Beberapa Alasan Harus Mengabaikan Alexa Ranking

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by wphoet, Feb 9, 2016.

  1. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Semua webmaster atau penggiat web dan blog pasti sudah tidak asing lagi dengan alexa. Selain memberikan ranking detail secara global, alexa juga mampu menilai ranking web per negara. Akan tetapi masih layak atau tidak jika kita terus mengamati ranking yang diberikan alexa? atau mungkin berusaha merampingkan nilai alexa?

    Secara pribadi (kalian boleh berpendapat lain :p ) saya sendiri tidak terlalu memperhatikan hal ini. Alexa sendiri sebenarnya merupakan situs bookmark berbayar yang dikemas dengan berbagai macam analityc untuk memantau situs Anda. Salah satu yang membuat alexa menarik yaitu adanya peringkat rangking antara web kita dengan web lainnya baik secara global maupun per country.

    Pernahkah kalian berpikir darimana alexa mampu menganalisa pengunjung di web/blog kita? Biasanya untuk menganalisa web kita, alexa memberikan semacam code meta verifikasi yang harus diletakkan pada bagian tertentu web (misalnya header). Bagi sebagian pengelola web ada yang menganggap hal ini penting sehingga mereka juga mau meletakkannya pada header sebagai tag verifikasi alexa agar webnya bisa di ranking oleh alexa.

    Sedangkan ada juga pemilik blog/web yang tidak menggunakannya dengan alasan tertentu (misalnya tidak memberikan hasil apa-apa terutama dalam hal backlink, atau menuh-menuhin code tag header, atau bisa juga takut keyword terlaris jadi kebuka di publik melalui alexa dan lain sebagainya). Akan tetapi walaupun sudah tidak memasang code alexa di header web, alexa tetap mampu melakukan analisis pada web kita, lalu dari mana data yang mereka gunakan?

    Jawabannya adalah adanya tools atau toolbar alexa yang biasanya terinstal di browser pengguna. Jadi di saat pengguna memiliki alexa toolbar di browsernya, dan saat itu juga sedang browsing dengan kata kunci misalnya "semangka kotak" maka saat itu juga alexa akan merekam data situs mana yang kalian masuki dan akan mengolah data web tersebut berdasarkan pencarian tersebut. 2016-02-09_091555.jpg

    Abaikan Alexa, Ini alasannya?
    Mungkin dari pembaca bersosial forum ini pernah mendambakan alexa yang ramping, sampai sampai menggunakan viewer robot-robotan :D yang mampu merampingkan alexa, akan tetapi apakah yang kalian dapatkan dari pengunjung yang bukan real manusia? jawabannya tidak mendapatkan apa-apa selain alexanya ramping. Jadi menurut saya pribadi (ingat ini pendapat pribadi loh, jadi kl ada yang beda pendapat boleh-boleh saja) alexa tidak begitu penting dalam analisa terutama masalah SEO.

    Alasan berikutnya berkaitan dengan cara kerja alexa tadi, umumnya website yang tidak meletakkan code meta verify alexa di header akan tetap terindeks alexa juga melalui toolbar yang digunakan pengguna/user saat berkunjung. Coba kita pikirkan secara logika apabila pengunjung/user tadi melakukan search keyword "semangka kotak" menggunakan gadget seperti tablet, smartphone dll. Apakah data alexa masih valid, sedangkan di browser era mobile saat ini belum ada toolbars alexanya.

