Bahaya tidur terlalu lama [penting untuk kesehatan]

Discussion in 'Health & Medical' started by prinawidia, May 12, 2017.

  1. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    1,371
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    Salah satu kebutuhan manusia adalah tidur yang cukup. Bahkan tidur sudah sering dijadikan alat untuk melawan penyakit, apabila kualitas tidur anda semakin baik maka baik pula ketahanan sistem imun pada tubuh anda.

    [​IMG]

    Meski demikian, tidur yang baik adalah tidur yang sesuai dengan kebutuhan. Yakni rentang waktunya sangat pas, tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lama. Bagaimana jika tidur terlalu lama? Apakah akan menimbulkan bahaya? Ya jelas saja. Tidur yang terlalu lama akan sangat berpengaruh pada kesehatan. Berikut adalah bahaya dari tidur yang terlalu lama.

    Menyebabkan pusing dan sakit kepala

    Pusing dan sakit kepala merupakan dua hal yang berbeda jadi jangan sampai salah untuk mendefinisikan. Tapi bukan itu yang akan dibahas. Tidur yang terlalu lama bukan baik untuk kesehatan, justru malah menjadi penyebab dari sakit kepala yang terus-menerus. Hal tersebut disebabkan karena tidur yang terlalu lama memengaruhi kandungan neurotransmitter di otak.

    Risiko terkena diabetes

    Gula darah bisa naik dan turun bukan hanya dari makanan saja, melainkan juga dari kualitas tidur. Pola tidur yang salah dapat mengganggu kestabilan gula darah. Selain itu, penelitian juga mengatakan bahwa orang yang kebanyakan tidur berpotensi meningkatkan gula darah yang menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes.

    Munculnya penyakit jantung

    Sebuah penelitian dari Nurses Health Study mengatakan 72.000 perempuan yang tidur 9 hingga 11 jam perhari memiliki 38% risiko terkena penyakit jantung. Sehingga tidak jarang banyak orang yang mengalami stroke yang merupakan salah satu komplikasi dari penyakit jantung.

    Mudah depresi

    Selain terkena berbagai jenis penyakit, orang yang sering memiliki kebiasaan tidur terlalu lama juga cenderung mudah depresi. Begitu juga sebaliknya, orang yang mudah depresi lebih sering menghabiskan waktunya untuk tidur. Hal ini terjadi karena mereka berfikir bahwa dengan tidur, masalah akan sedikit terselesaikan atau setidaknya mampu mengobati sakit hati timbul.
     
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,774
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    kalau ane udah bangun misal jam 6 tapi ane baringan doang sampai jam 8/9 ga masalah kan
     
  3. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    1,371
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    Selama mata tidak terpejam sepertinya aman gan:D
     
  4. yayu19

    yayu19 Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    478
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
  5. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    1,371
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    Jangan kebluk ya *ketawa4**kaget1**kaget1**kaget1*
     
  6. yayu19

    yayu19 Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    478
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    tidak diriku tidak kebluk, hanya susah bangun saja *malu1**malu1**malu1*
     
  7. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    harusnya berapa jam tidur?
     
  8. ridlo 07

    ridlo 07 Member

    Joined:
    Jan 21, 2017
    Messages:
    94
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  9. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,443
    Likes Received:
    103
    Trophy Points:
    63
    Kalau ane biasanya dalam sehari tidur malam jam sebelas bangun pagi jam limaan, tidurnya gak terlalu lama sekitar enam sampai tuju jam tapi cukuplah malam buat istirahat, karena malam memang diperuntukan untuk istirahat
     
  10. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    572
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    Saya tidur jam 10 dan bangun jam 5 subuh .. alhamdllah cukup.. tp kalau lg lama bgt ya bsa tidur jam 9 mlm bangun jam 6 pagi wkwkwkwk
     
  11. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    1,371
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    Kalau berdasarkan usia, kualitas tidur yang baik untuk usia 18-25 tahun yaitu antara 7-9 jam. Batas minimum 6 jam dan batas maksimum 10-11 jam. Untuk usia 26-64 tahun, antara 7-9 jam. batas minimum 6 jam dan batas maksimum 10 jam. Sedangkan untuk usia 65 keatas antara 7-8 jam. Batas minimum 5-6 jam dan batas maksimum 9 jam
     
  12. noetral

    noetral Member

    Joined:
    Apr 6, 2013
    Messages:
    458
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    wah bener tuh tidur lama-lama bikin pusing :confused:
     
  13. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    Kalo tidur.,., lam enakk itu.,.,. yang bikin pusing kalo gx pake bantal.,.,.,
     
  14. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    1,371
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    Benar, tidur terlalu lama memang bisa bikin kepala pusing. Ingat, sesuatu yang berlebihan tidak baik :D*peace*
     
  15. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    1,371
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    Pake bantal gak pake bantal tetep aja pusing :(
     
Loading...

Share This Page