Begini Cara Social Media Analytics Tools Meningkatkan Penjualan

Discussion in 'Internet Marketing' started by fiqr, Jul 29, 2019.

  1. fiqr

    fiqr New Member

    Joined:
    Oct 4, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Menurut riset yang dilakukan sebuah universitas terkemuka di Amerika menyebutkan bahwa saat ini hampir 85% perusahaan di dunia menggunakan berbagai platform media sosial untuk mempromosikan produk dan brand mereka.

    Social media kini sudah mengubah perilaku konsumen. Semula social media hanya digunakan untuk berbagi ide, inspirasi, hingga keluhan kepada teman-teman terbatas. Namun, kini justru social media memiliki peranan penting dalam bidang usaha termasuk menghidupi beberapa usaha kecil di Indonesia tanpa harus memiliki toko fisik.

    Tidak sedikit pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang menggunakan social media sebagai ujung tombak penjualan. Bahkan semakin banyak pengusaha-pengusaha mikro baru yang memulai bisnisnya bermodalkan pemasaran lewat media sosial.

    Maka, tak heran jika perusahaan besar kini sudah banyak yang menggunakan social media analytics tools dalam meningkatkan penjualan.

    Lalu apa bedanya dengan analytics tools yang disediakan oleh media sosial yang digunakan seperti Facebook Analytics Tools?

    Social Media Analytics Tools yang dikembangkan untuk meningkatkan penjualan berbeda sama sekali dengan analytics tools yang disediakan platform media sosial. Perbedaannya terletak pada kedalaman informasi yang diberikan.

    Platform media sosial hanya memberikan analisa sebatas impresi, feedback dari audiens dan jangkauan serta beberapa hal yang paling mendasar.

    Sementara dengan menggunakan social media analytics tools, perusahaan mampu mengukur lebih dalam seperti sentimen audiens terhadap isu tertentu, hingga mengumpulkan dan menganalisa percakapan audiens tentang apa yang sebetulnya mereka harapkan dari produk yang digunakan.

    Data-data berharga inilah yang bisa diolah dengan mudah setelah dikumpulkan oleh sebuah alat bernama social media analytics tools yang mampu menganalisa berbagai platform.

    Artinya Anda tidak perlu menggunakan masing-masing dashboard analytics social media. Dengan menggunakan satu dashboard social media analytics tools yang ada, Anda sudah bisa mendapatkan data dari berbagai platform yang diinginkan.

    Tanpa menggunakan social media analytics tools yang terintegrasi, akan sangat sulit mengumpulkan data dari berbagai platform yang berbeda dan membutuhkan waktu serta analisa yang lebih lama. Itulah mengapa social media analytics tools mampu memonitor semua platform serta kampanye yang sedang dijalankan hanya dengan satu dashboard saja.

    Apa yang bisa dilakukan social media analytics tools untuk tingkatkan penjualan?
    • Memonitor seberapa efektif performa kampanye di media sosial.
    • Memonitor cara kampanye kompetitor.
    • Mengidentifikasi keinginan konsumen terhadap produk dan bagaimana konsumen merespon produk atau brand.
    • Mengukur seberapa besar interaksi perusahaan dengan konsumen di media sosial.
    • Merespon konsumen saat menyebutkan produk ataupun brand di media sosial.
    • Menganalisa platform terbaik yang memberikan traffic maupun leads terbaik.
    • Menelusuri platform media sosial terbaik yang paling banyak memberikan revenue secara online.
    • Mengidentifikasi influencer yang memiliki engagement paling baik sehingga bisa dipilih untuk ikut mempromosikan brand maupun perusahaan.
    Tidak dapat dimungkiri lagi jika saat ini social media analytics tools memiliki peranan penting sebagai ujung tombak penjualan termasuk menjaga reputasi perusahaan di media sosial. Oleh karena itu, temukan social media analytics tools terbaik yang bisa Anda jadikan andalan. Salah satu rekomendasinya seperti http://nolimit.id/ , Anda bisa mencoba performa dan beberapa fiturnya secara gratis dan aman.
     
  2. Isfan Fajar

    Isfan Fajar Member

    Joined:
    Aug 10, 2017
    Messages:
    102
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    wadaw mantap banget ini, thanks infonya gan :)
     
Loading...

Share This Page