    Hal lainnya yang wajib kita pikirkan saat melihat alexa kita ramping adalah seperti berikut ini:
    1. misal saya memiliki website Aiueo(dot)com dengan alexa yang ramping,
    2. sedangkan saya tidak memasang code verify dari alexa (apakah harus senang atau sedih)
    3. berarti si pengunjung atau user menginstal toolbar alexa di browsernya masing-masing
    4. pengunjung-pengunjung ini tentunya bukan newbie lagi, tapi orang-orang yang paham mengenai alexa
    5. bisa dikatakan pengunjung saya webmaster juga
    6. berarti banyak webmaster yang datang ke web saya
    7. lalu apa yang mereka lakukan di web saya
    8. apakah sekedar membaca artikel layaknya penunjung biasa (newbie) atau mungkin sedang melakukan penelitian berjamaah di web saya hingga alexanya ramping segitu? :D
    Nah dari situ mungkin kalian sudah bisa berpikir sendiri mengapa di era mobile ini analisa alexa saya anggap kurang penting (sekali lagi itu menurut pendapat saya loh *jail*) tapi bagi yang masih cinta dengan alexa bisa tetap terus menggunakannya karena kita semua bebas bereksperimen dengan web/blog masing-masing. Saya sendiri merasa senang ketika keyword terlaris yang ditampilkan alexa untuk web saya ternyata adalah keyword yang jarang pengunjungnya (tapi di analisa alexa lagi laris) *ketawa4* Kalau menurut saya lagi :D google analytic sudah cukup mumpuni dalam memberikan informasi baik itu artikel apa yang lgi laris, keyword apa yang kita punya yg lagi nongkrong di pageone dan lain sebagainya. Data-data ini cukup disimpan sendiri-sendiri saja, soalnya semakin banyak keyword laris anda yang terbuka ke publik maka akan semakin banyak pesaingnya *ketawa3* Ok cuma itu saja share pendapat saya tentang alexa :)
     
    anton_sudibyo likes this.
  2. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,632
    Likes Received:
    756
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    abaikan rangkingnya :D , tapi patut ditiru system kerjanya. Contoh yg lebih keren similarweb, (pro) ngambil dari data google analitik
     
    wphoet likes this.
  3. anton_sudibyo

    anton_sudibyo Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    460
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Alexa cukup ok kalau utk gagah-gagahan den.
     
  4. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,462
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Perbanyak jumlah backlink aja otomatis alexa rank
     
    wphoet likes this.
  5. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wakakakak biar kelihatan keren dikit :D
     
  6. ghaoxy

    ghaoxy New Member

    Joined:
    Feb 9, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  7. Hindro

    Hindro Member

    Joined:
    Feb 4, 2016
    Messages:
    95
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Saya rasa Alexa rank juga penting, bukankah itu juga menunjukkan nilai dari peringkat situs kita? Setidaknya dapat dijadikan sebagai ukuran, kalau nilai Alexa rank naik, apa yang perlu dilakukan dengan website kita terkait seo, sebaliknya kalau nila Alexa rang cenderung turun, itu menandakan usaha seo kita memberi hasil.
     
  8. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    kalau bagi saya tidak, soalnya kalau turun berarti bnyk pengunjung yang menggunakan toolbar alexa di browsernya, jadi bisa disimpulkan pengunjung tersebut ngerti seo atau lgi belajar seo. beda lagi kl pengunjung yg datang gak kedetect alexa misalnya pengunjung2 tanpa toolbars alexa = pengunjung yg benar2 datang cari materi artikel dan ada kemungkinan klik iklan paling besar datang dari mereka ini, belum lagi pengunjung via hp yg gk bisa di detect alexa. jadi alexa di era mobilgeddon ini sudah bisa dibilang gk akurat. kelihatan dari keyword terlaris yang diindex alexa ternyata hanya keyword yg jarang pengunjungnya atau gk ada di pageone, jadi bisa disimpulkan hasil analisa punya alexa sudah meleset dari target semenjak versi mobile browser makin marak.
     
  9. Griya Solo Web

    Griya Solo Web Member

    Joined:
    Feb 21, 2016
    Messages:
    118
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
  10. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    soalnya alexa blm bisa nyentuh traffic analytic versi mobile, apalagi skrg era mobile gadget semua jadi kadang yang di rank alexa berubah-ubah hasilnya. Gak tau kedepannya siapa tau bisa lebih baik :D
     
  11. mugianto

    mugianto Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    418
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalau menurut saya Alexa Rank penting buat Presentasi Suhu @wphoet soalnya dari pengalaman waktu ngelola situs orang, yang ditanyain tiap hari adalah "Hari ini rangking Alexanya Brapa GI?" hahhahha, dijelasin malah dia yang nyrocos kemana-mana hahahahha.
    Jadi kesimpulannya, Alexa Rank pada situs penting buat orang Berduit *what*
     
Loading...

Share This Page