Beberapa Keutamaan Makan Sahur Di Bulan Ramadhan

Discussion in 'General Lifestyle' started by Biduan Hot, Apr 6, 2020.

  1. Biduan Hot

    Biduan Hot Member

    Joined:
    Jan 21, 2017
    Messages:
    81
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Keutamaan Makan Sahur Di Bulan Ramadhan - Makan sahur adalah aktivias makan yang dilakukan pada pagi hari pada saat puasa ramadhan. Meskipun kegiatan makan sahur ini juga dapat dilakukan pada saat akan mengerjakan puasa sunnah, seperti misalnya puasa senin kamis dan beberapa puasa lainnya. Tujuan utama dari makan sahur ini ialah supaya orang yang mengerjakan puasa itu tidak merasa lapar atau dapat menahan lapar sampai waktunya berbuka puasa.

    Hukum makan sahur ialah sunnah, karena memang kegiatan makan sahur ini boleh dilakukan dan boleh juga tidak dilakukan. Karena makan sahur ini termasuk sunnah hukumnya, sehingga orang yang mengerjakannya akan tetap mendapatkan pahala dan yang meninggalkannya tidak akan mendapatkan dosa. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila kegiatan makan sahur ini dilakukan, terutama pada saat menjalankan ibadah puasa ramadhan yang dimana segala amalan ibadah kita akan dilipat gandakan.

    Keutamaan Makan Sahur Di Bulan Ramadhan

    [​IMG]

    Mendapat Keberkahan

    Rasulullah SAW sendiri menjalankan ibadah puasa dengan cara membaca niat puasa dan mengerjakan makan sahur terlebih dahulu. Oleh karena itu hukum makan sahur adalah sunnah seperti yang saya jelaskan diatas tadi. Karena segala sesuatu yang dikerjakan Rasulullah SAW merupakan salah satu hal sunnah yang kita ikuti. Dan bagi siapa yang mengerjakan makan sahur, maka mereka akan mendapatkan keberkahan seperti yang diterangkan dalam sebuah hadits berikut.

    Anas bin Malik berkata, Rasulullah SAW bersabda yang artinya "Sahurlah kamu sekalian, karena sahur mengandung keberkahan." (HR. Bukhari)

    Waktu Untuk Memohon Ampun

    Waktu mengerjakan makan sahur ialah sebelum masuknya waktu sholat subuh yang kurang lebih ialah pada waktu sepertiga malam, dan pada waktu tersebut merupakan salah satu waktu yang baik untuk beribadah seperti halnya sholat tahajud. Maka dari itu, pada waktu makan sahur ini menjadi salah satu waktu yang tepat untuk memohon ampun ataupun memanjatkan doa sebagaimana yang diterangkan dalam firman Allah sebagai berikut.

    "(yaitu) orang-orang yg bersabar, yg benar, yg taat, yg menafkahkan hartanya dan yg memohon ampun diwaktu sahur." (QS. Ali Imran ayat 17)

    Ciri Khas Ibadah Puasa

    Seiring berkembangnya zaman, kegiatan puasa tidak hanya dilakukan oleh para umat Muslim saja. Karena banyak para peneliti yang mengakui manfaat puasa untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu banyak juga dari kalangan non Muslim yang mengerjakan puasa. Maka dari itu, kegiatan makan sahur ini bisa menjadi salah satu ciri khas ibadah puasa. Hal tersebut juga diterangkan dalam sebuah hadist sebagai berikut.

    Dari Amr bin Al Ash, Rasulullah SAW bersabda yang artinya "Yang membedakan antara puasa kita dengan puasa ahli kitab ialah makan sahur." (HR. Muslim)

    Demikian itu sedikit penjelasan mengenai Beberapa Keutamaan Makan Sahur Di Bulan Ramadhan yang sekiranya saya dapat berikan untuk agan - agan sekalian hari ini, semoga saja dari yang saya berikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yang banyak untuk agan - agan sekalian.
     
Loading...

Share This Page