Bahan Untuk Membuat Body Mobil F1

Discussion in 'Science' started by crewjvm, Jan 15, 2018.

  1. crewjvm

    crewjvm Member

    Joined:
    Sep 15, 2015
    Messages:
    93
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Bahan Untuk Membuat Body Mobil F1 - Tentu Anda tahu tentang ajang balapan terkencang di dunia F1? ya ajang balap mobil tercepat di dunia ini memiliki perkembangan regulasi yang dinamis dimana hampir tiap tahun atau periodenya ada saja regulasinya yang berubah.
    [​IMG]
    Regulasi ini dapat berupa perubahan mulai dari mesin, aerodinamika dan spesifikasi ban hingga rem. Di awal tahun 90an tentu kita masih ingat bahwa mobil - mobil Formula 1 masih menggunakan mesin V12 yang kini sudah menyusut setengahnya ke mesin V6 Twin Turbo.

    Dan di tahun 2017 kemarin ajang balap mobil Formula 1 ini kembali mengalami perubahan regulasi. Perubahan regulasi ini bertujuan untuk menambah nilai kompetitif pada ajang adu jet darat tersebut. Selain itu perubahan ini juga akan memberikan tantangan agar pembalap untuk lebih kreatif lagi untuk memenangkan balapan.

    Salah satu sisi menarik dari ajang balapan jet darat ini adalah dari mobil balap formula 1 yang digunakan pembalap itu sendiri. Bagaimana tidak, bayangkan saja Anda mengendarai mobil pada lintasan dengan kecepatan yang mampu melaju hingga lebih dari 300 km/jam.

    Agar dapat membuat mobil yang mampu melaju hingga kecepatan tersebut tentu memerlukan teknologi canggih, termasuk material atau bahan baku yang digunakan. Lalu material jenis apakah yang digunakan sebagai bahan utama untuk membuat jet darat / mobil formula 1 ini?

    Mobil balap formula 1 ini dibuat dari abahan utama yaitu serat karbon, hal ini dikutip dari laman model-space.com. Bahan utama dari serat karbon ini adalah campuran dari berbagai bahan yang biasanya bahan baku yang digunakan untuk membuat serat karbon adalah rayon, pitch, dan polyacrylonitrile, serta acrylic.

    Dengan campuran tersebut membuat serat karbon mempunyai sifat ringan, tetapi tetap kaku dan sangat kuat. Serat karbon ini diklaim mempunyai kekuatan dua kali lebih kuat dibandingkan baja namun dengan berat lima kali lebih ringan.

    Kekuatan serat karbon ini dapat dibuktikan dengan sebuah alat yang disebut hardness tester atau alat ukur kekerasan bahan atau material. Dengan alat tersebut Anda akan dapat mengetahui kekerasan dari suatu material dan mengetahui kekuatan bahan tersebut.

    Kokpit bagi pembalap formula 1 ini dibuat dengan tiga lapis campuran serat karbon dan kevlar dimana hal ini bertujuan untuk keselamatan dari pembalap itu sendiri dengan ketebalan maksimal pada tiap lapisan tersebut adalah 3,5 milimeter.

    Selain serat karbon, material seperti serat polimer yang terdiri dari zat aramids, zylon, dan polythylene juga sering digunakan sebagai bahan utama pembuat mobil balap formula 1. Bahan ini merupakan bahan yang biasa digunakan untuk membuat bagian ujung depan dari mobil formula 1.

    Zylon sendiri adalah bahan atau material yang wajib hukumnya untuk digunakan dalam membuat rangka monokok dengan bentuk seperti halnya bak mandi yang sempit dan kecil. Rangka monokok ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1962 oleh tim balap Lotus.

    Menurut informasi yang dikutip dari laman Azom, meski karakter utamanya kaku, serat karbon tetap dapat menyerap energi dengan baik. Hingga kini bahan atau material serat karbon ini masih terus dikembangkan untuk membuat kendaraan yang semakin baik.
     
  2. Jaya Pamungkas

    Jaya Pamungkas New Member

    Joined:
    Jan 12, 2018
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ternyata serat karbon menjadi bahan utama mobil ini ya
     
  3. nyelenih

    nyelenih Member

    Joined:
    Nov 20, 2017
    Messages:
    120
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
  4. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    883
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    kekuatanya melebihi baja tapi beratnya jauh lebih ringan. Luar biasa.
     
Loading...

Share This Page