Bacaan Talbiyah Haji Dilengkapi Latin dan Artinya

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Dec 16, 2019.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kabar baik untuk teman-teman semuanya. Beberapa waktu yang lalu kami mendengar murid-murid sekolah dasar dekat rumah mau mengadakan kegiatan manasik ibadah haji. Acara itu hendak dilakukan di sebuah lapangan sepak bola dekat sekolah tersebut. Mendengar kegiatan manasik dilakukan menjadikan saya sendiri tertarik untuk melihatnya. Bahkan para tetangga pun ingin pula untuk menyaksikan prosesi acaranya dari awal hingga akhir. Sangat menarik kata mereka. Kebetulan acaranya dilaksanakan saat hari libur.

    Akhirnya, kami luangkan waktu untuk melihat acara manasik anak-anak sekolah dasar itu. Dimulai dari pagi hari sebelum jam tujuh. Mungkin saja panitia memilih waktu sepagi mungkin guna menghindari panasnya terik matahari. Kalau sudah jam sembilan ke atas maka sudah panas sekali sinar mataharinya. Kasihan anak-anak yang masih kecil itu. Dari waktu setelah shalat subuh terlihat panitia sudah mendirikan replika kabah, dan sebagainya. Lengkap sekali pokoknya. Hingga sound system pun disediakan di lokasi manasik. Sehingga segala pengumuman dan panduan seluruh acara dapat didengar dengan baik oleh peserta.

    Acara pertama yakni menyiapkan pakaian ihram. Seluruh peserta sudah siap tentunya. Cara memakainya pun diperagakan secara detail. Hingga kami penonton saja sangat paham tentan pemakaiannya. Meski kami tidak praktek pada saat itu. Lalu diperagakan bagaimana melakukan sa'i atau lari-lari kecil dari bukit shafa ke marwah sebanyak tujuh kali. Diawali dari bukit shafa dan diakhiri di bukit marwah. Kemudian bagaimana cara melakukan thawaf. Mengelilingi kabah tidak ada caranya juga. Seperti arah dan posisi badan kita. Tidak ketinggalan tentang bacaan lafazh talbiyah di dalam haji. Ini yang sering kita dengar di berbagai kesempatan. Lafazhnya yaitu:

    لَبَّيْكَ اللّٰهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ،
    إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ

    LABBAIKALLAHUMMA LABBAIK, LABBAIKA LAA SYARII KALAKA LABBAIK, INNAL HAMDA WANNI'MATA LAKA WAL MULK, LAA SYARIIKALAK.
    Artinya :
    Aku memenuhi panggilan-Mu, ya Allah aku memenuhi panggilan-Mu. Aku memenuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya pujaan dan nikmat adalah milik-Mu, begitu juga kerajaan, tiada sekutu bagi-Mu.

    Ketika membaca kalimat atau bacaan talbiyah haji tersebut, para lelaki disunahkan untuk mengeraskan suaranya. Memang tidak terlalu panjang. Mudah sekali untuk dihafalkan. Untuk pengamalannya nanti saat melakukan ibadah haji ke tanah suci. Khusus untuk teman-teman yang sudah mau berangkat ibadah haji dalam waktu dekat maka biasanya sudah mengikuti kegiatan bimbingan khusus. Umumnya dari setahun sebelumnya sudah dimulai.

    Kembali ke cerita kami tadi. Anak-anak pun terlihat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Hingga hari mulai siang mereka tidak terlihat kelelahan. Tetapi semakin bersemangat. Namun, panitianya terlihat sudah memiliki jadwal tersendiri. Artinya pukul sepuluh harus sudah selesai acaranya. Dan memang tepat sekali pelaksanaan acara tersebut. Kami pun yang menjadi penonton merasa berterima kasih dan merasa senang karena mendapatkan ilmu yang baru. Semoga pula sedikit cerita kami ini juga bermanfaat untuk para pembaca yang berbahagia. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
     
Loading...

Share This Page