Beginilah Cara Mencegah Usus Buntu Secara Tepat

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Dec 26, 2018.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Organ kecil yang terletak pada usus besar, tepatnya di salah satu ujungnya biasa disebut dengan usus buntu atau apendiks. Terjadinya peradangan pada usus buntu akan berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Walaupun fungsi dari usus buntu ini sendiri sering dianggap tidak penting, namun jika terjadi penyumbatan akan menimbulkan rasa sakit yang mengganggu.

    Tidak menutupi kemungkinan jika nantinya akan muncul nanah sebagai bentuk peradangan yang semakin parah. Biasanya, usus buntu yang sedang mengalami penyumbatan merupakan tempat yang sangat idela bagi bakteri untuk berkembang biak.

    Hingga saat ini banyak para ahli kesehatan yang belum dapat menentukan bagaimana cara mencegah usus buntu ini. Kendati demikian, bukan berarti anda harus berpasrah diri begitu saja tanpa melakukan usaha apapun untuk mencegah kondisi ini. Anda bisa memulainya dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi.

    Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan para ahli di dalam Biochemical Journal menyatakan bahwa, makanan yang mengandung banyak serat akan dapat membantu memberikan asupan sehat bagi bakteri baik yang ada di dalam tubuh, termasuk pada sistem pencernaan.

    Supaya anda dapat terhindar dari penyakit usus buntu, terdapat beberapa tips Cara Mencegah Usus Buntu. Perlu dilakukan pencegahan agar anda tidak perlu melakukan tindakan operasi. Tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut ini beberapa Cara Mencegah Usus Buntu, diantaranya :

    1. Hindari Mengkonsumsi Obat-Obatan Tertentu
    Sembelit dapat disebabkan juga oleh mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Obat depresan, obat penenang juga dapat menjadi penyebab sembelit. Maka dari itu, hindari berbagai macam obat yang anda tidak tahu efek sampingnya terutama obat-obatan penenang dan anti depresan. Biasanya, sembelit yang terlalu lama akan menyebabkan seseorang mengalami radang usus buntu.

    2. Jauhi Makanan Penyebab Sembelit
    Tepung, makanan tinggi karbohidrat, salak, serta makanan yang rendah sera merupakan beberapa makanan yang bisa menyebabkan sembelit. Apabila anda sering mengkonsumsi makanan tersebut, segera hindari atau menguranginya mulai dari sekarang juga. Hal tersebut akan membuat perut menjadi begah dan juga terasa sakit.

    3. Banyak Minum Air Putih
    Bagi anda pekerja yang duduk di depan komputer selama berjam-jam, selalu sediakan air minum putih di dekat anda. Meminum air putih cukup, misalnya delapan gelas sehari dapat membantu anda agar terhindar atau mencegah terjadinya peradangan pada usus buntu.

    4. Jangan Menahan Buang Air Besar
    Apabila anda sering menahan buang air besar, maka risiko penyumbatan dan penumpukan feses pada usus buntu akan semakin besar. Selain itu, jangan menahan diri anda untuk buang gas atau pun kentut. Justru, jika anda buang air besar secara rutin adalah tanda bahwa sistem pencernaan anda sehat.

    5. Konsumsi Makanan Berserat
    Dengan mengkonsumsi makanan yang berserat, maka sistem pencernaan akan lancar dan feses pun tidak akan keras apalagi menyumbat usus. Kemungkinan besar salah satu alasan mengapa seseorang terkena radang usus buntu adalah karena adanya penyumbatan yang disebabkan oleh feses yang menumpuk. Makanan yang tinggi serat adalah seperti buah-buahan, sayuran, dan juga gandum utuh.
     
  2. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    415
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Apakah dengan sering mengkonsumsi mie instan termasuk salah satu penyebab penyakit usus buntu??
     
  3. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Ya betul, makanan yang rendah serta serta tinggi karbohidrat dapat menjadi pemicu terjadinya usus buntu
     
Loading...

Share This Page