Banyak Bisnis Yang Mulai Menggunakan Sistem Manajemen Gudang. Kenapa?

Discussion in 'General Business' started by s4tria, Dec 4, 2017.

  1. s4tria

    s4tria New Member

    Joined:
    Sep 8, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Seperti yang telah kita ketahui bersama, Warehouse Management System (WMS) adalah sebuah sistem manajemen gudang yang mampu mengoptimalkan semua proses dan operasional pergudangan. Selain itu, biasanya manajemen gudang ini selalu menjadi bagian utama dari fungsi distribusi yang jauh lebih besar dan lebih kompleks.

    Namun sekarang, sebagian besar UKM (Usaha Kelas Menengah) telah mulai menyadari akan pentingnya sebuah sistem manajemen gudang dengan skenario logistik yang terintegrasi, pengelolaan pengiriman dihari yang sama serta pemenuhan e-commerce.

    Pelaksanaan manajemen gudang telah memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif mereka dengan cara meminimalkan biaya tenaga kerja, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan akurasi inventori, meningkatkan fleksibilitas dan daya tanggap yang cepat.

    Berikut adalah beberapa manfaat dari sistem manajemen gudang diantaranya

    Perputaran persediaan yang lebih cepat

    Sistem manajemen pergudanga yang baik itu dapat meminimalkan waktu tunggu dengan cara membatasi pergerakkan inventori serta meningkatkan keandalan catatan inventori sehingga dapat mendukung kegiatan inventori secara real time.

    Dengan begitu, persyaratan untuk safety stock dapat kita minimalkan untuk meningkatkan keseluruhan perputaran persediaan dan juga tujuan pengelolaan.

    Pemanfaatan ruang gudang secara efektif

    Sistem manajemen gudang tidak hanya berfungsi untu meminimalkan kebutuhan safety stock namun juga secara teratur dapat membantu dalam memperbaiki ruang gudang yang tersedia secara sistematis sehingga kita dapat melakukan kegiatan penerimaan, pengemasan dan pengiriman secara efektif.

    Pengurangan pada dokumen persediaan

    Sistem manajemen gudang dapat sangat meminimalkan dokumen secara konvensional terkait dengan fungsi gudang dan juga dapat memastikan arus inventori dan informasi berjalan dengan tepat waktu

    Peningkatan pelayanan pelanggan

    Dengan mengoptimalkan proses yang benar dari pesanan produk hingga pengiriman, bisnis dapat berjalan lebih efisien dan akurat dalam menemukan ketersediaan barang dan tanggal pengiriman yang tepat. Dengan kata lain, semua kegiatan dapat berjalan dengan cepat sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

    Sekarang kita telah sama – sama mengetahui beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan menggnakan sistem manajemen gudang. Sekarang kita telah memahami pentingnya peran dari sebuah warehouse management system bagi bisnis logistik, dan sekarang saatnya kita memilih sistem yang tepat untuk fungsi gudang yang kita miliki.


     
  2. nyelenih

    nyelenih Member

    Joined:
    Nov 20, 2017
    Messages:
    106
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    klo bisnis sudah dimanage dengan baik, management apapun lambat laun akan keliatan hasilnya
     
  3. s4tria

    s4tria New Member

    Joined:
    Sep 8, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    betul sekali, tapi untuk bisnis yang sedang berkembang, management manual akan sangat menyusahkan, jadi dengan perkembangan teknologi yang ada kenapa ga di manfaatin sekalian kan?
     
  4. ANDHIMIND

    ANDHIMIND Member

    Joined:
    Jan 25, 2018
    Messages:
    57
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Adanya manajemen gudang dapat dimanfaatkan dalam menyetok logistik yang siap di salurkan ke toko/ outlet pedagang yang langsung dibeli oleh konsumen. Manajemen gudang perlu dilakukan demi keefektifan dan keefisienan suatu bisnis dan mudah dikerjakan.
     
  5. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    489
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    manajemen gudang itu sangat perlu tetapi banyak yang lupa sebelum memikirkan manajemen gudang, manajemen keuangan juga tak kalah penting
     
Loading...

Share This Page