Belajar Cara Jitu Riset Keyword Untuk SEO

Discussion in 'Internet Marketing' started by ilmuwebsite, Jan 28, 2016.

  1. ilmuwebsite

    ilmuwebsite New Member

    Joined:
    Sep 8, 2015
    Messages:
    15
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Ngomong-ngomong masalah SEO… Masih adakah Anda yang belum mengetahui makna dari SEO? Baiklah sedikit saja kita mengulas, SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization adalah sebuah ilmu praktis, yang belakangan ramai sekali digunakan orang untuk mempromosikan ‘sesuatu’ dengan memanfaatkan search engine. Ya search engine, orang-orang yang memanfaatkan search engine ini berusaha bekerja keras, sampai mati-matian namun tidak sampai cabe-cabean, siang malam, sampai siang lagi, sampai malam lagi :D , agar ‘sesuatu’ yang dipromosikannya itu bisa muncul di halaman pertama search engine misalkan dalam hal ini google. Atau mungkin sesuatu yang dipromosikannya itu ditargetkan tidak hanya dihalaman pertama, tapi bisa muncul di semua halaman google, mengerikan. Lebih mengerikan lagi jika ditargetkan muncul di semua halaman untuk semua keyword. Ngeri takut :D.

    Tapi kurang lebih, promosi ini nantinya akan menghasilkan “jika user mengetikkan suatu keyword di google, maka akan muncul link halaman berisi target promosi”. Sebagai contohnya jika saya menjual “koleksi kerudung cantik”, maka ketika orang mengetikkan keyword di google “kerudung cantik” nantinya akan muncul satu atau mungkin semua website promosi milik saya di halaman pertama google, atau mungkin disemua halaman google.

    Namun bagaimana melakukannya?
    Bisa dikatakan apa yang telah saya jelaskan tadi adalah hasil dari sebuah proses. Banyak orang mengatakan hasil tidaklah penting yang penting adalah proses. Hal tersebut tidak 100% benar. Karena pastinya setiap orang yang mempraktikan SEO itu menginginkan kenyataan sesuai dengan harapan. Tapi yang paling penting lagi adalah mempelajari ilmu yang tepat agar proses tersebut berjalan sebagaimana mestinya.

    Dalam dunia SEO, sebelum Anda bisa memarketingkan brand / produk / jasa Anda secara maksimal ada beberapa tahapan yang perlu dilalui. Yakni Keyword Research atau Riset Keyword (kata kunci). Seberapa pentingkah Riset Keyword ini? Jawabannya adalah sepenting brand / produk / jasa yang bisa Anda tawarkan kepada yang akan membelinya. Sehingga Riset Keyword ini membutuhkan waktu khusus yang tidak sebentar, bergantung seberapa rumit konsep brand / produk / jasa Anda.

    Tentunya riset keyword barang yang bisa langsung dipakai jauh lebih mudah ketimbang riset keyword barang yang harus dipelajari penggunaannya hingga didapatkan manfaatnya. Contoh ketika Anda menjual boneka doraemon pastinya jauh lebih mudah ketimbang menjual “kartu belajar bahasa arab”.

    Yang jelas riset keyword ini betul-betul harus dilakukan agar Anda bisa mengetahui segmentasi pasar. Di samping anda akan mengetahui keyword apa aja sih yang biasanya di cari orang, tapi secara otomatis Anda pun akan tahu siapa sih calon pembelinya, apakah ia wanita atau pria, berapa range usianya, anak-anak, dewasa, orang tua, ataukah kakek atau nenek, segmentasi berdasarkan pekerjaannya, mahasiswa ataukah pebisnis, ibu-ibu ataukah bapak-bapak. Sehingga Anda bisa menjual brand / produk / jasa tepat sasaran. Marketing tepat dan mantap, penjualan pun melonjak nanjak.

    Hasil riset keyword ini bisa Anda terapkan langsung ke dalam blog / website Anda sehingga website menjadi lebih SEO friendly, selain itu Anda pun bisa langsung memarketingkan produk Anda berdasarkan hasil dari riset keyword tadi. SEO friendly adalah sebuah istilah dimana website Anda akan lebih dikenal oleh search engine sesuai dengan keyword yang Anda targetkan.

    Mulai Riset Keyword
    Langkah pertama, yang harus Anda lakukan adalah tentukan produk Anda. Apakah di bidang makanan, fashion, kesehatan, otomotif, properti, produk yang lain atau mungkin jasa? Misalkan produk Anda itu seputar kesehatan. Yakni Madu.

    Langkah kedua, Anda harus bisa menjabarkan manfaat produk Anda dalam hal ini madu ke dalam beberapa kalimat, sehingga ketika produk ini dimarketingkan maka pasarnya betul-betul tersegmentasi dengan benar. Lagi-lagi yang harus Anda pikirkan adalah, apa yang membuat orang membeli produk Anda, seberapa pentingnya orang mengambil manfaat dari produk/jasa yang Anda jual. Jika madu yang Anda jual maka pastinya Anda tahu betul orang-orang seperti apa yang memanfaatkan madu dan telah mendapatkan khasiat dari madu tersebut. Sehingga berfikir secara fundamental benar-benar amat dibutuhkan. Sebagai contohnya jika Anda menjual madu, maka madu itu kaitannya erat sekali dengan khasiat madu untuk kesehatan maupun khasiat madu dalam menyembuhkan penyakit.

