Bagaimana sih Proses Pembentukan Urine?

Discussion in 'Health & Medical' started by Aldi Sutanto, Jun 25, 2020.

Tags:
  1. Aldi Sutanto

    Aldi Sutanto Member

    Joined:
    Aug 19, 2014
    Messages:
    375
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Pernahkah kamu memikirkan bagaimana proses buang air kecil bisa terjadi? Sehari-hari kita selalu melakukan buang air kecil tanpa kita tahu apa yang menyebabkan terbentuknya urine. Nah, proses pembentukan urine rasanya wajib kita ketahui untuk menambah pengetahuan kita mengenai tubuh kita sendiri. Tahukah kamu jika urine terbentuk dari sisa metabolisme hasil proses penyaringan yang dilakukan oleh ginjal. Bisa dibilang urine merupakan cairan yang harus dikeluarkan dari tubuh agar tubuh bisa terbebas dari racun. Ada 3 tahap proses pembentukan urine yang mesti kamu ketahui, yuk kita cek di bawah:

    [​IMG]

    Penyaringan

    Istilah penyaringan ini biasa disebut dengan istilah filtrasi. Penyaringan ini terjadi akibat ginjal yang menyaring sisa metabolisme yang ada pada tubuh. Sisa metabolisme ini jika dibiarkan akan menjadi racun sehingga wajib dikeluarkan dari tubuh. Darah akan memasuki area yang namanya arteriol aferen yang akan mengalir ke glomerulus. Nah, komponen darah yang berhasil disaring ini akan menuju ke dalam glomerulus sehingga 20 persen dari total darah akan keluar dari urine.

    Penyerapan kembali

    Setelah melewati proses filtrasi, langkah selanjutnya adalah penyerapan kembali atau reabsorpsi dimana molekul ini akan terserap kembali ke dalam darah. Proses pembentukan urine ini akan melewati nefron dan saluran pengumpul. Maka dari itu hasil dari proses pembentukan urine dinamakan dengan urine sekunder.

    Pengeluaran

    Tahap ini merupakan tahap terakhir dalam tubuh manusia. Proses yang terakhir ini akan menghasilkan urine dan merupakan cara tubuh menjaga keseimbangan pH tubuh serta kadar asam dan basa tubuh. Maka dari itu urine akan keluar dan tersimpan di dalam kantung kemih dan keluar lewat buang air kecil.
     
Loading...

Share This Page