Beberapa Sistem Sentralisasi dan Instalasi Gas Medis Pada Rumah Sakit

Discussion in 'Science' started by ilovemaci, Mar 11, 2019.

  1. ilovemaci

    ilovemaci New Member

    Joined:
    Dec 13, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Gas medis adalah gas dengan spesifikasi khusus yang digunakan untuk kebutuhan pasien pada sarana kesehatan. Setiap fasilitas kesehatan pasti bahkan wajib memiliki gas medis karena merupakan kebutuhan rumah sakit dalam memberi pertolongan pertama dan keselamatan bagi pasien saat berada dalam keadaan darurat , kebutuhan udara skala besar setiap saat dibutuhkan . Maka rumah sakit wajib menyediakannya.

    Pengerjaan pada instalasi gas medis juga harus dengan tenaga professional karena kegunaannya menyangkut nyawa orang banyak. Maka dari itu alat dan pemasangan dituntut aman dan memiliki kualitas yang baik. biasanya rumah sakit atau perorangan mengisi ulang tabung gas melalui supplier gas medis yang pastinya dikerjakan dengan tenaga profesional pula.

    Jenis gas medis yang sering kita temui adalah oksigen. Di rumah sakit yang modern kita tidak akan melihat tabung gas berada di samping pasien melainkan pasien langsung menggunakan selang yang dapat dipakai. Selang ini sudah terhubung dengan sumber gas oksigen yang dialirkan melalui dinding dengan pipa tembaga, hal ini dinamakan sentralisasi gas medis.

    Pada sistem ini semua peralatan tabung gas dan mesin di sentralisasi disuatu tempat dan gas tersebut dialirkan melalui perpipaan ke ruangan. Dengan cara ini akan lebih efektif dan aman untuk pengawasan dan segala hal tentang pengoperasiannya. Beberapa sistem sentralisasi yang digunakan adalah :

    1. Sistem oxygen (O2),

    2. Sistem nitrous oxide (N2O),

    3. Sistem karbon dioksida (CO2),

    4. Sistem nitrogen (N2),

    5. Sistem medical compressed air (Air),

    6. Sistem medical vacuum (VAC),

    7. Sistem pembuangan gas anesthesia (WAGD) dll.

    Pada umumnya rumah sakit instalasi gas medis meliputi empat sistem yaitu O.N.A.V ( Oxygen, Nitrous Oxide, Compressed Air, Vacuum).

    Baik menggunakan tabung secara langsung atau pun dengan sentralisasi diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan berkala. Karena sangat penting sekali bagi pasiem agar mendapatankan gas medis yang kemurniannya tinggi dan tersedia dengan tekanan yang stabil. Maka anda perlu menyediakan teknisi untuk pemeliharaan serta perbaikan yang akan selalu menjaga gas medis dalam keadaan yang baik, hal ini pula akan menghemat biaya.
     
Loading...

Share This Page