    Sehingga kata kunci utama adalah kesehatan dan penyakit, belakangan ketika menjual obat itu sangat laris jika menjualnya kepada orang yang terkena penyakit maupun yang ingin mencegahnya. Atau pikiran fundamentalnya yaitu Anda memberikan solusi atas suatu permasalahan. Sehingga orang yang mengalami suatu permasalahan inilah yang menjadi target market Anda. Sehingga keyword untuk madu yang Anda jual paling tidak terdiri dari, khasiat madu untuk kesehatan, dan obat suatu penyakit. Dari sini sudah ketahuan siapa saja yang akan membeli produk Anda, madu. Setelah itu baru kita bisa lanjut meriset keyword menggunakan tools / alat-alat yang bisa membantu Anda.

    Langkah ketiga, disinilah Anda bisa bereksperimen untuk mendapatkan keyword-keyword yang jitu dan ampuh dalam memarketingkan produk Anda tadi. Ada beberapa Keyword Research Tool yang sangat ampuh dalam memberikan suggestion/anjuran keyword-keyword yang bisa Anda gunakan, sebagai contohnya ada Google Keyword Planner, Google Trends, Keyword Tracker dan banyak lagi.



    Panen Keyword dengan Google Keyword Planner
    Google Keyword Planner ini adalah satu fitur dari google adwords, biasanya orang menggunakan fitur ini untuk memilih kata kunci ketika akan beriklan di google adwords, tapi fasilitas ini pun free digunakan untuk Anda yang ingin meriset keyword. Bagaimana masuk ke keyword planner? Silahkan buka browser Anda, lalu masuk ke google, dan ketikkan google keyword tool , baca selengkapnya
     
    Qoeple likes this.
  2. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,615
    Likes Received:
    747
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    eh buset, sudah sepanjang ini masih belum juga tamat riset keyword-nya
     
    anton_sudibyo likes this.
  3. Qoeple

    Qoeple Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    551
    Likes Received:
    90
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Riset Backlink donk Om, bagi Tips nya :D
     
  4. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,615
    Likes Received:
    747
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    jangan banyak-banyak & jangan serakah.
     
  5. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,778
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    tutorial apapun, semuanya pasti isinya google keyword planner :D
     
  6. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,615
    Likes Received:
    747
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    kalau printer isinya bisa tinta toner atau pita :D
     
  7. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    756
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    untuk riset long tail keyword, tools yang bagus apa ?
     
  8. ghaoxy

    ghaoxy New Member

    Joined:
    Feb 9, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Sekarang-sekarang kurang demen pakai planner, lebih recomend pakai termexplorer :D
    Soal long tail bisa pakai ubersuggest atau semacamnya dan sebelum dipakai utk artikel, lihat dahulu banyaknya pencarian keyword tsb, karena susah juga kalau mancing di kolam yg ga ada ikannya *patpatdance*
     
  9. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,847
    Likes Received:
    358
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Kalau semua sudah dimaksimalkan seperti tips diatas... Mungkin hanya do'a agar memperoleh faktor keberuntungan...!
     
  10. Griya Solo Web

    Griya Solo Web Member

    Joined:
    Feb 21, 2016
    Messages:
    118
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    semua ituh butuh doa dan usaha agar mecapai sesuatu yang diinginkan... good job bang artikelnya
     
  11. carlikusniman

    carlikusniman New Member

    Joined:
    Aug 15, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Semua itu pasti butuh proses, usah dan doa supaya apa yang kita ingin tercapai ..Makasih mas atas informasinya goog lock :)
     
  12. hiacewisata

    hiacewisata Member

    Joined:
    Jun 16, 2017
    Messages:
    89
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    masih nunggu kelanjutan dari treatnya nie
     
  13. BritishPropolis

    BritishPropolis New Member

    Joined:
    Oct 2, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Paling utama ane riset menggunakan Google Trends dan juga Google Search digunakan sebagai judul blog serta artikel blog. Unutuk Google Keyword Planner ane biasanya masukin di bagia tags atau labels
     
  14. Lucas

    Lucas Member

    Joined:
    Aug 8, 2017
    Messages:
    34
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    udah terlalu banyak yg tulis2 tutorial seperti ini tapi arahinnya ke Keyword Planner. Ini kan fiturnya Google Adwords (utk ngiklan), jadi klo cari2 keyword potential bisa banget tapi Keyword Recommendation yang mereka kasih itu kan yang commercialized atau yang orang2 Bid (khusus CPC bukan khusus SEO), jadi kurang pas untuk cari2 ide organic keyword terutama yg long-tail.

    kenapa gak kasih rekomendasi extension yg dipake di browser kaya Chrome, kaya SEOquake, SEMRush, SEOStack atau KeywordsEverywhere utk contoh sedikit yg gratisan. Download aja di Chrome store gan.

    Monggo opininya !
     
  15. sulistya

    sulistya Member

    Joined:
    Mar 21, 2016
    Messages:
    91
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Termexplorer itu berbayarkah gan ? Baru denger soalnya, :p
     
Loading...

Share This Page