Bagaimana Cara Anda Memotivasi Anak Untuk membaca

Discussion in 'Science' started by Margareth, Jan 8, 2017.

  1. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Thread kali mungkin sangat bermamfaat kita bahas bersama. Jaman sekarang minat baca buku warga kita sudah sangat rendah. Kita di jejali dengan Acara TV yang mungkin menarik. Permainan Game yang bisa membuat kecanduan luar biasa.
    Buku bacaan anak.jpg
    Salah satu contoh ujian untuk anak. Mengikuti jaman dan sinetron dalam negeri. Berikan Opinimu......

    Kepanakan saya pernah tidak mandi 3 hari hanya karena main. Sehingga seisi rumah menjadi bau bangke. Bukan apa-apa, kebetulan ponakan saya berbadan gemuk (maaf ya, yg merasa gemuk). Sehingga baunya agak terlaluuuuu....

    Yang paling parah, anak-anak jaman sekarang lebih senang menggunakan smartphone daripada membaca buku bacaan anak yang sesuai dengan umur mereka. Dan yang paling parah adalah Anak-anak SD jaman sekarang udah genit-genit, udah ngomong masalah cinta.

    Teman-teman yang sudah memiliki anak, Bagaimana cara anda untuk memotivasi anak agar rajin membaca?

    Pertanyaan ini juga berlaku sama teman-teman yang belum punya anak. Coba ingat-ingat, bagaimana cara orang tua anda untuk memotivasi anda agar rajin membaca.

    Di satu sisi, saya agak kaget juga. Mata pelajaran dan pembahasannya, menurut saya, sudah berat dan sulit. Yang paling aneh lagi, kurikulum tersebut berbeda dengan kurikulum dari Pemerintah.

    Saya pernah baca matematika anak kelas 3 SD, kebetulan keponakan saya sekolah di SD Swasta, agak shock juga. Pembahasan materinya, menurut saya Kelas SMP. hehehe.

    Buku bacaan anak seharusnya, masih seputar pengenalan yang dilengkapi dengan gambar illustrasi yang menarik. Bukan buku bacaan yang melulu hanya teks. Mungkin sebagian anak bisa memahami.

    Nah, Apa buku bacaan anak yang tepat untuk anak yang masih berumur 5-10 tahun. Dalam hal ini kita membahas buku bacaan umum. Karena buku sekolah sudah disesuaikan dengan kurikulum anak di sekolahnya. Mari beri masukan yang baik dan menarik, Terima kasih
     
    Last edited: Jan 9, 2017
  2. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,416
    Likes Received:
    197
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Pelajaran sekolah di Indonesia tiap tahun makin sulit aja yah :( Tidak bisa membayangkan bagaimana anak-cucu kita nanti dengan kurikulum yang semakin rumit ~ menghadapi beratnya pelajaran sekolah. Ditambah lagi rayuan moderenisasi yang membuat anak malas membaca.

    Sebenarnya anak bukan malas membaca, ia lebih senang mempelajari apa yang menurutnya menarik. Jadi tidak mungkin anak dipaksa untuk mengkonsumsi hal-hal yang tidak dia sukai. kalau membaca buku pelajaran sekolah yang dikemas mirip cerita dongeng mungkin akan membuat anak tertarik :D

    Kalau melihat ke negeri seberang, Firlandia sebagai negera yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Sekolah cuma 5 jam, tanpa PR & Ujian Nasional, kenapa pelajar di Finlandia bisa pintar?
    *boring*
     
  3. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Wkwkwkwwkwk, Disana pelajaran agama tidak terlalu banyak.....
    disini, dari sejak PAUD mpe Universitas masih belajar agama. Tapi Akhlaknya tidak kurang baikkk....wkwkkwkwk
     
  4. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,416
    Likes Received:
    197
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    iya hehehe.... ditambah lagi pelajaran di Indonesia tergolong berat, jadi motivasi anak untuk belajar kurang. Kalau dipaksakan akan jadi beban tersendiri dan mengurangi kreativitas berfikir. Anak tidak bisa berkreasi karena hanya terpatok pelajaran di sekolah yang agak menguras kerja otak. *tidak*
     
  5. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Di kota-kota besar, Sekolah pulang jam 3, abis itu les, Stress dah
     
  6. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,416
    Likes Received:
    197
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Hahahaha... karena kewajiban anak adalah belajar jadi mau gimana lagi hehe :D meskipun nilai yang baik belum tentu menentukan kesuksesan seseorang, tapi itu jadi salah satu pertimbangan untuk melamar kerja. Banyak pelajaran di sekolah yang tidak dipakai lagi ketika dewasa, bikin penuh memory :D
     
  7. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Inilah salah satu faktor, kenapa blogger Indonesia luar biasa banyak. Merasa tau, Jadi blogger copaser (metode edit), pada akhirnya Opportunis, agar bisa memenuhi kebutuhan. Idealisme hilang.

    Di forum ini, sepertinya hanya 1 orang yang idealis, yaitu pemilik Forum ini. Hahahahha
     
  8. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,416
    Likes Received:
    197
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Perlu banyak belajar dari beliau nih... Biar bisa konsisten dan punya tujuan yang jelas :D Saya masih sering terombang-ambing :D
     
  9. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,343
    Likes Received:
    149
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Ajak dialog, temenin ketika nonton, bacain buku yg menarik, jelaskan buku itu dgn menarik. Pancing untuk penasarn membaca. Tergantung minat. Anak saya semua suka baca. Yg paling minat, jadi hobi baca, yg minatnya olahraga, tetap kadang suka baca. Jadilah orang tua yg cerdas dan siap jadi role model.
     
    Margareth likes this.
  10. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Waah, kykna bakal Ayah Idaman nih...hehehe. Idaman anak dan Idaman Wanita...
     
  11. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    571
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    Aneh ,, seharusnya ya jangan dimasukan ke dalam soal test seperti itu ,, itu kan bukan sinetrin anak anak
     
  12. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Absurd memang kurikulum jaman sekarang...wkwkwkwk.
    malah, lagu2 SBY pernah di masukkan ke soal ujian, kyak ada aja yg denger lagu SBY
     
  13. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Ane juga punya adik perempuan, susah banget kalau disuruh belajar..Dia malah asik aja nonton sinetron yang gak mendidik gitu... Sampe" ane ubah aja channel tv yg ada sinetron nya itu :D
     
  14. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Itu mungkin karena kakaknya jarang baca buku...hahahha,
     
  15. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    hahaha iya juga sihh *ketawa4*
     
  16. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Cobalah baca2 buku di depannya, kemudian kasi buku bacaan yg tepat untuk adenya... mumpung masih kecil, jgn mpe kyk kakaknya....hihihiihi
     
  17. Galih P

    Galih P Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    103
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    pengaruh jaman skrg ngeri ya buat anak kecil*bingung*
     
  18. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    Pengawasan orang tua harus diperketat sihh
     
  19. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,326
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Belum punya anak sih jadi gatau :D
    Tapi ya dapet dari orang2.

    Dari kecil sudah dibiasakan dengan hal-hal baik, mengingatkan dengan cara yang lemah lembut tidak kasar. Kalau anak sudah kecanduan dengan hal2 yang kurang baik, ajak ke hal yang baik sedikit demi sedikit. Saat berhasil mencapainya kasihlah hadiah, setiap hadiah yang diberikan kasihlah sebuah motivasi agar tetap istiqomah berubah ke jalan yang baik.
     
  20. Galih P

    Galih P Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    103
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    harus pintar2 ortunya yg mendidik dan mengawasi
     
Loading...

Share This Page