Beberapa Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan, Sungguh Mengagumkan

Discussion in 'Health & Medical' started by ubaid, Nov 30, 2016.

  1. ubaid

    ubaid Member

    Joined:
    Feb 25, 2014
    Messages:
    210
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Ikan gabus adalah ikan yang hidup di air tawar seperti sungai-sungai dan rawa-rawa. Siapa sangka kalau ikan air tawar ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan.

    Salah satu kandungan yang luarbiasa dalam tubuh ikan gabus dan membuatnya menjadi makanan super adalah adanya protein albumin yang sangat tinggi. Kandungan protrein ini dalam 100 gram ikan gabus bisa mencapai 25, 2 gram. Jumlah ini lebih besar dibandingkan dengan kandungan dalam ikan-ikan lainnya.

    [​IMG]

    Dengan adanya gizi ini maka manfaat ikan gabus untuk kesehatan sangat mengagumkan. Mulai dari mempercepat sembuh luka pasca operasi, memenuhi gizi ibu hamil bahkan bisa untuk mencukupi gizi anak terutama mereka yang kekurangan gigi.

    Ikan gabus dengan bentuknya yang bulat panjang hampir sama dengan ikan lele (hanya saja tidak ada jenggot) ternyata menyimpan harta karun nutrisi yang sedikit orang tahu. Nutrisi itu adalah berupa protrein albumin.

    Berikut beberapa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi ikan gabus yang harus anda tahu sebagaimana dikutip dari tanyoe.com

    1. Baik untuk pembentukan otot.

    Semua orang tahu kalau protrein adalah zat penting dalam pembentukan otot. Jadi, ikan gabus adalah sumber terbaik protein.

    2. Mepercepat penyembuhan pasca operasi

    Setelah operasi, otot yang rusak dan luka dengan mudah bisa di obati dengan mengkonsumsi ikan gabus. Alasannya lagi-lagi karena nutrisi tersebut. Protein yang ada dalam ikan gabus akan mempercepat healing bagi luka. Sebenarnya tidak hanya luka operasi saja tetapi juga bisa bermanfaat untuk luka-luka lainnya.

    3. Membantu kesehatan ibu hamil

    Ibu hamil seringkali mengalami kekurangan albumin dalam tubuh terutama ketika hampir bersalin. Perlu diketahui bahwa albumin dalam tubuh manusia sekitar 60-70 % dari total plasma darah, dan ibu hamil sangat sering kekurangan zat ini sehingga menjadi lemah dan susah dalam melahirkan. Dengan mengkonsumsi ikan gabus di harapkan ibu hamil bisa melewati masa bersalin dengan mudah.

    4. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat ikan gabus juga sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi dengan teratur ikan air tawar ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti flu, batuk dan demam.

    5. Manfaat bagi bayi

    Tak hanya bermanfaat orang dewasa saja, tetapi ikan gabus juga sangat baik untuk kesehatan bayi dalam meningkatkan berat badan bayi. Ikan gabus memberika pasokan protein bagi bayi sehingga pembentukan ototnya cepat dan berat badan naik dengan normal.

    Itulah beberapa manfaat ikan gabus bagi kesehatan yang sedikit diketahui orang. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan membuat kita suka mengkonsumsi ikan air tawar ini demi mendapatkan pasokan gizi bagi tubuh.
     
  2. AdeZS

    AdeZS Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    165
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    mantab banget ni den.
    kalo di desa kami sering di sebut ikan Ruan den. hha*dunno*
     
  3. pucingpalabalbie

    pucingpalabalbie Member

    Joined:
    Feb 27, 2015
    Messages:
    132
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Wah ternyata banyak juga nih manfaat dr ikan gabus... Tapi emang enak sih dimakan apalagi pake sambel limo.. ummmhhh... *kagum*
     
  4. Yana Mulyana

    Yana Mulyana Member

    Joined:
    Aug 31, 2016
    Messages:
    98
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    itu ikannya besar dan licin kalou ke injak mungkin ke pleset saya
     
  5. ubaid

    ubaid Member

    Joined:
    Feb 25, 2014
    Messages:
    210
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Wah ikan ruan, heehe, ditempat kami disebut engkeut bacee :D

    Iya, lezat dan maknyos,,, dimasak gulai kayak daging ayam juga bisa ,,, yummy

    hati hati,,,jangan di injak :) mas
     
  6. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Bagaimana cara memasak ikan gabus yang benar supaya kandungan gizi nya tetap terjaga ? :)
     
  7. AdeZS

    AdeZS Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    165
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18

    Engkuet bacee bahasa dari man ya den??
     
Loading...

Share This Page