Beajar Bisnis Makanan : Bakso Lezat !!

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by putra travel, Jun 18, 2017.

  1. putra travel

    putra travel New Member

    Joined:
    Jun 18, 2017
    Messages:
    1
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Anda suka makanan bakso? Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan bakso?

    Bakso merupakan salah satu makanan yang banyak disukai oleh orang Indonesia karena mengandung rasa yang enak.

    Orang Indonesia rata-rata sangat suka sekali menikmati bakso. Banyak sekali penikmat bakso di negeri ini, dari anak-anak sampai orang tua menikmatinya.

    [​IMG]

    Bakso terkenal dengan penampilannya yang bundar yang dibuat memakai daging yang digiling dan beberapa bauran bahan lain. Rasa bakso sendiri diminati karena mempunyai rasa yang lezat dan nikmat.

    Cara penghidangannya selalu dihidangkan bersamaan tahu, gorengan, mie dan siomay dengan siraman kuah panas yang ditaburkan dengan daun seledri ataupun bawang goreng. Agar menambah kenikmatan rasa bakso saat menyantapnya sering di tambahkan pula cabai, kecap ataupun saos.

    Di Indonesia umumnya hampir di seluruh penjuru ada yang menjual bakso dengan banyak varian. Dan uniknya ialah makanan yang memakai bahan daging giling ini di setiap kota seluruh Indonesia penyajiannya berbeda-beda.

    Bakso menjadi kondang di Indonesia yang dibuat oleh masyarakat Tionghoa Indonesia. Istilah kata bakso juga asal usulnya dari dua kata yakni “bak” dan “so” dalam bahasa Hokkien (Taiwan) yang bermakna daging giling.

    Dikarenakan masyarakat Indonesia mayoritas adalah muslim maka kebanyakan bakso diolah dari daging halal seperti ikan, daging ayam, ataupundaging sapi .

    Tingginya pecinta bakso di Indonesia membuat kemungkinan dari bisnis bakso semakin menelurkan celah yang terbuka lebar. Bisnis bakso tak akan lumpuh dan selalu tumbuh dan meruak menjadi suatu usaha yang besar dan banyak sekali pelakunya.

    Perspektif usaha bakso pada tahun 2016 masih terbuka lebar dan berpeluang menarik bagi mereka yang ingin memulai bisnis tersebut. Pastinya bukan perkara yang susah untuk mendapatkan para pembuat bisnis bakso yang menjajakan baksonya kepada pembeli.

    Karena usaha bakso sangat dominan akan penikmatnya, pastinya untuk masuk langsung dalam usaha bakso tak akan khawatir jika bakso yang dipasarkan tidak akan laku.

    Jika Anda berminat untuk menjual masakan bakso yang banyak diminati orang pastinya Anda juga harus menunjukkan bakso dengan keunikan rasa yang khas juga harga yang dipatokan cukup terjangkau.

    Proses pembuatan bakso juga tidak terlalu sulit karena bahan bahannya mudah ditemukan serta memulai warung bakso saja sudah banyak orang yang berkeinginan untuk mencoba.

    Di berbagai penjuru daerah Indonesia sendiri sudah banyak berbagai jenis bakso. Jenis bakso yang sudah umum adalah rupa bakso daging mempunyai tekstur serat halus, bakso urat dengan tekstur daging yang kasar juga bakso telur. Selain dari bahan daging sapi, bahan bakunya juga dapat menggunakan udang, ayam, ikan dan lainnya.

    Anda berencana untuk menggeluti langsung dalam bisnis kuliner bakso? Untuk menggeluti langsung dalam bisnis bakso juga disarankan mempunyai modal dan biaya yang cukup. Tidak mungkin memulai usaha bakso tanpa menggunakan modal dan biaya yang digunakan.

