Awas Bahaya Riba Dalam Kehidupan Anda

Discussion in 'Education' started by sulistya, Oct 10, 2018.

  1. sulistya

    sulistya Member

    Joined:
    Mar 21, 2016
    Messages:
    91
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Bismillah...

    Assalamualaikum, semoga sobat selalu sehat aamiin..

    Kali ini saya ingin menyampaikan info penting untuk anda yang merasa hidup anda berat, hutang dimana-mana, hidup tidak tenang dan banyak masalah.

    Bagi seorang muslim, sudah seharusnya mentaati perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Untuk orang yang taat pada Allah sudah bisa dipastikan hidupnya akan tenang, namun jika anda merasa hidup tidak tenang maka sudah dapat dipastikan ada yang salah dalam kehidupan anda. Apakah anda yang memang sedang jauh dari Allah atau ada larangan Allah yang anda langgar, baik secara sengaja maupun tidak.


    Saat ini banyak sekali seluruh aspek kehidupan kita berkutat dengan hal yang dinamakan RIBA. Riba itu seperti apa dan kenapa bahaya bagi manusia ? Riba sangat berbeda dengan jual beli seperti yang Allah katakan dalam Al-Qur'an. Jika Jual beli itu halal maka riba itu kebalikannya yakni haram. Bahkan berdirinya orang yang memakan riba Allah umpamakan dengan orang yang kemasukan setan karena gila.

    Allah SWT berfirman:

    اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبٰوا لَا يَقُوْمُوْنَ اِلَّا كَمَا يَقُوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطٰنُ مِنَ الْمَسِّ ۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْۤا اِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبٰوا ۘ وَاَحَلَّ اللّٰهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰوا ۗ فَمَنْ جَآءَهٗ مَوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّهٖ فَانْتَهٰى فَلَهٗ مَا سَلَفَ ۗ وَاَمْرُهٗۤ اِلَى اللّٰهِ ۗ وَمَنْ عَادَ فَاُولٰٓئِكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

    "Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri, melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal, Allah telah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba. Barang siapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barang siapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 275)


    Bahkan Allah mengancam dengan neraka jika pelaku riba mengulangi perbuatannya. lalu seperti apakah riba itu ? Riba adalah kelebihan yang dibebankan kepada pembeli ketika membeli sesuatu barang. Misal jika membeli rumah atau tanah dengan harga 200juta. Namun jika dengan cara mencicil maka jika dihitung cicilan perbulan x lama mencicil maka totalnya 300juta. Nah kelebihan 100juta inilah yang dinamakan riba, karena pada kesepakatan awal penjual menjual tanah atau rumah seharga 200juta namun pada kenyataannya harga jadi berbeda ketika membeli secara kredit, bahkan jika telat mencicil akan memperoleh denda.


    tanah-kavling-syariah.jpg

    Dalam islam, riba itu menyengsarakan dan menjadikan hidup menjadi tidak berkah, karena merugikan dan menyenangkan sesaat. Padahal Allah jelas melarang riba, nah untuk membeli properti yang bebas riba dan in syaa allah berkah sudah banyak sekali properti syariah bebas riba, salah satunya Madania Village yang menyediakan tanah kavling syariah bebas riba. Dalam jual beli islam tidak ada larangan untuk mengambil untung, namun tidak berlebihan.

    Sedangkan riba itu semakin lama dicicil nominalnya semakin besar, itulah kenapa Allah jelas melarang riba dalam akad jual beli apapun. Salah satu ciri-ciri properti syariah yang bebas riba, harga sudah sesuai pada kesepakatan di awal. Misal harga tanah 60juta dapat dicicil 5bulan. Dengan booking fee 5juta maka kekurangan cicilan hanyalah 55juta : 5bulan sekitar 11.000.000/bulan dan jika telat pun tidak ada sita apalagi denda. Namun seorang muslim yang beriman pada Allah tidak akan mempersulit saudaranya dengan melupakan hutang yang dimilikinya.

    Semoga manfaat dan semoga kita bisa sama-sama menjauhi riba yang jelas haram dan dimurkai Allah, selain sebagai bentuk ketaatan pada Allah juga agar hidup kita lebih tenang dan dapat memiliki rezeki yang halal dan berkah untuk keluarga kita.
     
    Last edited: Oct 10, 2018
Loading...

Share This Page