Bacaan Kalimat Syahadat Latin, Arab, dan Artinya

Discussion in 'Education' started by Biduan Hot, Oct 30, 2017.

  1. Biduan Hot

    Biduan Hot New Member

    Joined:
    Jan 21, 2017
    Messages:
    49
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Bacaan Kalimat Syahadat Latin, Arab, dan Artinya - Syahadat adalah asas serta dasar dari lima rukun islam, dan juga menjadi landasan, ruh, atau inti dari seluruh ajaran agama Islam. Kalimat syahadat berasal dari kata Syahida dalam bahasa Arab yang memiliki makna "Ia telah menyaksikan". Didalam agama Islam, kalimat tersebut merupakan sebuah pernyataan atas kepercayaan sekaligus menjadi pengakuan akan keesaan Tuhan (Allah) dan Muhammad menjadi rasul-Nya.

    Makna kalimat syahadat itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu sebagai pengakuan ketauhidan dan pengakuan kerasulan. Pengakuan ketauhidan adalah seorang umat muslim hanya mempercayai Allah SWT sebagai satu - satunya Allah dan tiada Tuhan yang lain selain Allah. Hal tersebut terdapat kandungan pada kalimat syahadat yang pertama. Sedangkan pengakuan kerasulan adalah seorang muslim menyakini jika ajaran Allah SWT yg disampaikan melalui Rasul Allah yaitu Muhammad. Yang terdapat pada kalimat syahadat yang kedua.

    Dan adapula beberapa hal yang membatalkan syahadat itu sendiri, adapun hal - hal yang membatalkan syahadat diantaranya adalah segala macam hal yang mengandung pengingkaran terhadap Rubiyah Allah, seperti mempercayai jika pencipta dan pengatur alam ini adalah selain Allah. Kemudian segalam macam hal yang mengandung pencercaan terhadap Nama - Nama Allah serta sifat - sifat-Nya, seperti mengakui jika Allah SWT memiliki anak, istri, atau Allah tidur, mengantuk, mati, serta lengah.

    Dan yang ketiga adalah segalam macam hal yang mengandung pencercaan terhadap Ululhiyah-Nya, seperti menyakini jika ada sesuatu selain Allah yang berhak untuk disembah atau diibadahi. Dan yang terakhir adalah segalam macam hal yang mengandung pengingkaran terhadap Risalah atau Rasulullah SAW ataupun pencercaan terhadap para sahabatnya, seperti mencerca kejujuran, amanah, iffah, kesalehan akalnya, dll.

    Oleh karena itu, dua kalimat syahadat itu sendiri sering digunakan sebagai salah satu dzikir setelah sholat supaya kita selalu mengingat akan keagungan Allah SWT dan mengingat ajarannya yang disampaikan melalui Rasul-Nya. Adapun untuk bacaan kalimat syahadat itu sendiri adalah sebagai berikut.

    Kalimat Syahadat Latin, Arab, dan Artinya

    [​IMG]

    Demikian itu untuk Bacaan Kalimat Syahadat Latin, Arab, dan Artinya yang sekiranya dapat diberikan untuk hari ini, mudah - mudahan saja sedikit penjelasan mengenai kalimat syahadat yang baru saja disampaikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat serta menambah pengetahuan bagi agan - agan.
     
Loading...

Share This Page