Bahaya Asam Lemak Trans Bagi Kesehatan, Konsumsi Makanan Ini Jadi Sumbernya

Discussion in 'Health & Medical' started by Anisa Rahmawati, Sep 19, 2020.

  1. Anisa Rahmawati

    Anisa Rahmawati New Member

    Joined:
    Sep 17, 2020
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kegiatan yang padat membuat kita seringkali mengabaikan makanan sehat dan memilih makanan instan demi menghemat waktu. Tanpa kita sadari banyak sekali makanan yang sering kita konsumsi namun kita tidak menyadari fakta nutrisi dari makanan tersebut. Namun, disamping dampak kesehatan yang buruk dari makanan instan yang selama ini kita ketahui, tahukah anda bahwa banyak makanan di sekitar kita dan sering dikonsumsi mengandung senyawa berbahaya bernama asam lemak trans?

    [​IMG]

    Apa itu Asam Lemak Trans?
    Asam lemak trans merupakan senyawa yang dihasilkan dari senyawa asam lemak tak jenuh yang mengalami proses hidrogenasi sebagian dan telah mengalami proses pemanasan tinggi. Umumnya, makanan-makanan yang digoreng dengan cara deepfrying menghasilkan senyawa yang berbahaya ini dengan jumlah banyak.

    Makanan yang di goreng menggunakan minyak yang dipakai berulang kali dan menggunakan suhu yang cukup tinggi sehingga makanan tersebut lebih cepat matang dapat menghasilkan senyawa asam lemak trans. Buruknya, banyak sekali produsen makanan yang dengan sengaja menanbahkan bahan yang mengalami hidrogenasi sebagian untuk menjadikan produk makanannya lebih tahan lama selama penyimpanan dan menjadikan makanan tersebut lebih lezat.

    Makanan yang mengandung asam lemak trans :
    1. Berbagai jenis makanan yang di goreng dengan pemanasan tinggi
    2. Mentega, dan berbagai jenis makanan yang menggunakan mentega
    3. Camilan keripik

    Banyak penelitian telah mengungkapkan bahaya dari asam lemak trans, terutama menjadi resiko penyakit jantung koroner terutama peranannya yang dapat menyumbat aliran darah menuju jantung dan otak, sehingga beresiko menyebabkan arterosklerosis. Hal ini tentu tidak dapat dianggap remeh karna jantung sendiri merupakan organ yang sangat penting dalam hidup kita. Bayangkan saja jika makanan yang sudah disebutkan di atas terutama gorengan sering kita konsumsi, terbentuknya plak di berbagai pembuluh darah semakin banyak dan aliran darah ke berbagai organ mejadi tidak optimal.

    Selain dapat beresiko pada kesehatan pada jantung, asam lemak trans juga dapat memperburuk penyakit diabetes melitus.

    Mulai sekarang, mari jaga pola makan kita, karena apa yang kita makan menujukan kualitas hidup dan kesehatan kita.
     
    Last edited: Sep 20, 2020
Loading...

Share This Page