Barang Yang Tidak Boleh Dipinjamkan Untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by Rani anggraeni, Aug 27, 2016.

  1. Rani anggraeni

    Rani anggraeni Member

    Joined:
    May 27, 2016
    Messages:
    82
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    18
    Memang mudah bagi kita untuk saling meminjamkan barang satu sama lain baik dengan keluarga ataupun dengan teman. Tapi ada beberapa barang yang lebih baik tidak digunakan secara bersama-sama atau saling meminjam karena memang barang tersebut bisa menjadi alat untuk mentransfer bakteri dan virus penyakit dari satu orang ke orang lainnya. Barang tersebut seperti:

    1. Sikat gigi
    Tentunya kita sudah tau sikat gigi ini bermanfaat untuk membersihkan kotoran, flak, dan sisa makanan juga penting untuk menjaga kebersihan gigi. Penggunaan sikat gigi secara bersama-sama bisa meningkatkan resiko penyebaran penyakit yang bisa ditularkan melalui darah. Menurut penelitian pun mengatakan bahwa berbagi sikat gigi dengan orang lain bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi.

    2. Handuk

    Berbagai penyakit juga bisa ditularkan dari penggunaan handuk secara bersama-sama. Dari mulai infeksi mata yang membuat mata merah, sampai gonore. Penyebaran ini akan lebih mudah jika handuk tersebut dalam keadaan basah. Jenis bakteri yang hidup dalam handuk pun bisa bertahan hidup beberapa jam, hari dan bahkan bulan, ini karena handuk sering kali lembap dan menjadi tempat favorit untuk bakteri bersarang. Disarankan untuk mengganti handuk minimal seminggu sekali, dan gantungkan handuk sampai kering sebelum dipakai lagi juga yang paling penting jangan saling meminjam handuk.

    3. Make up
    Hal ini mungkin sering dilakukan. Pada saat berbagi make up yang paling sering ialah mata. Penyakit mata seperti konjungtivis dan mata merah salah satu jenis penyakit mata yang paling mudah menular. Penggunaan lipstik secara bersama pun bisa meningkatkan resiko penyebaran penyakit infeksi seperti herpes. Penyakit yang disebabkan oleh herpes simplex virus ini bisa menimbulkan luka lecet sampai melepuh di bibir. Luka ini akan terlihat seperti sariawan biasa sehingga tidak disadari bisa ditularkan pada orang lain.

    4. Deodoran roll-on
    Jenis deodoran berpengaruh pada penyebaran bakteri, deodoran yang berbentuk stick yang biasanya kering jika dipakai secara bersama-sama yang mungkin terjadi ialah perpindahan sel kulit dan bulu ketiak. Tapi jika deodoran yang berjenis roll-on penyebaran bakteri akan lebih mudah terjadi karena teksturnya yang basah dan lengket sehingga mudaj dihinggapi bekteri.

    5. Gunting kuku
    Jamur kuku mudah untuk berpindah melalui pemakaian gunting kuku secara bersamaan. Selain itu, penularan penyakit menular dari darah juga akan lebih mudah terjadi karens saat memotong kemungkinan kuku berdarah.

    6. Pisau cukur
    Penggunaan pisau cukur secara bersama-sama bisa meningkatkan resiko penularan penyakit hepatitis B, hepatitis C bahkan HIV.

    Itulah beberapa barang yang sebisa mungkin tidak boleh dipinjamkan demi kesehatan tubuh kita dan orang lain. Semoga Bermanfaat:))
     
  2. Marko Sianipar

    Marko Sianipar Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    426
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Tambahan..
    Alat Bekam, Pisau Bekam, jarum suntik.. dan yang semisalnya.. *flying*
     
  3. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Nah, ini dia yang saya belum paham, jarum suntik untuk bekam itu kan saya rasa tidak pernah ganti yah, lalu apa pasien baru gak kepikiran kalau ada kemungkinan penyakit dari orang lain yah? Hiii,,, ngeri
     
    Marko Sianipar likes this.
  4. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Boleh saya tambahkan mba @Rani anggraeni baju, kaos dan celana dalam:D kalau dari poin di atas, nomor satu yang paling menentukan.
     
  5. faisalhendri

    faisalhendri Member

    Joined:
    Jul 22, 2016
    Messages:
    152
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    pisau cukur sama nomor 2 tuh kayaknya banyak yang pakai
     
  6. tanpamoney

    tanpamoney Guest

    Setuju sih ane gan

    no 2 tuh yang sering kali ane lakuin
     
  7. Marko Sianipar

    Marko Sianipar Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    426
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Digenti kok Oom.. :) harga pisau bedahnya aja cuman srebuan satunya, begitu juga buat jarum nya. Khusus sekali pake. jadi kalo mau bekam (hijamah) tenang aja, yang penting tanya dulu jarum atau pisaunya diganti apa enggak *keren2*
     
Loading...

Share This Page