    Lantas seperti apakah analisa usaha bakso? Dalam menjalani bisnis bakso juga diperlukan sebuah riset usaha bakso yang diharuskan dalam bahan pertimbangan untuk mengawali bisnis tersebut. Sebuah analisa juga menjadi hal utama dalam memulai bisnis bakso supaya lebih terjamin keuntungannya serta tidak merugikan. Berikut ini kami berikan uraian usaha bakso yang dapat Anda perhatikan dengan detail:

    Penggunaan Bahan Baku


    [​IMG]

    Proses awal usaha bakso tentu penting untuk melaksanakan proses produksi bakso sendiri. Selain untuk menghemat modal, juga dapat memproses rasa bakso sesuai kesukaan para penggemar bakso.

    Bakso yang dihasilkan sendiri pastinya menjadi ciri khas dari sebuah usaha bakso Anda yang berbeda dari yang dijumpai pada warung bakso lainnya.

    Memproses bakso dengan aneka varian adalah suatu inovasi agar penyuka bakso tidak bosan. Namun ada pula pengusaha bisnis bakso yang hanya menjual satu rupa bakso saja.

    Tujuan utamanya yakni untuk mengandalkan keunikan tertentu. Jadi, saat ada seorang pembeli yang ingin makan bakso, mereka pasti mengingatnya dengan sangat gampang.

    Lokasi Usaha

    [​IMG]

    Bisnis bakso sangat gampang ditemui di berbagai tempat. Anda dapat memasarkan bakso di pusat kota, di tempat wisata, di perempatan jalan, di sekolah, di kampus, di sekitar rumah, di lingkungan kompleks, di pasar, maupun di tempat yang lainnya.

    Mengingat banyaknya persaingan usaha, Anda juga harus berupaya memilih lokasi bisnis yang strategis dengan banyak orang ramai.

    Peralatan Usaha

    Peralatan yang dibutuhkan saat membuka usaha bakso diantaranya seperti gerobak atau etalase yang dipakai untuk tempat menyimpan bakso yang masih mentah dan juga bahan yang ada, alat-alat yang dibutuhkan untuk memasak, seperti tabung gas, kompor, panci besar, sendok sayur besar dan juga peralatan yang dipakai untuk tempat makan seperti mangkuk, sendok dan garpu, dan juga gelas.

    Jangan lupa untuk sedia pula peralatan yang lain seperti meja, kursi yang digunakan untuk tempat makan bakso dengan nyaman.

    Karyawan

    Melakukan usaha bakso tentunya dikendalikan dengan bantuan orang lain atau biasa disebut karyawan. Jika hanya melakukan usaha dengan tanpa bantuan orang lain pastinya Anda akan kelelahan.

    [​IMG]

    Jika bisnis Anda berjalan dengan baik dan menjadi lebih banyak konsumen dengan banyaknya pengunjung tentu merekrut karyawan menjadi pilihan yang tepat guna membantu memproduksi perputaran usaha yang Anda lakukan.

    Yang pasti pilihlah karyawan yang mempunyai kemauan kerja yang tinggi dengan lebih cerdas dalam melayani konsumen dengan layanan yang baik.

    Umumnya karyawan merupakan unsur utama yang menentukan perkembangan dari usaha bakso Anda.


    Usaha yang tidak kalah menarik adalah Bisnis travel : Travel Surabaya Malang
     
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. rosyad

    rosyad Well-Known Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,050
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    48
    Hehe keren den, strategi link yang bisa di tiru nih.:D:D
     
  3. Fahmi Alfarizi

    Fahmi Alfarizi Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    186
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    lokasi dan kita sebagai pedagan harus memliki ciri khas,.,., misal dari nama yh././././

    Baso Mercon./././ hehehe.,.,.,.. keren yh
     
  4. Sarang Semut

    Sarang Semut Active Member

    Joined:
    Oct 14, 2015
    Messages:
    429
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    orang sudah mulai bosan kalau bakso... ayam juga sudah menjamur... kalo sate biawak mantap...
     
  5. Rifa Firmansyah

    Rifa Firmansyah Member

    Joined:
    Oct 8, 2016
    Messages:
    344
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    saya suka tuh gan, bisnis makanan, apalagi bakso makanan favorit saya*keren3*
     
Loading...

Share This Page