Ayam Bekisar Maskot Prov. Jawa Timur

Discussion in 'General Discussion' started by adhi maspamuji, Dec 16, 2015.

Tags:
  1. adhi maspamuji

    adhi maspamuji Member

    Joined:
    Oct 5, 2015
    Messages:
    38
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Kali ini saya mau ngebahas soal hewan yang paling sering dieksploitasi oleh manusia, apa lagi kalo bukan ayam. Dimana-mana pasti ada ayam, makanan yang sering di jual juga kebanyakan mengandung ayam, nasi goreng, bubur sampai mie semua mengandung ayam.

    Mungkin kalo setahun aja manusia di muka bumi ini gak makan ayam, jumlah manusia akan jauh lebih sedikit dari ayam. Tapi kenapa kai ini saya membahas tentang ayam, karena banyak orang yang belum mengetahui jenis-jenis ayam. Salah satunya adalah ayam bekisar, kamu bisa melihat lebih banyak jenis ayam di kumpulan gambar ayam.

    Ayam bekisar itu ternyata adalah ayam hutan hijau jantan (Gallus varius) yang dikawinkan dengan ayam kampung (Gallus gallus domesticus) sehingga menghasilkan ayam dengan bentuk bulu yang indah. Ayam bekisar termasuk ayam hias, ada tiga tipe ayam bekisar yang sering dibikin kontes yaitu;​
    1. Jenis Gallus aenus yang memiliki ciri-ciri berjengger gerigi berjumlah 8 kecil, pial berukuran sedang, warna bulu pada lapisan atas ungu dengan plisir kuning emas.
    2. Gallus temminckii memiliki jengger bergerigi 6, pial berwarna jambu, bulu merah mengkilap dan berplisir merah kecoklatan.
    3. Gallus violaceus dengan jengger bergerigi bagus, ukuran pial sedang, warna bulunya ungu dengan permukaan yang halus.
    Ayam bekisar memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan ukuran ayam kampung jantan, tetapi lebih besar daripada induk jantannya. Warna bulunya hitam kehijauan dan mengkilap. Memiliki suara yang halus dan khas: tersusun dari dua nada.

    Ayam bekisar, karena hewan ini hasil persilangan antara dua jenis yang berbeda, biasanya mandul. Namun, tidak semuanya demikian. Ada pula ayam bekisar (jantan atau betina) yang bila dikawinkan dengan ayam kampung menghasilkan keturunan.

    Ciri-ciri khusus dari ayam bekisar yang paling menonjol adalah bentuk bulu leher yang ujungnya bulat/lonjong bukan lancip. Jika dibandingkan dengan ayam jago biasa maka akan terlihat jelas. Bentuk ayam yang mirip sekali dengan bekisar adalah hasil silangan ayam bekisar dengan ayam kampung yang dinamakan bekikuk. Bentuk dan posturnya sama, hanya kadang-kadang pial dan bulu lehernya yang berbeda.

    Ayam bekisar merupakan hewan khas Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, hewan ini merupakan fauna maskot provinsi Jawa Timur. Jadi buat kamu orang Jawa Timur harus punya peliaraan ayam bekisar di rumah kamu, hitung-hitung ikut melestarikan hewan maskot provinsi lokal ini. (satujam.com)​
     
    Last edited: Dec 17, 2015
  2. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,614
    Likes Received:
    746
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    kalau ini @KangAndre ditangkap gak licin yah ?
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,852
    Likes Received:
    2,583
    Trophy Points:
    313
    Di kasih "jagung" dulu, biar nyaring berkokoknya.
     
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,852
    Likes Received:
    2,583
    Trophy Points:
    313
  5. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,614
    Likes Received:
    746
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    kalau popcorn gak mau kali yah @KangAndre , ingetin aja kang kali lupa ngasih jagung :D
     
Loading...

Share This Page