Bagaimana Cara Menjaga Kepercayaan Para Pelanggan OlShop?

Discussion in 'General Internet' started by nadyadpsl, Jul 2, 2014.

  1. nadyadpsl

    nadyadpsl Member

    Joined:
    May 13, 2014
    Messages:
    105
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Dalam bisnis online, kepercayaan konsumen merupakan penentu kesuksesan. Semakin tinggi kepercayaan mereka maka semakin besar pengaruh positif khususnya terhadap omzet penjualan. Mengingat, saat berbelanja online pembeli hanya berlandaskan rasa percaya terhadap apa yang mereka lihat dan informasi dari sang penjual atau pemilik online shop.

    [​IMG]

    Mereka tidak bisa melakukan pengecekan produk yang diinginkan secara keseluruhan seperti saat belanja offline atau pergi ke tokonya langsung. Cukup melihat-lihat gambar yang ada di website online shop, kemudian mentransfer sejumlah uang dan menunggu barang sampai di rumah. Jika ternyata mereka dibuat kecewa, mereka tak bisa berbuat apa-apa selain komplain. Setelah itu, mereka akan mengumbar kekecewaan mereka kepada orang lain. Akhirnya, online shop yang disebutkan bisa kehilangan pembeli akibat kehilangan kepercayaan. ​

    Untuk menghindari dampak tersebut, para pelaku bisnis online harus pandai menjaga kepercayaan konsumen. Berikut tips menjaga kepercayaan konsumen agar mereka tetap loyal terhadap bisnis online Anda.

    1.Jaga komunikasi
    [​IMG]

    Para pembeli di online shop biasanya cukup rewel karena mereka takut akan resiko penipuan. Jadi, jangan sampai membuat mereka curiga karena Anda susah dihubungi. Prioritaskan menanggapi pertanyaan mereka baik di sms, aplikasi chatting atau jejaring sosial. Jika kondisinya tidak memungkinkan untuk menjawab telepon atau sms mereka dengan cepat, maka konfirmasi setelah Anda tidak sibuk.

    2.Beri informasi yang lengkap dan jelas
    [​IMG]

    Pembeli tentu tidak mau dibuat kecewa setelah membeli barang dari sebuah online shop. Jadi, beri informasi yang lengkap dan jelas terkait produk yang dijual. Tapi, jangan berlebihan atau membohongi mereka. Sekali saja mereka kecewa, mereka tidak akan kembali berbelanja di online shop Anda.

    3.Posting testimoni dari pelanggan
    [​IMG]

    Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Dalam catatan testimoni tersebut menunjukan bahwa produk yang dijual tidak mengecewakan baik dari segi kualitas maupun pelayanan.

    4.Beri garansi
    [​IMG]
    Garansi yang dimaksud adalah penggantian terhadap barang yang cacat atau rusak ketika sudah sampai di tangan pembeli. Dengan begitu, mereka akan beranggapan bahwa Anda bersikap profesional dan 100% melayani pembeli.

    5.Bersikap peduli
    [​IMG]
    Dalam hal ini, Anda perlu melakukan tanya jawab sederhana terkait produk serta pelayanan yang sudah Anda berikan kepada pelanggan. Apakah mereka puas atau kecewa. Sehingga, mereka akan merasa dipedulikan karena Anda bersedia menerima kritik atau saran demi perbaikan ke depan.

    Sumber : http://www.citydirectory.co.id/

    Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga online shop Anda semakin laris.

     
  2. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    Bagus nih informasinyaa.. setidaknya bisa menambah ilmu :)
     
  3. Baitussalam

    Baitussalam Member

    Joined:
    Jul 9, 2014
    Messages:
    87
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Anggap customer anda adalah customer loyal anda selamanya. Lifetime customer :)
     
  4. baju bola

    baju bola New Member

    Joined:
    Jul 13, 2014
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    salam...
    salam kenal dari newbie...
    mungkin bisa juga ditambahkan alamat gerai / toko maupun domisili tempat usahanya, karena saya pernah ngalamin beli produk olahraga yang tidak sesuai dengan foto dan spek yang ditawarkan
    regards
     
  5. exabytes-id

    exabytes-id Member

    Joined:
    Oct 3, 2013
    Messages:
    866
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Ini nih yang sangat mujarap. Pelanggan sangat suka diperhatikan, apalagi dianggap nomor 1. Nice share gan. Tks
     
  6. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    899
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    kalau saya sll menghubungi customer hanya sekedar u/ basa-basi aja, tapi hal itu sangat bagus u/ menjaga hubungan dgn customer
     
  7. debays

    debays Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    1,409
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    48
    setuju, pelanggan adalah raja.
     
  8. Devita

    Devita Active Member

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    1,196
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Kalau kita service maximal, pelanggan bakalan krasan.
     
  9. exabytes-id

    exabytes-id Member

    Joined:
    Oct 3, 2013
    Messages:
    866
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Intinya memberi perhatian kepada customer agar mereka merasa nyaaman dengan kita :)
     
  10. Leni Fitriani

    Leni Fitriani Member

    Joined:
    Jul 14, 2015
    Messages:
    210
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    memberikan garansi dan no hp yang bisa dijadikan konsultasi
     
  11. ihsan mufthi

    ihsan mufthi Member

    Joined:
    Feb 5, 2015
    Messages:
    343
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    28
    dan yang paling no 1 den... jujur...,, tampilkan selengkap-lengkapnya mengenai produk kita dan apa adanya gak terlalu bombastis seperti kebanyakan sales letter para affiliater :cool:
     
  12. DonMafioso

    DonMafioso New Member

    Joined:
    Oct 27, 2015
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sebisa mungkin berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Karena pelanggan akan merasa puas dan merekomendasikan online shop kepada orang lain bahkan pelanggan pasti mau datang kembali ke online shop bersangkutan jika pelanggan berhasil mendapatkan pelayanan yg memuaskan dari seller online shop
     
Loading...

Share This Page