Beberapa Alasan Kenapa Golang Lebih Baik dari Bahasa Pemrograman Lainnya

Discussion in 'Programming' started by seotog, Sep 20, 2019.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    388
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Berikut alasan bahasa pemrograman Golang lebih baik dari bahasa pemrograman lainnya

    1. Concurrency

    Konkurensi sangat dibutuhkan dalam lingkungan komputasi modern yang menggunakan multicore web server dengan multiple client. Jika komputer yang dijalankan menggunakan single processor maka program masih tetap mendukung konkurensi namun tidak secara paralel. Namun memang pada awalnya konkurensi dimaksudkan untuk menangani multi-processor dan menjalankan aplikasi secara parallel (sebagai contoh: penggunaan goroutine, threads )

    2. Garbage Collection

    Bahasa Go telah mendukung garbage collection, hal ini untuk mereduksi waktu dan pekerjaan programmer dalam mengembangkan aplikasi. Programmer tidak perlu melakukan pembebasan memori (free memory) ketika selesai menjalankan operasi tertentu karena hal ini sudah otomatis ditangani oleh garbage collector. Selain itu bahasa Go menyediakan pointer dalam melakukan manajemen memory dan menghilangkan pointer arithmetic untuk menghindari kebingungan pengguna.

    3. Open Source

    Bahasa Go menjadi sebuah proyek publik open source under BSD Licence pada bulan November 2009 dan banyak sekali para developer yang juga mengembangkan modul-modul lain yang bisa dimanfaatkan.

    4. Bahasa Go mendukung bahasa UTF-8

    Bahasa Go mendukung bahasa UTF-8 tidak hanya terbatas pada string tetapi juga dalam penulisan kode programnya. Go menjaga efisiensi penggunaan kode program dengan melemparkan error jika variabel tidak digunakan dalam program dan dapat dikompilasi di multi-platform. Performa aplikasi di Go tentu saja dapat dipastikan lebih cepat dan penggunaan memori lebih sedikit dibandingkan dengan Java atau Scala

    5. Bahasa Go dapat digunakan sebagai Backend

    Bahasa Go juga dapat digunakan sebagai backend untuk menangani Youtube, App Engine,Google Drive, Google Map, Cat-V, SoundCloud, dotCloud, Canonical, Heroku,Iron.io, SkyDB, Heka Mozilla’s, Docker, NSQ realtime distributed messaging platform, CloudFlare, Gobot dan beberapa perusahaan lainnya sudah mulai mengadopsi dan mengembangkan aplikasinya dengan menggunakan bahasa Go ini.
     
Loading...

Share This Page