Bahaya melihat gerhana matahari terhadap kesehatan mata

Discussion in 'Health & Medical' started by rama10, Mar 7, 2016.

  1. rama10

    rama10 Member

    Joined:
    Feb 22, 2016
    Messages:
    81
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Penyebab solar retinopathy terbanyak adalah melihat matahari secara langsung, baik saat terik maupun saat terjadinya gerhana matahari.Ya, walaupun saat gerhana, sinar matahari tertutup oleh bulan, melihat langsung ke arah matahari tanpa perlindungan mata apapun sangat berbahaya.Secara spesifik kerusakan retina akibat melihat gerhana matahari disebut solar eclipse retinopathy.

    [​IMG]

    Gangguan penglihatan pada solar eclipseretinopathy disebabkan karena sinar matahari (ultraviolet dan inframerah) dengan intensitas yang tinggi masuk melalui lubang pupil, kemudian difokuskan di retina. Hal ini dapat meningkatkan suhu retina hingga 10-25 derajat celcius, padahal peningkatan suhu 4 derajat celcius saja dapat mengakibatkan peningkatan radikal bebas dan kerusakan termal/fotokimia terhadap sel fotoreseptor di retina.

    Saat gerhana matahari terjadi, sebagian besar sinar matahari akan tertutup oleh bulan, sehingga langit akan terlihat gelap dan menatap langsung ke arah matahari tidak akan terasa silau. Padahal dalam keadaan ini, ukuran pupil mata menjadi lebih lebar sehingga semakin banyak sinar matahari yang masuk ke dalam mata.Akibatnya, semakin besar pula kerusakan di retina. Menatap sinar matahari kurang dari satu menit saja sudah dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan. Apalagi dalam waktu yang lebih lama.

    meskipun memakai kaca mata khusus tapi saya sarankan kalian tetap berhati hati dan jagan terlalau lama melihatnya , karana dampak dari terlalau lama melihat gerhana mata hari :

    1 . bisa memicu katarak
    2. mata menjadi pusing dan perih
    3. Mata akan cepat mudah lelah
    4, mengganggu saraf mata
    5. dapat membuat mata menjadi kunag - kunang
    6. bisa juga membuat mata berkurang penglihatanya .
    7.dan hal terparah bisa membuat mata buta jiga terlalau lama menatap gerhana mata hari apa lg tanpa pengaman khusus.

    sekian dari Gua Rama yang dapat di sampaikan untuk linfo lengkapnya baca aja Artikelnya , >> Bahaya melihat gerhana matahari untuk kesehtan mata
     
  2. aldy

    aldy Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    130
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
  3. Yayan Casper

    Yayan Casper Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    679
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    serem juga yah, mending tinggal bobo aja dah :D
     
  4. anton_sudibyo

    anton_sudibyo Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    460
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Betul. Saat gerhana mending di depan komputer saja :D
     
  5. rionoveli

    rionoveli Member

    Joined:
    Nov 16, 2015
    Messages:
    168
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    apa iya ,kacamata uv ama yang biasa apa bedanya?
     
  6. MaxiHendra90

    MaxiHendra90 Member

    Joined:
    Jan 23, 2016
    Messages:
    197
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    solusinya apa dong, liat di youtube ?
     
  7. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    Entahlah, ketika mata menjadi kepala.

    Lihat lewat tv lebih top. Nggak pakai takut mendung segala :D
     
  8. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    762
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    mending sholat gerhana deh :D
    kalau mau lihat kan ntar di tv apa di yutup juga pasti banyak...daripada buta, gak punya mata kan ya repot
     
  9. aldy

    aldy Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    130
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
  10. rionoveli

    rionoveli Member

    Joined:
    Nov 16, 2015
    Messages:
    168
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    *kaget2* haaaaaaaaaaaaaaaaaaaa?!!!!
     
  11. Teknoku

    Teknoku Member

    Joined:
    Oct 29, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kacamata gmt, gelap banget yang asli dan 10.000 kali bisa menahan radiasi sinar uv kata pakar tadi di liputan 6
     
  12. Maratus

    Maratus Member

    Joined:
    Dec 24, 2015
    Messages:
    35
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Pengen lihat langsung, tapi nggak punya kaca mata, jadi lihat di TV aja
     
  13. muna dl

    muna dl Member

    Joined:
    Apr 17, 2015
    Messages:
    168
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Biar aman lihatnya dari siaran Tv aja.
     
  14. rama10

    rama10 Member

    Joined:
    Feb 22, 2016
    Messages:
    81
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Gerhana matahari merupakan salah satu kebesaran Allah yang luar bisa , Semoga degana ada yang kejadian luar bisa ini membuat kita semakin bisa menjadi kepribadian yang lebih baik lagi :)
     
Loading...

Share This Page