Bagaimana Cara Mendidik Anak Yang Baik Menurut Islam

Discussion in 'General Lifestyle' started by makan7, Jan 17, 2017.

  1. makan7

    makan7 Member

    Joined:
    Jan 12, 2017
    Messages:
    103
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Bagaimana Cara Mendidik Anak Yang Baik Menurut Islam | Hari ini ane ingin mencoba memberikan sedikit tips cara mendidik anak buat agan-agan warga bersosial.com, barang kali saja diantara agan-agan ini ada yg baru memiliki seorang anak. Dan agan-agan ini masih merasa bingung dengan cara mendidik anak yang baik, oleh karena itu ane pengin bantu agan-agan sekalian dengan memberikan pembahasan cara mendidik anak ini.

    Anak sendiri adalah keuturan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umatnya sebagai generasi penerus kita nantinya, oleh karena itu, setiap orang tua memiliki tanggung jawab yang besar untuk mendidik anak - anaknya tersebut. Karena dengan kita memiliki generasi penerus yang memiliki baik dalam hal batin dan lahir, maka hal tersebut pastinya akan membuat para orang tuanya menjadi bangga.

    Dan supaya anak-anak kita nantinya menjadi seorang yang berguna bagi bangsa dan negara, pastinya kita harus mengawalinya mulai dari sejak dini. Karena pendidikan terpenting bagi seorang anak ialah pendidikan semasa kecil dirumah. Apa yang orang tua ajarkan kepada anak-anaknya tersebut merupakan hal-hal yang nantinya akan dibawa oleh sang anak hingga dewasa nantinya, oleh karena itu para orang tua harus berhati-hati dalam mendidik anak dirumah.

    Untuk cara mendidik anak yang akan ane berikan hari ini bisa diterapkan untuk anak laki-laki dan perempuan, sehingga untuk agan-agan yang punya anak laki atau perempuan bisa menggunakan cara mendidik yang akan ane berikan untuk hari ini. Bagi anda yang sekiranya ingin mengetahui secara lengkap bagaimana cara mendidik anak yang baik yg akan ane sajikan hari ini, silahkan saja bagi agan-agan untuk langsung melihat selengkapnya dibawah ini.

    [​IMG]
    Cara Mendidik Anak Yang Baik Menurut Islam

    Memperkenalkan Ilmu Tauhid

    Hal paling penting dalam cara mendidik anak ialah dengan memperkenalkan ilmu tauhid kepada anak-anak sejak dini. Kita dapat memperkenalkan kepada anak-anak sejak dini kalimat tauhid yaitu "Laila Ha Illallah". Kemudian kita juga dapat memperkenalkan kepada anak-anak kalimat "Muhammad Rasulullah".

    Dalam sebuah sabda Rasulullah SAW yg bunyinya :"Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat "Lailaha-illallah". Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah "lailaha-illallah".

    Memperkenalkan Cara Beribadah

    Jika usia anak tersebut sudah memasuki 5 hingga 7 tahun, maka mulailah perkenalkan kepada anak bagaimana cara beribadah. Seperti misalnya cara mengerjakan shalat dan cara berpuasa. Karena pada usia tersebut, sang anak sudah mulai dapat menghafalkan apa yang telah dilihatnya, sehingga alangkah baiknya jika kita mulai memperkenalkan bagaimana cara beribadah kepada sang anak.

    Dan pada saat usia sang anak memasuki usia 9 tahun, mulailah ajari mereka bagaimana cara beribadah yang benar. Mulai dari tata cara berwudhu sampai dengan tata cara shalat yang benar.

    Memperkenalkan Ibadah Yang Wajib dan Sunnah

    Dan pada saat anak sudah mulai menginjak usia lebih dewasa lagi, mulailah para orang tua untuk mengajarkan kepada anak-anaknya ibadah-ibadah apa saja yang wajib untuk dikerjakan dan juga yang sunnah. Kemudian berilah pula contoh untuk ibadah-ibadah yang wajib dikerjakan dan yang sunnah. Sehingga pada saat dewasa nanti, sang anak sudah mengetahui macam-macam ibadah yang wajib dan sunnah.

    Memberikan Hak Syariat Islam

    Diakikahkan, salah satu hak anak ketika lahir adalah di akikah (bagi anak perempuan satu ekor kambing, dan anak laki-laki dua ekor kambing). Kemudian bisa juga dengan memberikan nama-nama anak sesuai dengan nama islami. Lalu memberikan warisan yang halal kepada sang anak, merupakan salah satu hak syariat islam. Karena sebuah harta warisan yang tidak halal tentunya tidak akan baik nantinya buat si anak tersebut.

    Dengan agan-agan menerapkan pendidikan seperti cara mendidik anak menurut islam yang baru saja ane berikan diatas tadi, Insya Allah anak-anak agan nantinya akan menjadi anak yang soleh dan solehah. Karena sejak kecil anak-anak agan itu sudah dikenalkan dengan ilmu - ilmu agama Islam. Mungkin sekian dulu untuk pembahasan mengenai Bagaimana Cara Mendidik Anak Yang Baik, jangan lupa buat komen dan likenya buat agan-agan yang suka thread ane yah. :D :D :D
     
  2. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    460
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    makasih gan atas infonya,, panduan untuk zaman yang udah krisis ahlak...
     
Loading...

Share This Page