Bagaimana Puasa Bermanfaat Untuk Fungsi Otak ?

Discussion in 'General Internet' started by toniiantoniio, May 9, 2019.

  1. toniiantoniio

    toniiantoniio Member

    Joined:
    May 10, 2018
    Messages:
    55
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Bagaimana Puasa Bermanfaat Untuk Fungsi Otak ?

    [​IMG]


    Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan saraf Mark Mattson dan lainnya, memotong asupan energi Anda dengan berpuasa beberapa hari dalam seminggu dapat membantu otak Anda menangkal penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson, sementara pada saat yang sama meningkatkan daya ingat dan suasana hati.

    Studi-studi Mattson telah dibangun di atas penelitian puluhan tahun yang membangun hubungan antara asupan kalori dan fungsi otak.

    Dalam percobaan laboratorium, Mattson dan rekan-rekannya telah menemukan bahwa puasa intermiten — membatasi asupan kalori setidaknya dua hari seminggu — dapat membantu meningkatkan koneksi saraf pada hippocampus sambil melindungi neuron terhadap akumulasi plak amiloid, protein yang lazim pada orang dengan penyakit Alzheimer.

    “Berpuasa adalah tantangan bagi otak Anda, dan kami pikir otak Anda bereaksi dengan mengaktifkan respons stres adaptif yang membantunya mengatasi penyakit,” kata Mattson.

    “Dari perspektif evolusi, masuk akal otak Anda harus berfungsi dengan baik ketika Anda belum bisa mendapatkan makanan untuk sementara waktu.”

    Dia menjelaskan bahwa setiap kali Anda makan, glukosa disimpan dalam hati Anda sebagai glikogen, yang membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 12 jam untuk habis.

    Setelah glikogen habis, tubuh Anda mulai membakar lemak, yang diubah menjadi tubuh keton, bahan kimia asam yang digunakan oleh neuron sebagai energi.

    Keton mempromosikan perubahan positif dalam struktur sinapsis yang penting untuk pembelajaran, memori, dan kesehatan otak secara keseluruhan.

    Tetapi jika Anda makan tiga kali sehari dengan camilan di antaranya, tubuh Anda tidak memiliki kesempatan untuk menghabiskan simpanan glikogen di hati Anda, dan keton tidak diproduksi.

    Mattson mengatakan olahraga juga dapat membuat tubuh Anda menurunkan kadar glikogennya, dan tidak secara kebetulan, olahraga terbukti memiliki efek positif yang sama pada kesehatan otak seperti puasa.

    Yang menarik, Profesor Mattson menguraikan reaksi otak terhadap puasa intermiten adalah reaksi yang sama dengan yang harus dilakukan pada olahraga teratur.

    Kedua aktivitas mempengaruhi peningkatan produksi protein di otak, yang kemudian mendorong pertumbuhan dan koneksi neuron dan memperkuat sinapsis.

    Kedua praktik ini juga merangsang produksi sel saraf di hippocampus, merangsang produksi keton (“bensin” untuk neuron) dan meningkatkan jumlah mitokondria di dalam neuron, yang pada gilirannya membantu neuron untuk mempertahankan koneksi mereka.

    Semua ini memiliki efek bersih meningkatkan memori dan meningkatkan kemampuan belajar.

    Dia juga mengatakan ada beberapa indikasi “puasa intermiten meningkatkan kemampuan sel-sel saraf untuk memperbaiki DNA.”

    Jika ini masalahnya, mungkin menjadi topik yang baik bagi penelitian untuk berkonsentrasi ketika memeriksa langkah-langkah pencegahan dan kemungkinan kondisi perawatan seperti Dystonia dan Demensia.

    Bahkan, menurut Profesor Mattson, beberapa penelitian yang telah dilakukan di ruang ini telah menunjukkan hasil positif.

    Salah satu aspek penelitian yang sangat menarik untuk dicatat adalah bahwa manfaatnya tidak terkait dengan pembatasan kalori secara umum, tetapi dengan periode puasa intermiten tertentu yang disengaja.

    Sumber : http://bit.ly/2Jd6SJx
     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,138
    Likes Received:
    75
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Manfaat puasa memang luar biasa
    dari sedikit pengamatan saya tentang anak yang rajin puasa diluar puasa wajib, biasanya anaknya cerdas dan daya ingatnya kuat
     
  3. teknolime

    teknolime Member

    Joined:
    Aug 23, 2018
    Messages:
    107
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    memang hebat sih. Sudah sejak zaman Nabi dulu menjelaskan, bahwa memang puasa bisa menyehatkan tubuh dan juga fikiran.
     
  4. Bunga Almira

    Bunga Almira New Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Ternyata, manfaat puasa banyak ya selain mendapat pahala dan membuat tubuh sehat, juga membuat kita cerdas.
     
Loading...

Share This Page