Ayo Mencoba Lebih Mengenal Tentang Wesel Bayar dan Wesel Tagih

Discussion in 'General Business' started by arissaputro, Jan 24, 2021.

  1. arissaputro

    arissaputro Member

    Joined:
    Sep 27, 2020
    Messages:
    40
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Halo,hari ini Saya akan membagikan thread tentang apa itu wesel. *bingung*

    Untuk sebuah perusahaan istilah wesel merupakan suatu hal yang umum.Karena memang wesel memiliki banyak kegunaan bagi sebuah perusahaan atau bisnis yang memang sudah berkembang atau sudah maju.

    Wesel juga merupakan jenis dari piutang dan memiliki keterikatan dengan piutang usaha.Jika piutang usaha yaitu jumlah pembelian suatu kredit dari pelanggan maka wesel yang dibagi dalam 2 jenis yaitu

    • Wesel tagih adalah pernyataan tertulis yang berisi tentang jumlah utang atau hak dari perusahaan pertama yang harus dibayarkan oleh perusahaan kedua(debitur).

    • Wesel bayar adalah surat utang yang diterbitkan suatu perusahaan yang berisi kewajiban debitur untuk membayar kreditnya yang telah jatuh tempo.

    Nah selanjutnya yaitu karakteristik dari kedua jenis wesel tersebut yaitu*belajar*

    1. Karakteristik Wesel Bayar

    • Jurnal Wesel Bayar Disajikan dari Sudut Pandang Peminjam - Sama seperti pengertian wesel bayar ,jika ditilik dari sudut pandang peminjam adalah bukti resmi bahwa debitur harus membayar hutangnya kepada kreditur(perusahaan pertama)

    •Bertambah Disisi Kredit - Jika dilihat dari sisi peminjam ini akan bertambah disisi kredit tetapi dapat pula bertambah disisi debit.Begini jika saat menerbitkan wesel, maka wesel bayar dicatat dalam kredit, sedangkan saat pelunasan akan dicatat pada sisi debit.

    • Wesel Bayar Termasuk Passiva - Karena ini dilihat dari sisi peminjam dan disebut juga utang maka ini masuk dalam passiva dan debitur berkewajiban membayar ke pihak yang sesuai kesepakatan.

    2. Karakteristik Wesel Tagih

    • Dibuat dari Sudut Pandang Pemberi Pinjaman - Dari sisi pemberi pinjaman atau kreditur surat ini merupakan bukti resmi yang berisi hak untuk menagih utang dari debitur

    • Wesel Tagih Bertambah di Sisi Debit - Dari sudut pandang kreditur wesel tagih akan bertambah disisi debit yang berarti pemberi pinjaman akan mendapatkan tambahan debit seperti pendapatan dan kas.

    • Wesel Tagih Termasuk Aktiva - Jika dari sisi pemberi pinjaman wesel tagih merupakan aktiva.Hal ini karena wesel tagih adalah hak yang harus diterima kreditur dan akan menambah debit suatu perusahaan.

    Nah itulah thread yang Saya bagikan hari ini yang berisi tentang pengertian wesel dan jenisnya yang dibagi menjadi 2 yaitu wesel tagih dan wesel bayar beserta karakteristiknya.Selanjutnya yaitu:
    Terima kasih sudah membaca thread ini*ketawa3**ketawa3*
     
    Last edited by a moderator: Jan 24, 2021
  2. maxjim

    maxjim New Member

    Joined:
    Dec 22, 2017
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Terimakasih infonya. . . baru ngeh sih. . padahal sering tahu istilah wasel.

    wkwkwkw
     
    Last edited by a moderator: Jan 28, 2021
  3. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    276
    Likes Received:
    73
    Trophy Points:
    28
    Saya tahunya wesel pos karena pertama kali terima honor menulis cerpen dari majalah Aneka Yess (generasi 90-an pasti familiar dengan majalah ini) dikirim via wesel. Ternyata ada wesel bayar dan wesel tagih juga
     
    arissaputro likes this.
  4. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    375
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    baru tahu saya gan tentnag wesel. kirain wesel tu apa
     
Loading...

Share This Page