Bagaimana Tata Cara Pengiriman Barang Import? Ini Dia Tips Dan Aturannya

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Zuli Haismi, May 11, 2020.

  1. Zuli Haismi

    Zuli Haismi New Member

    Joined:
    Apr 27, 2020
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sudah menjadi rahasia umum jika barang-barang impor sedang merajalela masuk Ke Indonesia, khususnya barang dari China. Perkembangan bisnis online yang begitu pesat menjadi salah satu pemicu menjamurnya barang-barang import, ditambah lagi biaya bea cukai yang tidak begitu mahal. Maraknya barang-barang import berbanding lurus dengan perkembangan jasa pengiriman import, seperti Jasa door to door borongan dan Jasa pengiriman import. Nah, seperti apa sebenarnya proses dan aturan pengiriman barang import? Tentunya artikel ini akan membantu Anda yang ingin terjun ke dunia jasa pengiriman atau mungkin yang saat ini sedang merintis usaha jasa pengiriman barang impor.


    Dalam proses impor barang dari luar negeri yang akan masuk ke Indonesia, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui. Apalagi untuk saat ini pihak bea cukai sudah lebih ketat menerapkan aturan, hal ini dipicu karena semakin banyaknya barang-barang impor yang menyerbu Indonesia. Pastinya kamu tidak menginginkan apabila proses pengiriman barang kamu dari luar negeri bermasalah bukan? Ini dia tata cara pengiriman barang impor yang wajib kamu ketahui.


    PERHATIKAN BARANG APA SAJA YANG DILARANG MASUK KE INDONESIA

    Hal ini sangat penting dalam proses pengiriman barang impor yakni barang apa saja yang dilarang masuk ke Indonesia. Untuk mengetahui barang apa saja yang dilarang masuk ke Indonesia, kamu bisa cek di website resmi pemerintah di http://www.insw.go.id/


    PERSIAPKAN DOKUMEN-DOKUMEN LEGAL SEBAGAI SYARAT PERIZINAN

    Mempersiapkan dokumen-dokumen terkait perizinan merupakan langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin merintis bisnis jasa pengiriman barang impor. Perhatikanlah setiap dokumen yang dibutuhkan untuk menghindari kekurangan dokumen.


    CARILAH INFORMASI VALID PERIHAL BARANG YANG AKAN DIIMPOR

    Setelah dokumen pendukung sudah dipersiapkan carilah informasi perihal barang yang akan diimpor atau disebut dengan no HS ( Harmonized System ). No HS akan berhubungan pembayaran pajak dan bea Cukai. Jadi Anda tidak bisa menyepelekan bagian ini ya.


    Nah, jika Anda sudah mempersiapkan dokumen, dan sudah mengetahui perihal barang yang akan diimpor. Anda wajib mengikuti langkah-langkah berikut agar jasa pengiriman barang impor Anda berjalan. Terkait dengan jasa pengiriman barang impor, ada beberapa layanan yang bisa Anda tawarkan ke pelanggan Anda, seperti contoh Jasa undername import export atau pun Jasa Import door to door, dan masih banyak lagi.


    1.Anda bisa menggunakan dua jalur transportasi untuk mengirimkan barang, lewat jalur laut menggunakan kapal atau jalur udara menggunakan pesawat kargo.


    2.Mintalah kelengkapan dokumen impor asli kepada pihak supplier di luar negeri ( tergantung dari negara mana kamu mengambil barang), agar dokumen tersebut segera dikirimkan.


    3.Selanjutnya Anda harus melakukan transaksi pembayaran Bea Cukai dan pajak impor, tergantung dari jenis barang yang Anda impor


    4. Anda wajib menginformasikan kepada bea cukai dengan menggunakan dokumen pemberitahuan impor barang serta dokumen pelengkap lainya. Jika Anda sudah melengkapi dokumen, pihak bea cukai akan menetapkan Jalur Hijau, Kuning, Merah atau prioritas terhadap proses impor Anda.


    5. Jika importasi Anda sudah disetujui, pihak Bea Cukai akan menerbitkan Surat Persetujuan Pengeluaran Barang atau disebut dengan SPPB. SPBB merupakan bukti konkrit secara hukum yang menunjukan izin masuk produk yang Anda impor masuk ke Indonesia.


    6.Selanjutnya apabila barang impor Anda sudah tiba di Indonesia, Seperti Airport atau pelabuhan, Anda bisa menggunakan transportasi seperti truk, bus, dan lain-lain untuk mengangkut barang ke gudang.


    Nah, penjelasan diatas merupakan langkah-langkah umum yang perlu Anda lakukan untuk prosedur pengiriman barang impor masuk ke Indonesia. Jika Anda ingin mencari jasa pengiriman barang impor maupun expor, pressticargoasia.com adalah solusinya, banyak jasa pengiriman yang ditawarkan mulai dari jasa pengiriman import barang sampai dengan pengiriman import barang murah.
     
Loading...

Share This Page