Anda. Perbedaan yang ada terletak pada fasilitas yang kita dapatkan serta biaya preminya. Pada thread kali akan kita bahas secara singkat.

    • Asuransi Kerugian Total (Total Loss Only/TLO)

    Asuransi jenis TLO ini menjamin dan memproteksi kecelakaan dengan minimum kerusakan 75% dari harga pertanggungan dan juga kendaraan hilang. Jenis asuransi Total Lost Only menawarkan biaya premi yang ringan dan rendah. Dengan biaya premi yang rendah, maka otomatis fasilitas yang didapatkan juga sesuai dengan premi yang Anda bayarkan. Umumnya nilai premi yang ditawarkan akan dihitung dari presentasi harga mobil Anda.


    • Asuransi Gabungan (Comprehensive) atau All Risk

    Asuransi jenis All Risk memberikan jaminan ganti rugi akibat kecelakaan besar dan kecil, atau kehilangan perlengkapan tambahan akibat pemaksaan/pengrusakan dan kendaraan hilang. Untuk premi asuransi All Risk, biaya premi yang ditawarkan cukup mahal. Namun, mahalnya premi akan sebanding dengan perlindungan dan jaminan yang diberikan. Sebut saja, salah satunya yakni memiliki perlindungan yang lebih lengkap, mulai dari kehilangan, kerusakan ringan, hingga jaminan perluasan.

    Sekalipun demikian, terdapat beberapa pengecualian lain yang bisa saja membuat klaim Anda ditolak oleh perusahaan asuransi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mencari tahu terlebih dahulu dengan rinci dan jelas terkait sejumlah syarat dan ketentuan dari asuransi jenis ini sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

    Kedua perlindungan tersebut merupakan perlindungan dasar. Di samping itu, asuransi mobil juga menyediakan perluasan asuransi seperti produk asuransi “Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga” dan penumpang, huru-hara (Strike, Riot and Civil Commotion), Bencana Alam (Act of God), dsb. Berbagai istilah di bidang asuransi dapat diketahui lebih rinci lagi di halaman Istilah Asuransi yang umumnya tertera pada polis asuransi Anda. Perusahaan asuransi ternama di Indonesia seperti Simasnet, ACA, Astra, dan Adira menjadi jajaran perusahaan asuransi yang memberikan produk asuransi mobil dan perjalanan yang terbukti cukup dikenal di masyarakat dan menyediakan jenis perlindungan yang lengkap.

    Pilihlah jenis asuransi yang paling sesuai dan tepat dengan kemampuan beli serta kebutuhan Anda. Rawatlah mobil kesayangan dengan sebaik mungkin, seperti penggantian oli mobil, radiator, mesin, dan servis berkala lainnya. Anda juga bisa menambahkan aksesori untuk mobil agar jagoan kesayangan Anda terlihat semakin menarik. Namun yang utama adalah memberinya proteksi sebagai jaminan agar keselamatan berkendara dan keuangan Anda senantiasa aman sentosa.



    Selamat mencoba!
     
    Last edited: Nov 7, 2017
  2. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Asuransi memnag harus dipahami dengan baik, terutama oleh penyedia jasa trasnportasi seperti penyewaan mobil. Good thread, Thx.
     
  3. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    832
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Bagus nih infonya bermanfaat banget bagi saya yang awan sama masalah asuransi *bagus*
     
  4. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Betul, lebih baik yang ALL RISK kita lebih nyaman dan tenang....
     
  5. jagain

    jagain New Member

    Joined:
    Jul 3, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    thread yang sagant informatif, ane jadi tau apa itu asuransi mobil TLO dan asuransi mobil all risk, tinggal dicari aja nih perusahaan asuransi kendaraan bermotor dan mobil TLO atau all risk yang profesional. Kira-kira ada rekomendasi gak bro/sist?
     
Loading...

Share This Page