Beberapa Hal Unik Tentang Pohon Flamboyan, Penasaran?

Discussion in 'General Discussion' started by arnold20, Dec 9, 2019.

  1. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    106
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Pohon Flamboyan memiliki habitus pohon dengan kanopi berbentuk dari cabang melengkung. Pohon ini mampu tumbuh mencapai ketinggian 12 meter, dengan batang berwarna coklat keabuan. Daun flamboyan majemuk dengantulang menyirip rangkap dua dengan panjang 70 sentimeter, anak daun 20 sampai 40 sentimeter dengan helaian daun yang sangat banyak, bentuknya bulat telur dengan panjang 8 - 10 mm dan ujung tumpul.

    [​IMG]

    Flamboyan ditumbuhi bunga besar dengan panjang 7 sampai 10 sentimeter berwarna merang terang, merah tua hingga jingga. Dibagian mahkota bunga pinggir memiliki gerigi dalam jumlah banyak, sedangkan dibagian atas mahkota memiliki warna bercorak putih atau kuning.

    Bunga tersebut akan mengalami penyerbukan yang dibantuk oleh angin dan serangga, bunga ini akan berubah bentuk menjadi buah atau polong. Polong ini memiliki bentuk pipih dengan panjang 30 sampai 50 sentimeter, dibagian dalam polong terdapat beberapa biji berbentuk bulat seperti telur.

    Penamaan Pohon Flamboyan

    Terdapat beberapa penamaan pohon flamboyan diberbagai negara, seperi India menyebut flamboyan dengan nama gulmohar. Selain itu pohon juga diberi nama etnik seperti sunkervara, mayarum, atau shima sankesula. Sekian banyak nama tersebut, penamaan yang paling populer dikalangan masyarakat berasal dari negara Prancis menyebut pohon ini dengan nama leur de paradis dan flamboyant.

    Persebaran Pohon Flamboyan

    Secara umum Flamboyan merupakan tanaman yang mampu tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis seperti Madagaskar, Australia dan Amerika Serikat meliputi Florida, Rio Grande Valley sebelah selatan Texas, dataran rendah Arizona dan California, Hawaii, Pulau Virgin.

    Selain itu flamboyan juga tumbuh subur di negara Karibia, Puerto Rico, dan Kepulauan Guam. Khusus negara karibia pohon ini sering dimanfaatkan sebagai instrumen perkusi yang dikenal dengan sebutan the shak-shak atau maraca.

    Menurut Syarifah, 2007 Flamboyan juga tumbuh Di Indonesia, tanaman ini banyak di temui di pinggir jalan, taman kota/kompleks perumahan, taman pekarangan rumah, maupun sebagai turus untuk memperindah pemandangan dan sebagai tanaman peneduh di kala siang hari.

    Manfaat Pohon Flamboyan


    Seperti yang sudah saya singgung diatas terdapat beberapa manfaat umum dari Flamboyan, ternyata masih banyak manfaat lain untuk kesehatan dari flamboyan seperti antimikroorganisme, antikanker, antelmintik, agent sistem saraf pusat.

    Hal ini dikarenakan flamboyan mengandung pigment antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, larvasida, antifugi, anti inflamasi, antimalaria, anti reumatik, hepatoprotektif, dan gastroprotektif.

    Contohnya dibagian kulit batang flamboyan mengandung tannin, β−sitosterol, leucocyanidin, lupeol, saponin, alkaloid, carotin, dan flavonoid. Sedangkan dibagian bunganya mengandung zeaxanthin dan bagian daun mengandung tannin, lupeol, dan β−sitosterol, dan pada biji mengandung lektin.

    Dari semua kandungan tersebut dapat kita simpulkan bahwa flamboyan mengandung sejuta manfaat bagi tubuh kita, terutama pada bagian kulit batang, bunga, daun dan bijinya.

    Klasifikasi Pohon Flamboyan

    · Kingdom : Plantae

    · Divisi : Magnoliophyta

    · Class : Magnoliopsida

    · Ordo : Fabales Famili : Fabaceae

    · Sub Famili : Caesalpinioideae

    · Genus : Delonix

    · Spesies : Delonix regia (Hook) Raf.

    Sumber SawonBudidaya
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,279
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Mengapa pohon flamboyan banyak yang hidup di kuburan
    apa itu hanya kebetulan saja sehingga bunga ini dapat kesan angker
     
  3. csmandala

    csmandala New Member

    Joined:
    Oct 9, 2018
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    dulu sekitar 5 tahunan lalu masih banyak di temukan pohon ini
    setahu saya sekarang. sudah cukup jarang sekali pohon ini yah...
     
  4. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    106
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Mas Blackking, mungkin yang anda maksud bunga kamboja ? setahu saya pohon flamboyan dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh jalan. Bukan yang sering ditanam di Kuburan atau makam, mohon dikoreksi kalau saya salah dan maaf sebelumnya
     
  5. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    106
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    csmandala, dugaan saya kenapa pohon flamboyan jarang ditemui lagi karena pembangunan gedung-gedung dan banyak tanaman peneduh jalan lainnya. Karena itulah kenapa tanaman ini jarang ditemui lagi
     
  6. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    34
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Apakah pemeliharaan cukup merumitkan kah?
     
  7. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    106
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Alvi Igbal Budiarsya, untuk perawatan pohon Flamboyan sendiri tidak rumit. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, seperti pemilihan media tanam, pemupukan, penyulaman, penyiangan dan volume penyiraman.
     
  8. Infogratis

    Infogratis New Member

    Joined:
    Nov 29, 2019
    Messages:
    10
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Saya baru tahu kalau Flamboyan memiliki banyak manfaat juga ...
     
  9. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    790
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page