Bagaimana cara menggunakan Gamme?

Discussion in 'General Internet' started by iswahyudi, Aug 1, 2016.

  1. iswahyudi

    iswahyudi Member

    Joined:
    Jun 29, 2016
    Messages:
    117
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Saat ini, Anda dapat melakukan migrasi semua data email, kontak, dan kalender pengguna dari server Microsoft Exchange dengan menggunakan GAMME. Pasti Anda akan bertanya-tanya apakah GAMME itu, GAMME atau Google Apps Migration for Microsft Exchange. Dengan Google Apps Migration for Microsft Exchange adalah utilitas untuk memigrasikan data email, kalender, dan kontak dari server Exchage yang telah Anda gunakan atau dengan menggunakan email dari akun Google Aps.

    [​IMG]

    Saat ini, Anda dapat melakukan migrasi email dari hampir semua jenis server seperti, Novell GroupWise, serta dari akun Gmail lainnya. Selain itu Anda juga dapat menjalankan proses migrasi data pengguna dengan cara sekaligus dan bersamaan. Apakah Anda termasuk orang yang sudah melakukan migrasi data dengan cara ini?

    Bila Anda sudah memulai melakukan migrasi dengan cara ini, semua data dari server IMAP, seperti Gmail, Cyrus, atau server IMAP lainnya yang sesuai, Google Apps Migration for Microsft Exchange (GAMME) akan segera mengakses server IMAP yang ada dan selanjutnya semua data email akan diambil dengan menggunakan protokol IMAP. Tahapan selanjutnya Gamme akan mengunggah semua data tersebut ke dalam kotak surat Google Apps yang akan ditentukan menggunakan API Gmail.

    Lalu bagaimana caranya GAMME mengambil data dari server IMAP sumber?

    Langkah pertama sangatlah mudah, Anda hanya cukup memasukkan nama host atau dengan memasukan alamat IP server Anda (misalkan, imap.gmail.com) dan jangan lupa Anda juga harus menyertakan nama pengguna serta sandi setiap pengguna pada server sumber dengan file CSV.

    Jadi ketika proses migrasi akan berlangsung, GAMME akan terhubung langsung ke hostname/ alamat IP Anda dan kemudian GAMME akan masuk ke setiap akun pengguna menggunakan nama pengguna dan sandi yang telah Anda sertakan dengan file CSV sebelumnya.

    Proses masuknya IMAP dan proses pengambilan data dapat dikatakan sama persis seperti menyinkronkan akun email ke klien email apapun, seperti Thunderbird atau Micrososft Outlook melalui IMAP. Anda cukup menentukan hostname dan nama pengguna serta sandi (di file CSV Anda), lalu GAMME (seperti Thunderbird, Outlook, atau klien email pihak ketiga apa pun) akan mengakses akun dan mengambil semua data melalui IMAP.

    Setelah pesan diambil melalui IMAP, GAMME akan menerjemahkan pesan tersebut dari IMAP ke MIME, lalu dengan API Gmail semua pesan tersebut akan di unggah ke kotak surat Google Apps yang telah ditentukan.

    Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara kerja Google Apps Migration for Microsft Exchange (GAMME).

    Sumber
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,143
    Likes Received:
    2,703
    Trophy Points:
    413
    Duh, gagal fokus. Saya pikir GAME... *malu1*
     
  3. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,766
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    nyimak aja deh, ga terlalu guna juga :D
     
  4. iswahyudi

    iswahyudi Member

    Joined:
    Jun 29, 2016
    Messages:
    117
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Haha, dibaca dulu kang andre :D


    Memang tidak terlalu berpengaruh kalau diliat dari sisi individualnya
     
Loading...

Share This Page