Belanja Baju Online? Ini Tips Memilih Ukuran Baju Ketika Belanja Online

Discussion in 'General Discussion' started by bakoel, Oct 5, 2018.

  1. bakoel

    bakoel Member

    Joined:
    Oct 29, 2017
    Messages:
    43
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    1. Baca Deskripsi Produk untuk Mengetahui Ukuran Baju
    Hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan saat belanja online adalah membaca deskripsi produk. Dalam deskripsi produk ini, biasanya disertakan ukuran baju yang dijual oleh para penjual online. Akan tetapi, bila dalam deskripsi tidak dicantumkan, anda bisa langsung menanyakan ukurannya kepada penjual. Eits, jangan hanya tanya ukuran S, M, L, XL, XXL dst saja ya. Tanya detailnya. Berapa kali berapa untuk ukuran S, berapa kali berapa untuk ukuran M, berapa kali berapa untuk ukuran L, dan seterusnya.

    2. Baca Komentar Calon Pembeli Mengani Ukuran Bajunya


    Selain membaca deskripsi, anda juga perlu untuk membaca komentar dari para (calon) pembeli lainnya. Barangkali ada komentar-komentar yang tidak mengenakkan terkait ukuran baju dari si penjual. Atau barangkali, memang ukuran yang diterapkan dari brand toko tersebut lebih kecil atau lebih besar ukurannya dibandingkan dengan brand toko lainnya. Apabila ukuran baju yang diterapkan di toko itu lebih kecil dibandingkan dengan brand lain, anda bisa membeli ukuran yang lebih besar dari ukuran anda biasanya. Sebaliknya, apabila ukuran yang diterapkan di toko itu lebih besar dibandingkan dengan brand lain, anda bisa membeli ukuran yang lebih kecil dari ukuran anda biasanya.

    3. Ukur Tubuh Anda untuk Menyesuaikan dengan Ukuran Baju Penjual
    Rata-rata, para penjual baju online seringkali menyertakan detail ukuran baju di toko onlinennya. Oleh karena itu, anda jangan lupa untuk mengukur tubuh Anda. Sesuaikan ukuran tubuh anda dengan ukuran pakaian yang dijual oleh para penjual online. Cara mengukurnya adalah dengan mengukur ukuran dada, pinggang, serta lengan. Atau boleh juga mengukur panjang kali lebar tubuh anda. Soalnya, ukuran yang kedua ini juga sering dipakai oleh para penjual online.

    4. Tanya Penjual
    Apabila toko online yang hendak anda beli bajunya tidak menyertakan ukuran baju yang mereka jual, anda bisa langsung menanyakan ukurannya ke penjual. Biasanya, mereka juga menyertakan kontak yang bisa dihubungi. Atau, jika anda membeli di marketplace, anda tinggal chat penjualnya saja. Atau komentar di produknya.

    5. Lebih Baik Kebesaran Daripada Kekecilan
    Rumus ini umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Lebih baik membeli baju dengan ukuran yang lebih besar ketimbang lebih kecil. Sebab, apabila kebesaran, baju tersebut masih bisa dikecilkan. Sedangkan, apabila kekecilan, tentu baju tersebut susah untuk dibesarkan atau bahkan tidak bisa. Kalau baju yang anda beli ternyata kebesaran, anda tinggal membawanya ke penjahit untuk mengecilkannya saja. Oleh karena itu, apabila anda belanja baju online, pilihlah ukuran yang lebih besar satu ukuran dari ukuran baju anda biasanya. Misalnya, ukuran anda biasanya adalah nomor 34. Maka belilah yang nomor 35.

    6. Pilih Toko yang bisa Retur

    Apabila anda masih ragu mengenai ukuran baju anda, pilihlah tempat belanja online yang menyediakan layanan pengembalian. Artinya, toko tersebut menyediakan fasilitas pengembalian gratis atau free returns. Dengan begitu, apabila ukuran pakaian yang anda beli ternyata kebesaran atau kekecilan, anda bisa mengembalikan ke penjual dan minta ganti dengan ukuran yang lebih pas. Apabila kebesaran, minta ganti dengan ukuran yang lebih kecil. Dan apabila kekecilan, minta ganti dengan ukuran yang lebih besar.
     
  2. lutia90

    lutia90 New Member

    Joined:
    Oct 2, 2018
    Messages:
    19
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Ahh,, pusing kalau belanja online, apalagi belanja baju.
    Gak hanya sekedar di ukuran saja sih. Tapi kadang foto yang dipasang di toko gak sesuai dengan aslinya.
    Di foto sih terlihat bagus, begitu sampai jelek banget bahan bajunya...
    Kapok deh jadinya, mending langsung beli ke pusat belanja aja, kan di Jakarta banyak tuh tempat yang jadi pusat belanja.
    Belanja di Mall juga udah lengkap banget.
    Keuntungannya tentu saja bisa liat langsung baju, celana atau berbagai macam produk fashion yang pengen dibeli. Dan bisa dicoba langsung, jadi gak akan kecewa.
     
  3. WAP23

    WAP23 Member

    Joined:
    Aug 20, 2018
    Messages:
    210
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Betul, kita harus bertanya dulu kepada penjual, karna keseringan kita membeli ukuran yang salah dan ujung nya pun rugi
     
Loading...

Share This Page