Bagaimana proses dilakukannya hipnoterapi

Discussion in 'General Lifestyle' started by xpoisonholic, Jun 14, 2015.

  1. xpoisonholic

    xpoisonholic Member

    Joined:
    Sep 30, 2013
    Messages:
    46
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Sangat banyak yang menginginkan perubahan agar lebih baik, baik ingin menjadi lebih percaya diri, ingin dapat beristirahat dengan nyenyak, ingin dapat hidup dengan sehat dan nyaman,dsb. Hipnoterapi dapat membantu untuk mencapainya dengan metode terapi psikologis yang diakui oleh World Health Organization : WHO. Sekedar pengetahuan, hipnoterapi adalah sebuah metode terapi psikologis yang ditemukan oleh pakar kejiwaan dan psikologi di Amerika dan Eropa kemudian seiring berkembangnya ilmu terapi psikologi akhirnya dapat diterima oleh masyarakat indonesia sekitar tahun 2000-an.

    Berikut adalah tahapan dan proses metode terapi yang pada tahun 1955 diakui oleh British Medical Assosiation ini, dan Tahapan dalam proses hipnoterapi diantaranya :

    1. INTERVIEW

    Intake interview merupakan proses untuk menggali permasalahan yang dialami oleh klien, pada tahap ini terjadi tanya-jawab dari terapis kepada klien untuk menemukan akar masalah. Kemudian ahli yang memberikan terapi hipnosis atau disebut dengan Hipnoterapis memberikan pemahaman terhadap persalahan yang di hadapi oleh klien dan menjelaskan teknik dan proses hypnosis.

    2. PROSES HIPNOTERAPI


    Dalam proses hipnoterapi ini terbagi menjadi 4 yang pertama adalah :

    a. Induksi
    Induksi ialah proses untuk mengajak klien memasuki kondisi hipnosis atau sebuah kondisi yang terfokus dan rileks yang memiliki tingkat menerima sugesti atau saran yang tinggi. Induksi yang digunakan ialah induksi yang sesuai dengan karakter dan tingkat sugestibilitas klien.

    b. Deepening
    Setelah klien memasuki kondisi rileks, kemudian klien dibimbing untuk memasuki kondisi hipnosis secara mendalam. Biasanya hipnoterapis menggunakan hitungan mundur atau dibimbing menuju sebuah imajinasi yang menciptakan suasana nyaman.

    c. Hipnoterapetik Teknik
    Dalam hipnoterapi ada puluhan hingga ratusan teknik hipnoterapi yang dipergunakan untuk beberapa klien tergantung dari karakter dan tingkat sugestibilitasnya. Seorang hipnoterapis harus lihai dalam memilih teknik-teknik yang sesuai untuk dipergunakan dalam terapi, termasuk anchoring dan direct suggestion.

    d. Terminasi
    Setelah selesai memberikan teknik hipnoterapi, klien dibimbing untuk kembali pada kondisi normal dan diakhiri proses hipnoterapi

    3. KONSELING DAN EVALUASI


    Pada sesi terakhir ini, hipnoterapis klien dan hipnoterapis berdiskusi untuk membentuk sebuah kebiasaan baru yang biasanya hipnoterapis memberikan tugas yang harus dilakukan agar tercipta kebiasaan dan pola pikir baru.

    Sumber artikel : https://hipnoterapijogjakarta.wordpress.com/2015/06/14/tahapan-dalam-proses-hipnoterapi/


    oleh : klinik hipnoterapi jogja
     
Loading...

Share This Page