Beberapa Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Melakukan Pinjaman Modal di Bank

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by achbarfarizqy, Oct 14, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    64
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Modal menjadi kunci utama saat kamu membangun sebuah bisnis. Modal juga yang menentukan bisnis kamu akan betahan di tengah persaingan yang ketat.

    Mungkin apabila kamu membutuhkan modal yang lebih, mengajukan pinjaman di bank menajadi sebuah solusi yang tepat. Akan tetapi tidak dapat dilakukan begitu saja. Kamu juga harus memperhatikan beberapa hal penting agar mendapatkan pinjaman sesuai yang diharapkan. Jangan sampai kamu meminjam uang di bank tapi malah menjadi masalah. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

    1. Menentukan Jumlah Pinjaman

    Kamu wajib menghitung dengan baik jumlah pinjaman yang diperlukan untuk mengembangkan usaha bisnsi kamu. Kemudian lakukan dengan membuat proyeksi arus secara berkala.

    Dengan menentukan jumlah pinjaman tersebut, akan membantu kamu ketika menentukan masa tenor dan besaran angsuran agar tidak memberatkan kamu kedepannya. Maka dari itu, tentunkan jumlah uang yang akan kamu ajukan ke bank untuk menjadi modal tambahan.

    2. Perhatikan Syarat Pinjaman

    Kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan persyaratan pinjaman yang dibuat oleh pihak bank. Maka dari itu untuk menghindari kesalahpahaman, perhatikanlah persyaratannya dengan jeli.

    Misalnya saja untuk pinjaman dengan jaminan, kamu perlu menyertakan surat kepemilikan barang jaminan tersebut. Jika persyaratan ini tidak lengkap, besar kemungkinan pinjaman kamu tidak disetujui pihak bank.

    3. Cek Kredibilitas Bank

    Mengecek kredibilitas suatu bank juga penting sebagai cara meminjam uang modal bisnis kamu. Dalam hal ini, kamu perlu memilih bank dengan reputasi terbaik. Misalnya saja dalam pelayanan yang prima, banyaknya kantor cabang di berbagai daerah hingga persyaratan yang mudah.

    Memilih bank dengan reputasi terbaik bukan mengenai masalah kenyamanan saja tetapi juga mengenai keamanan kamu dalam melakukan peminjaman.

    4. Memenuhi Kelayakan Kredit

    Selanjutnya, kamu harus memperhatikan apakah bank tersebut menerapkan prinsip 5C dalam memberikan pinjaman dan modal usaha. Yang dimaksud dengan 5C adalah character (integritas), capacity (arus kas untuk membayar hutang), capital (kekayaan pokok), collateral (aset), dan conditions (semua hal yang berkaitan dengan usaha yang kamu jalankan).

    Jika kamu dan pihak bank telah memenuhi prinsip tersebut maka saatnya untuk melakukan pengajuan pinjaman uang untuk modal usaha.

    Setelah kamu memperhatikan beberapa hal sebelum kamu meminjam uang di bank, maka kamu juga perlu mengetahui tahapan meminjam uang di bank.

    Hal ini penting agar kamu tidak salah langkah, terutama saat kamu pertama kali meminjam uang di bank untuk usaha bisnis. Berikut beberapa di antaranya yang perlu kamu pahami.

    1. Langkah pertama kamu harus mengisi form pengajuan pinjaman di bank yang telah dituju baik bank swasta maupun bank nasional yang memiliki reputasi terbaik.

    2. Periksa kembali dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan utamanya. Hal yang paling penting di sini adalah pastikan kartu dan dokumen identitas yang masih berlaku pada saat meminjam uang di bank tersebut. Seperti fotokopi KTP, NPWP, dan dokumen lainnya.

    3. Selanjutnya, pihak bank akan melakukan verifikasi dan validasi data selama beberapa saat. Jika semua data dan persyaratan sudah sesuai, maka pihak bank akan menghubungi kamu untuk melakukan cross check data dan analisa kredit.

    4. Tunggulah hingga pihak bank melakukan analisa dan jika permohonan disetujui kamu akan dihubungi kembali untuk mempersiapkan proses penerimaan kredit.

    Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai cara meminjam uang di bank untuk modal usaha dan syarat pinjam modal. Untuk menunjang usaha bisnis kamu.
     
Loading...

Share This Page