Bagaimana Strategi Backlink Pasca Update Penguin 4.0 ?

Discussion in 'Internet Marketing' started by Muhammad Subkhan, Oct 23, 2016.

  1. Muhammad Subkhan

    Muhammad Subkhan New Member

    Joined:
    Feb 27, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    3
    Selamat Pagi sobat Bersosial semua, kali ini, saya ingin mengupas apa yang diinginkan sebenarnya oleh Penguin 4.0 dalam SEO dan apakah kita harus takut atau malah bangga dan bersyukur dengan dampak yang diakibatkan lahirnya Penguin 4.0 ini.

    Ada 2 hal pokok yang diumumkan oleh Google Penguin 4.0 September lalu bahwa :

    • Sekarang Penguin 4.0 mengintip halaman blog anda secara real time, kabar baiknya adalah jika saat ini banyak yang sudah terlanjur memperlakukan blog atau web page dengan perlakuan blackhat SEO atau low-quality SEO, namun masih saja belum terlihat adanya pemulihan setelah menghapus atau menolak semua backlink spam, kini ada harapan baru agar blog yang terkena penalty penurunan ranking akibat web spamming bisa pulih seperti sedia kala. Dengan real time update, secara otomatis blog atau web yang terkena dampak akan direcovery kembali dengan melakukan recrawling dan reindexing.
    • Penguin 4.0 lebih granular. kata kiasan "granular" ini saya cari di kamus yang artinya menyerupai butiran butiran kecil. Jika yang dimaksud granular adalah efek penguin hanya pada halaman tertentu saja (piece per piece/halaman per halaman) bukan pada keseluruhan halaman web, ini juga angin bagus namun rasa penasaran ini hanya waktu yang bisa menjawab sambil menunggu impactnya terhadap blog atau web kedepan.
      [​IMG]
    Lalu masih pentingkah link building dalam membangun rangking blog ?
    Dari referensi yang saya telusuri memang google masih memperhitungkan link sebagai salah satu faktor dalan mempengauhi rangking, namun baik John Mueller, Gary Illyes dan Matt Cutts juga memperingatkan hanya fokus pada marketing dan strategi SEO saja. Segala hal yang berhubungan dengan link building tampaknya tidak berbeda jauh dengan sebelumnya. Link harus ada relevansinya dengan membuat anchor text lebih bervariasi agar terlihat lebih natural jika tidak itulah link spamming. Apalagi jika membangun link lebih ekstrem lagi seperti backling massal tanpa filtering, backling dari website yang tidak punya authority, submit link directory, link exchange, paid link atau sejenisnya. Semuanya tentu akan merusak reputasi web dan pasti Google sudah siap untuk menghukumnya.

    Sebenarnya apa yang diinginkan Google dengan lahirnya Penguin 4.0 ?
    Dari update Google Penguin 4.0 kali ini tampaknya akan membabat habis dan disuruh bertobat dengan melakukan aktifitas link spamming ( memanipulasi link) dan menginginkan sepenuhnya fokus pada konten berkualitas, link berkualitas sehingga melahirkan web yang berkualitas.

