Begini Penyebab dan Cara Mengatasi Bisnis yang Nyaris Bangkut

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by achbarfarizqy, Jul 27, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    34
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8

    bangkrut3.jpg
    Kamu pernah membangun usaha bisnis dengan susah payah, tetapi bisnis yang kamu bangun terancam kebangkrutan atau bahkan sudah bangkrut?

    Tentu saja itu semua menjadi mimpi buruk, bahkan banyak orang yang mengalami depresi karena mengalami kegagalan. Kondisi tersebut memang tak bisa dihindari oleh siapapun.

    Mungkin, kegagalan dalam mendirikan bisnis ini sering disebabkan oleh kesalahan yang sepele, bahkan tak pernah diprediksi sebelumnya. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menghindari kegagalan terjadi pada bisnis yang kamu jalanin, ingin tahu apa saja penyebabnya?

    1. Tidak Memiliki Rencana Bisnis yang Tepat

    Banyak orang yang memulai bisnis tanpa memiliki perencanaan yang matang atau istilahnya langsung membuat bisnis tanpa mengetahui target pasarnya atau konsep dari jualannya. Misalnya, baru dapat rezeki yang berlebih dan langsung berpikir untuk menjalankan usaha bisnis. Karena terburu-buru, menggolontorkan bisnis dengan perencanaan yang belum matang. Dan berujung bisnisnya bangkrut.

    2. Meremehkan Keuntungan Kecil
    bangkrut2.jpg
    Setiap pelaku bisnis yang berdagang memang menginginkan dapat keuntungan besar yang bisa membuat kekayaannya terus bertambah. Semua itu memang tidak salah, tapi semua kesuksesan bisa didapat secara perlahan.

    Sering juga banyak orang yang langsung mendapatkan untung besar dengan menjual barang dagangan mereka. Alhasil, ketika bisnis sepi, mereka langsung gigit jari. Kamu bisa nih nyontek cara berdagang orang Chinese yang lebih memilih dapat untung kecil tapi laku ketimbang untung besar tapi sepi pembeli.

    3. Tidak Kreatif
    bangkrut1.jpg
    Tidak kreatif dalam berjualan juga bisa menjadi penyebab bisnis kamu bangkrut. Misalnya, kamu bisa berjualan pakaian tapi modelnya dari waktu ke waktu terus sama dan tidak ada perubahan. Atau tidak ada hal yang baru saat kamu menampilkan hal yang itu-itu saja.

    Hal itu bisa membuat orang bosan dan ujung-ujungnya memilih untuk mencari penjual yang lebih menyuguhkan sesuatu yang berbeda.

    Dan, itulah beberapa kesalahan yang bisa menyebabkan bisnis bangkrut. Meski begitu, kamu jangan patah semangat dan justru menjadikan kesalahan tersebut sebagai pelajaran.

    Cara Mengatasi Bisnis yang Nyaris Bangkrut
    bangkrut.jpg
    Saat pengeluaran lebih besar ketimbang pemasukan, tentu rasanya kamu ingin segera menutup usaha yang tengah kamu jalani. Nah! Ini dia caranya untuk mengatasi itu semua.

    1. Memangkas Pengeluaran

    Saat kamu menjalani bisnis, tentu ada pengeluaran yang harus kamu lakukan setiap bulannya. Saat bisnis kamu mulai merasa pendapatan lebih kecil dari pengeluaran, langkah yang harus kamu lakukan adalah dengan memangkas beberapa pengeluaran yang gak penting meskipun jumlahnya tidak besar.

    Misalnya, kamu sering mengeluarkan untuk membeli makanan yang harganya mahal, kebiasaan itu bisa dihentikan dulu untuk sementara waktu hingga keuanggan kamu stabil kembali.

    2. Membuat Rencana Bisnis yang Matang

    Seperti yang sudah di jelaskan, kalau rencana bisnis yang tidak matang bisa menjadi penyebab bisnis bangkrut. Nah, oleh karena itu kamu perlu memperbaiki perencanaan bisnis kamu kembali. Dengan salah satunya adalah melakukan riset pasar.

    Memang butuh perjuangan, tapi itu semua demi melanjutkan bisnis kamu. Jadi, kamu sudah taukan sekarang apa yang menjadi penyebab bisnismu bangkrut dan cara mengatasinya. Tetap berusaha dan semangat ya!

    Tentunya jangan lupa, kamu dapat menggunakan softwear omnichannel yang membantu dan memudahkan bisnis online kamu. Genie bisa membantu kamu berjualan di berbagai platform hanya dengan satu sistem. Dengan begitu, bisnis kamu akan lebih berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.
     
  2. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    70
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Kadang orang jual dengan harga mahal untuk dapet untung gede. Kalau saya pilih untung sedikit tapi terus continue, dari pada untung gede tapi sesekali.
     
  3. semutaspal

    semutaspal Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    111
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Sesuatu yang sebenarnya mudah dan semua orang tau, tapi kerap dikesampingkan akhirnya dilupakan... Heuheu
     
  4. Rafa Asoka

    Rafa Asoka Member

    Joined:
    Sep 5, 2015
    Messages:
    633
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    28
    bisnis zaman now bisa coba - coba jadi resseller / dropship dulu aja. low risk. sambil berjalan baru buat strategi perang, karena ( menurut saya ) bisnis yang dipikirin diawal secara matang, ujung ujungnya gak akan jalan. eksekusi aja dulu :D
     
  5. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    34
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Tapi tergantung barang dan pesaing juga sih yah sebenernya, kalau jual mahal tapi pesaing jual dengan harga yg lebih murah bisa gak laku2 dagangan kita ya
     
  6. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    34
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Setuju nih, tapi banyak yang gak sabaran dan akhirnya mencoba lebih mahal dengan harapan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak ehe
     
  7. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    34
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    yang penting coba nyemplung dulu ajaa ya mas
     
  8. DhiPram

    DhiPram New Member

    Joined:
    Aug 26, 2020
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Betul nih.. harus pangkas pengeluaran yang ga penting apalagi kondisi covid begini..

    nah, penting nih kalau udah punya bisnis untuk rapihin pakai software accounting.
    share aja, pakai Harmony ada coba gratis 30 hari nya.
     
    Last edited by a moderator: Sep 16, 2020
Loading...

Share This Page