Begini Cara Agar Bisa Tinggal di Jepang dengan Mudah

Discussion in 'General Lifestyle' started by Nur Maulida, Sep 4, 2020.

  1. Nur Maulida

    Nur Maulida Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    46
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Jepang merupakan salah satu negara maju dan mempunyai banyak tempat wisata dengan pemandangan yang indah dan mempesona. Hal ini dikarenakan masyarakat Jepang hingga masih menjaga tradisi kuno mereka. Karena itulah banyak kaum muda millenial yang bermimpi untuk tinggal di Jepang.

    Untuk tinggal di Jepang tidaklah mudah, sebab kamu harus memikirkan keinginan tersebut secara matang. Meski begitu, terdapat cara yang bisa mewujudkan impian kamu untuk bisa tinggal di Jepang, yaitu:

    Menggunakan visa pelajar

    Untuk bisa tinggal di Jepang, salah satu pilihan yang bisa kamu ambil adalah dengan menjadi pelajar asing yang belajar bahasa Jepang sehingga bisa mendapatkan visa pelajar. Selain itu, dengan menggunakan visa ini kamu juga dapat menyewa apartemen sendiri.

    Dengan status pelajar kamu tersebut, kamu juga bisa bekerja paruh waktu untuk dapat menambah biaya hidup selama kamu tinggal di Jepang. Meski begitu, banyak juga beberapa sekolah yang melarang siswanya untuk bekerja paruh waktu dalam jangka waktu 3 bulan pertama setelah datang ke Jepang dengan tujuan agar mampu berkonsentrasi secara penuh dengan pelajaran.

    Keuntungan lain menggunakan visa pelajar ini adalah kamu dapat memperpanjang masa tinggal kamu di Jepang dengan alasan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Dengan alasan tersebut pula, kamu bisa mencari peluang untuk mendapatkan pekerjaan secara full time meski cara tersebut tidaklah mudah, mengingat beberapa perusahaan di Jepang lebih memilih kandidat yang mempunyai gelar.

    Menggunakan transfer intra perusahaan

    Nah cara lain yang bisa kamu lakukan agar bisa tinggal di Indonesia adalah dengan transfer intra perusahaan. Transfer intra perusahaan maksudnya adalah transfer ilmu dari pekerja yang berasal dari kantor cabang ke kantor induk atau sebaliknya.

    Karena itu, jika kamu mempunyai mimpi untuk tinggal di Jepang, maka bekerjalah secara sungguh-sungguh agar bisa mendapatkan promosi kerja ke Jepang. Selain menggunakan transfer intra perusahaan, kamu juga bisa tinggal di Jepang menggunakan status magang kerja di Jepang.

    Namun yang perlu kamu ingat juga saat tinggal di Jepang adalah mengenai biaya hidup masyarakatnya yang tinggi. Nah, berikut ini adalah rincian biaya hidup di Jepang yang perlu kamu ketahui, antara lain yaitu:

    Pengeluaran Wajib
    [​IMG]
    Agar dapat hidup di Jepang, kamu perlu memetakan lokasi tempat tinggal kamu selama di Jepang. Sebab hal ini akan berkaitan dengan jumlah uang yang harus kamu keluarkan nantinya. Jika kamu memilih Tokyo sebagai lokasi tempat tinggal selama di Jepang, maka biaya perumahan yang wajib kamu bayarkan adalah sekitar 35.000 yen/ bulannya.

    Jika memilih tempat tinggal dengan kamar bersama di rumah bersama, maka jumlah uang yang perlu kamu bayarkan adalah sekitar 60.00 ten untuk satu kamarnya saja. Sedangkan bagi kamu yang lebih suka untuk tinggal sendiri, maka jumlah uang yang perlu kamu keluarkan tentu lebih besar, yaitu berkisar antara 80.000 yen.

    Namun yang perlu kamu perhatikan juga adalah tinggal di wilayah yang nyaman di Tokyo juga dapat meningkatkan uang sewa apartemen kamu mulai dari 30 hingga 40%. Sedangkan jika kamu memilih tinggal di wilayah selain Tokyo, maka uang sewa rumah yang bisa kamu keluarkan bisa sedikit lebih rendah, bahkan hingga 50%-nya.

    Pengeluaran Tambahan

    Selain pengeluaran wajib, di Jepang kamu juga perlu memikirkan biaya tambahan lain, seperti membeli listrik, gas, air, hingga internet. Untuk pembelian listrik, gas, dan air, biaya yang kamu keluarkan untuk rumah berbagi bisa mencapai angka 5.000 yen. Sedangkan jika kamu tinggal sendirian, maka biaya tambahan yang bisa kamu keluarkan bisa mencapai 8.000 hingga 10.000 yen per bulannya.

    Adapun penggunaan internet yang cepat dengan biaya koneksi serat optik, maka biaya yang bisa kamu keluarkan berkisar antara 3.000 hingga 6.000 yen per bulannya.

    Biaya Makan

    Di Jepang, makan di luar sudah menjadi sebuah hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat Jepang. Sebab, dengan makan di luar, membuat kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk mencuci piiring kotor. Selain itu, dengan makan di luar, masyarakat Jepang dapat memesan makanan dengan cepat dan murah.

    Meski begitu, hal ini sebisa mungkin kamu minimalisir agar tidak menjadi kebiasaan. Sebab, makanan yang dijajakan bukanlah makanan yang sehat. Karena itu, biasakanlah untuk memasak sendiri agar terjamin kualitasnya.
     
Loading...

Share This Page