Beberapa Makanan yang Mengandung Potasium Lebih Banyak dari Pisang

Discussion in 'Health & Medical' started by Muhamad Amirullah, May 12, 2020.

  1. Muhamad Amirullah

    Muhamad Amirullah Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    129
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Berikut merupakan beberapa makanan yang mengandung potasium lebih banyak dari pisang yang dapat Anda jadikan referensi.

    1. Bayam
    [​IMG]
    Sumber gambar: En.freejpg.com.ar
    Salah satu makanan yang mengandung potasium lebih banyak dari pisang yang pertama adalah bayam. Dalam 156 gram bayam, terdapat 540 mg potasium. Selain itu, bayam juga mengandung 366% vitamin A, 725% untuk vitamin K, 57% untuk folat dan 29% untuk magnesium. Dan juga, sekitar 100 gram bayam mentah mengandung 558 mg potasium.

    2. Edamame
    [​IMG]
    Sumber gambar: Pemburuombak.com
    Edamame adalah kedelai yang belum matang yang biasanya dikonsumsi sebagai cemilan oleh banyak orang. Edamame memiliki lebih banyak kalium daripada pisang. Faktanya, satu cangkir (155 gram) memberikan 676 mg atau lebih dari 14%.

    Tak hanya itu, Edamame juga dipenuhi dengan banyak nutrisi lain, tetapi yang paling penting mengandung 121% RDI untuk folat per 155 gram. Terlebih lagi, mereka merupakan sumber vitamin K, magnesium, dan mangan. Edamame juga enak dikukus sebagai pendamping makanan.

    3. Kentang
    [​IMG]
    Sumber gambar: Savemoneylivejoyfully.com
    Secara umum, kentang adalah sayuran yang tetap menjadi makanan pokok di beberapa negara di seluruh dunia. Satu kentang (136 gram) dapat menyediakan 515 mg potasium. Namun, ada banyak varietas kentang yang berbeda, dan kandungan potasiumnya mungkin bergantung pada tanah tempat mereka tumbuh. Karena kentang dimakan setiap hari di banyak bagian dunia, mereka mungkin menjadi kontributor utama asupan kalium dalam makanan sehari-hari.

    4. Delima
    [​IMG]
    Sumber gambar: Earthfoodandfire.com
    Delima adalah buah yang sangat sehat, seukuran jeruk dan warnanya mulai dari merah hingga ungu. buah ini adalah sumber potasium yang fantastis, karena satu buah dapat memberikan 666 mg.

    Terlebih lagi, buah delima juga mengandung vitamin C dan K, serta folat dan memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada kebanyakan buah – 4,7 gram per buah. Di sisi lain, buah delima juga memiliki 11 gram serat, yang dapat membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

    5. Alpukat
    [​IMG]
    Sumber gambar: Vitamix.com
    Alpukat merupakan sumber vitamin K dan folat yang sangat baik. Setengah dari alpukat (100 gram) mengandung 487 mg potasium. Jika Anda makan alpukat utuh, Anda akan mendapatkan 20% dari kebutuhan potasium harian Anda sekaligus. Terlebih lagi, alpukat dapat membantu orang dengan tekanan darah tinggi, yang sering disuruh menambah kalium dan mengurangi asupan garam.

    6. Ubi jalar
    [​IMG]
    Sumber gambar: Dogtipper.com
    Saat ini, ubi menjadi semakin populer dan sering digunakan sebagai alternatif dari kentang. Selain itu, ubi jalar juga dapat mendukung asupan potasium Anda – satu ubi jalar berukuran sedang mengandung 541 mg potasium. Terlebih lagi, ubi mengandung lemak rendah, mengemas protein dalam jumlah kecil dan merupakan sumber karbohidrat dan serat yang kompleks. Mereka juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik.

    7. Semangka
    [​IMG]
    Sumber gambar: Cutthecrapcostarica.com
    Buah dengan kadar air yang tinggi ini akan memberi Anda 640 mg potasium. satu buah semangka utuh juga mengandung 172 kalori, 44 gram karbohidrat, 3,4 gram protein, 0,8 gram lemak dan 2,2 gram serat. Terlebih lagi, melon merah yang subur ini adalah sumber vitamin A dan C yang bagus, serta magnesium.

    Meskipun pisang merupakan sumber kalium yang baik, banyak makanan sehat lainnya – seperti ubi dan alpukat – memiliki lebih banyak potasium per sajian. Kunci untuk mendapatkan potasium yang cukup adalah makan berbagai makanan nabati yang baik setiap hari. Secara khusus, Anda dapat berupaya memasukkan beberapa makanan yang mengandung potasium ini pada diet Anda secara teratur untuk membantu meningkatkan asupan gizi Anda.

    Sumber
    https://mitrakesehatan.com/beberapa-makanan-yang-mengandung-potasium-lebih-banyak-dari-pisang.html
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,494
    Likes Received:
    112
    Trophy Points:
    63
    Kalau makan bayam atau kentang jarang orang yang makan akan menghitung berapa nilai potasiium yang ada dalam kandungan bayam
    makan ya dimakan saja, yang penting pada sehat dan diberi umur panjang
     
Loading...

Share This Page