    • Dari launching Google Penguin 4.0 sebenarnya google menginginkan harus mengkreasi web yang berkualitas.
    • Dari Link Scheme, menginginkan terciptanya link dari konten yang berkualitas, alami dan unik.
    • Dari Google Webmaster , menginginkan agar fokus pada web yang menarik dan menakjubkan.
    Lalu strategi yang bagaimana untuk SEO dan link building pasca update Penguin 4.0 ?
    Banyak saran yang direkomendasikan oleh para pakar SEO baik dari sono maupun dari dalam negeri sendiri yang saya rangkum dan tentu masih berhubungan dengan update penguin 4.0 :
    • RohadiRight.com menyarankan dalam membangun link hendaknya sesuai dengan seniche dengan niche blog atau webmilik kita, imbangi dengan backlink nofollow agar lebih variatif dan aman, jangan terlalu banyak anchor text yang merujuk pada satu kata buat lebih bervariasi dan natural, imbangi dengan Brand keyword, naked url, LSI keyword, partial match anchor text, long tail keyword, generic keyword. Gunakan contextual backlink dan hindari sidewide backlink ( backlink yang diterima langsung massal dari 1 website).
    • Searchengineland.com melihat pentingnya kualitas dalam membangun konten, mengetahui backlink competitor dengan mengintensifkan riset backlink, guestposting juga tetap menjadi prospek mendulang backlink.
    Kesimpulan :
    Dengan update Penguin 4.0 yang kabarnya sebagai update terakhir, google benar benar menginginkan konten yang berkualitas yang berada di rangking teratas bukan web dengan segala polesan link namun miskin isinya. Sambil wait and see memantau efektifitas Penguin 4.0, bagaimana seharusnya sekarang kita tidak lagi memikirkan cara instant membangun link kedalam blog. Namun link yang terbangun benar benar berkualitas, sesuai dengan konteks, natural dan ada relevansinya. Mudah-mudahan Penguin 4.0 berakibat baik pada web yang kita bangun. Semoga.
     
  2. Kurdt

    Kurdt Member

    Joined:
    Oct 20, 2016
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Memang ada beberapa dampaknya langsung ke salah satu web saya.
     
  3. Dadan rusdan

    Dadan rusdan Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,080
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    83
    Belum merasakan sih...blognya aja masih bayi ....*berkeringat*
     
  4. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,085
    Likes Received:
    1,045
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Sebenarnya tidak ada masalah dengan frekuensi dan efektivitas backlink selama konten dari blog itu terus terupdate dan deskriptif (alias mudah dicari dan cocok dengan konten). Bila anda seorang penulis konten original, jangan larang orang lain untuk copas konten anda selama mereka menyisipkan sumber link atau credit di akhir artikel. Demikianpun dengan kamu-sebaliknya, bila artikel tidak original atau adalah hasil rangkuman dari beberapa sumber.

    "It's ok to repost someone's work as long you put the credit or source link of the author. Because it counts as sharing, not stealing. Ok?"

    Juga, ada beberapa meteri yang ada tapi tidak tersedia dalam bahasa lain kecuali bahasa Inggris. Misal, bila anda pintar, saya tulis suatu artikel tentang ini:
    Yang bila anda coba cari artikel dari bahasa asli (Bahasa Inggris), anda tidak akan menemukannya; ada tapi tidak sesempurna dari sumber aslinya. Sisanya adalah artikel pengarahan ke situs asal atau suatu video tutorial. Ada nilai plus-plus menulis artikel yang bersumber dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, karena tidak sedikit netter Indonesia pakai kata kunci Bahasa Indonesia.

    Contoh keyword artikel dengan subjek konten lain yang popular saat ini adalah:
    • Konspirasi Flat-earth Bumi Datar
    • Tanda-tanda kiamat
    • Download Anime Subtitle Bahasa Indonesia
    • Download Drama Korea Subtitle Bahasa Indonesia
    • dsb
     
    Last edited: Oct 23, 2016
  5. Sarang Semut

    Sarang Semut Member

    Joined:
    Oct 14, 2015
    Messages:
    437
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Saya sering baca baca juga di rohadiright, artikelnya bagus2...
     
  6. uptopromotips

    uptopromotips Member

    Joined:
    Oct 6, 2016
    Messages:
    109
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Terimakasih share pencerahannya, salam kenal gan :)
     
  7. wawan temaram

    wawan temaram Member

    Joined:
    Aug 28, 2016
    Messages:
    92
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Bagus den, biar jd pemahaman buat sy yang baru belajar
     
  8. Firz CLothing

    Firz CLothing New Member

    Joined:
    Oct 20, 2016
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Google+:
    saya sungguh merasakan dengan punguin 4.0 ini, trafik sedikit-sedikit menurun .. link building dofollow sedikit demi sedikit menguras saya :(
     
Loading...

Share This Page